Peran identitas sosial budaya siswa kursus Kampung Inggris dalam pola interaksi dan pergaulan

Authors

  • Nesya Vashti Engracia Universitas Negeri Malang
  • Luhung Achmad Perguna Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i5p639-645

Keywords:

identitas sosial budaya, interaksi, pergaulan, siswa kursus Kampung Inggris

Abstract

Setiap individu dalam hidupnya pasti memiliki identitas sosial dan budaya. Sebagai contoh dalam memulai perkenalan, individu tidak akan lupa siapa dirinya. Hal ini menunjukan bahwa konsep diri individu dapat dilihat dari identitas sosial budaya nya. Artikel ini menunjukan sejauh mana peran identitas sosial budaya dalam melakukan interaksi dan menentukan pergaulan pada siswa kursus Kampung Inggris Pare. Dengan menggunakan metode studi pustaka, yaitu melalui penelitian terdahulu dan teori identitas sosial sebagai pelengkap, penulisan artikel ini menemukan 2 hasil. Pertama, identitas sosial budaya kurang berperan dalam melakukan interaksi sehari-hari antar siswa kursus Kampung Inggris Pare Kediri. Kedua, identitas sosial budaya berperan dalam menentukan pergaulan antar siswa kursus Kampung Inggris Pare Kediri.

References

Asih, L. B. (2017). Perubahan Sosial Akibat Interaksi Antara Masyarakat Lokal dan Pendatang (Studi pada Perkembangan Kampung Inggris di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Candra, B. E. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam Mengelola “Kampung Inggris” Kecamatan Pare Kabupaten Kediri (Studi Kasus “Kampung Inggris” Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). Swara Bhumi, 5(6).

Eriyanti, F. (2006). Dinamika posisi identitas etnis Tionghoa dalam tinjauan teori identitas sosial. Jurnal Demokrasi, 5(1).

Fadila, R. (2013). Hubungan Identitas Sosial dengan Perilaku Agresif pada Geng Motor: The Relationship of Social Identity with Aggressive Behaviors Among Motorcycle Gang. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 8(2), 73-78.

Kistanto, N. H. (2015). Tentang konsep kebudayaan. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2).

Mualifah, N., & Roekminiati, S. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Inggris sebagai Destinasi Wisata Edukasi di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 2(1), 168-182.

Tajfel, H., Turner, J. C., Austin, W. G., & Worchel, S. (1979). An integrative theory of intergroup conflict. Organizational identity: A reader, 56(65), 9780203505984-16.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles