PENGEMBANGAN VIRTUAL TOUR 360ᵒ SEBAGAI MEDIA BELAJAR IPS MATERI KEPULAUAN MARITIM

Authors

  • Aizul Haswin Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Alfyananda Kurnia Putra Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Maritim, Virtual tour 360ᵒ, Pengembangan Media, Pembelajaran

Abstract

Karakteristik wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan maritim merupakan topik yang menarik dalam kajian IPS. Namun saat ini, kajian kepulauan maritim dirasa masih kurang maksimal, terutama disebabkan akses observasi lapangan dinilai sulit dilakukan. Oleh karena itu, peneliti akan mengembangkan media pembelajaran geography virtual tour 360ᵒ untuk mendukung proses pembelajaran. Media ini dapat digunakan secara efektif dan fleksibel pada setiap smartphone yang dapat di akses dengan mudah di youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan, mengukur kelayakan, kepraktisan dan mengetahui keefektifan media pembelajaran virtual tour 360ᵒ. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan materi dilakukan dengan mengkaji kepulauan Sapeken yang berada di Kabupaten Sumenep, ujung timur pulau Madura. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian validator, angket respon siswa dan guru serta tes hasil belajar. Media di uji cobakan di SMPN 2 Malang dengan 35 siswa. Berdasarkan hasil penilaian oleh validator, hasil respon siswa dan guru serta hasil tes belajar siswa maka media geography virtual tour 360ᵒ dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan untuk proses pembelajaran

References

Afzal, S., Chen, J., & Ramakrishnan, K. K. (2017). Characterization of 360-degree videos. In VR/AR Network 2017 - Proceedings of the 2017 Workshop on Virtual Reality and Augmented Reality Network, Part of SIGCOMM 2017.

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran (A. Holid, Ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ariatama, S., Adha, M. M., Rohman, Hartinio, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Penggunaan teknologi virtual reality (VR) sebagai upaya eskalasi minat dan optimalisasi dalam proses pembelajaran secara online dimasa pandemik. Semnas FKIP 2.

Baransano, H. K., & Mangimbulude, J. C. (2018). Eksploitasi dan konservasi sumberdaya hayati laut dan pesisir di Indonesia. Jurnal Biologi Papua, 3(1). https://doi.org/10.31957/jbp.547

Chang, C. H., Chatterjea, K., Goh, D. H. L., Theng, Y. L., Lim, E. P., Sun, A., Razikin, K., Kim, T. N. Q., & Nguyen, Q. M. (2012). Lessons from learner experiences in a field-based inquiry in geography using mobile devices. International Research in Geographical and Environmental Education, 21(1). https://doi.org/10.1080/10382046.2012.639155

Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan virtual reality sebagai media pembelajaran sistem tata surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091

Dilahur, D. (2016). Geografi desa dan pengertian desa. Forum Geografi, 8(2). https://doi.org/10.23917/forgeo.v8i2.4826

Fernandito, D., Sambul, A. M., Sugiarso, B. A., Informatika, T., Universitas Sam, Ratulangi Manado, & Jl Kampus Bahu-unsrat Manado. (2019). Aplikasi virtual reality untuk edukasi musik. Jurnal Teknik Informatika, 14(3).

Hermawan, I. (2016). Katalog virtual reality e-tourism berbasis video 360 sebagai konten digital kreatif bagi media simulasi profil destinasi wisata. In Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (Vol. 01).

Hidayaturrahman, M. (2018). Analysis of transportation development for small islands in Sumenep District, East Java Province. Bappenas Working Papers, 1(2). https://doi.org/10.47266/bwp.v1i2.21

Jamba, U. P. (2016). Analisis pelaksanaan undang-undang nomor 43 tahun 2008 tentang wilayah negara terhadap pemanfaatan perairan wilayah perbatasan negara di Kepulauan Riau. Jurnal Cahaya Keadilan, 4(2). https://doi.org/10.33884/jck.v4i2.930

Kemenristekdikti. (2015). Paradigma capaian pembelajaran.

Lasabuda, R. (2013). Pembangunan wilayah pesisir dan lautan dalam perspektif negara kepulauan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Platax, 1(2). https://doi.org/10.35800/jip.1.2.2013.1251

Musril, H. A., Jasmienti, & Hurrahman, M. (2020). Implementasi teknologi virtual reality pada media pembelajaran perakitan komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 9(1). https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215

Nurhidayat, B., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan multimedia mobile learning berbasis smartphone android materi huruf Madura untuk SD Negeri 1 Perante Kabupaten Situbondo. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p103

Nurkholis, A. (2015). Mengenal pusat kebudayaan maritim: Suku Bajo, Suku Bugis, Suku Buton, Suku Mandar di Segitiga Emas Nusantara. Sabda, 10(1).

Pauw, I. (2015). Educating for the future: The position of school geography. International Research in Geographical and Environmental Education, 24(4). https://doi.org/10.1080/10382046.2015.1086103

Prasetya, D. D. (2011). Aplikasi virtual tour berbasis web sebagai media promosi pariwisata. In Seminar On Electrical, Informatic, and Its Educations (A2, May).

Pribadi, R. B. A. (2017). Media dan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas tuntas penilitian pengembangan model Borg & Gall. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340

Putra, E. Y., Wahyudi, A., & Tumilaar, A. (2018). Virtual reality 360 interaktif wisata digital Kota Tomohon dengan tampilan stereoscopic. CogITo Smart Journal, 4(1). https://doi.org/10.31154/cogito.v4i1.106.104-112

Ramadhan, et al. (2018). Virtual tour video 360 sebagai media promosi objek wisata Kabupaten Pangandaran. SAIS| Scientific Articles, 1(1).

Rosman, W. M., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan media video 360o dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1). https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.18604

Robert, S. P. J. (2022). Pengembangan media pembelajaran video pada sub materi konservasi flora dan fauna di Indonesia. Edu Geography, 10(3), 40-56. https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i3.64264

Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suhaidi, R., Alhayyan, R., & Tarigan, V. C. E. (2018). The readiness of North Sumatra regional government in the field of marine environment to realize the world’s maritime axis on east coast. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(10).

Sulistiyono, S. T. (2018). Paradigma maritim dalam membangun Indonesia: Belajar dari sejarah. Lembaran Sejarah, 12(2). https://doi.org/10.22146/lembaran-sejarah.33461

Sulistiyono, S. T. (2015). Multikulturalisme dalam perspektif budaya pesisir. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajrannya, 5(01). https://doi.org/10.25273/ajsp.v5i01.893

Umar, M. A. (2018). Potensi ekowisata bahari pulau-pulau kecil di Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Geografi, 10(2). https://doi.org/10.24114/jg.v10i2.10323

Yani, A. (2016). Standar proses pembelajaran geografi pada kurikulum 2013. Jurnal Geografi Gea, 16(1). https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3463

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles