Pengaruh mobile learning aplikasi telegram pada materi mitigasi bencana alam terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang

Authors

  • Fernanda Dimas Bachtiar Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang
  • Heni Masruroh Universitas Negeri Malang

Keywords:

media pembelajaran, aplikasi telegram, bot telegram, hasil belajar siswa

Abstract

The Telegram application is a communication media application that features virtual robots with artificial intelligence. The existence of a virtual robot can make this application can be filled like a complex application but still light for the user's device and can be accessed on all operating systems and devices. Virtual robots can be filled with various kinds of commands and can be filled with learning materials accompanied by text and video, audio, and illustrated images so that they can be used as learning media. The purpose of this study is to determine whether or not there is an effect of using learning media using the Telegram application with conventional learning media in natural disaster mitigation materials for senior high school geography students. This study used a quasi-experimental research design with a posttest only control group design. The subjects of this study consisted of class XI J4 (experimental class) and class XI I4 (control class). The research instrument used in the form of 5 essay test questions given after being given treatment in each class. Technical analysis of the data used is using an unpaired t-test (independent sample t-test). The results of the t-test showed a significance number of 0.029 less than 0.05 which indicated that there was a difference in the learning outcomes of the two classes. The results of the experimental class students' average scores were higher. So it can be concluded that there is an influence in the use of learning media using the Telegram application on disaster mitigation materials on student learning outcomes.

Aplikasi Telegram merupakan aplikasi media komunikasi yang memiliki fitur robot virtual dengan kecerdasan buatan. Adanya robot virtual dapat membuat aplikasi ini dapat diisi seperti sebuah aplikasi yang kompleks namun tetap ringan bagi perangkat pengguna serta dapat diakses di semua sistem operasi dan perangkat. Robot virtual dapat diisi berbagai macam perintah dan dapat diisi materi pembelajaran yang disertai teks dan video, audio, dan gambar ilustrasi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran menggunakan aplikasi Telegram dengan media pembelajaran konvensional dalam materi mitigasi bencana alam untuk siswa geografi SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian jenis eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari kelas XI J4 (kelas eksperimen) dan kelas XI I4 (kelas kontrol). Instrumen penelitian yang digunakan berupa 5 soal tes esai yang diberikan sesudah diberikan perlakuan pada tiap kelas. Teknis analisis data yang digunakan yakni menggunakan uji-t tidak berpasangan (independents sample t-test). Hasil dari uji t menunjukkan angka signifikansi 0,029 kurang dari 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kedua kelas. Hasil dari nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran menggunakan aplikasi Telegram pada materi mitigasi bencana terhadap hasil belajar siswa.

References

Agustina, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3), 236–246.

Alamsyah, N. (2016). Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 155–164. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1022

Anggraini, S. D., & Wibawa, S. C. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Telegram Pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kognitif Siswa. IT-Edu, 3(2), 139–147.

Attewell, J., & Enhanced, T. (2005). Mobile technologies and learning Mobile technologies and learning. Development.

BNPB. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana (p. 50).

BNPB. (2018). Potensi Ancaman Bencana.

BNPB. (2019). Hadapi bencana-tanggap tangkas tangguh. Bahama Publisher.

Dwi, I. M., & Sulastra, J. (2020). Interaksi Strategi Blended Learning Berbantuan Telegram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa yang Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356, 126–132.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Ed. 9, Cet. IX (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, R. A ., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. E- Jurnal Pendidikan, 4(4), 266.

Harijoko, A., Puspitasari, D., Prabaningrum, I., Prastika, K. P., & Wijayanti, F. N. (2021). Manajemen penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana di Indonesia (1st ed.). UGM PRESS.

Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14–23.

Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 33. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1797

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Mariana, R., Fikri, H. T., & Syahrina, I. A. (2018). Psikoedukasi siaga bencana: Membentuk komunitas sadar bencana di kawasan wisata. Journal of Character Education Society, 3(3), 631–638.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Prima, N. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Saraf Nesy Class Berbasis Bot Telegram untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. In Can. J. Chem. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Putra, A. K., Sumarmi, S., Irawan, L. Y. (2022). Geography student knowledge of flood disaster risk reduction in Sampang, Indonesia (Exploring). CRC Press/Balkema. https://doi.org/10.1201/9781003290865

Putra, A. K., Sumarmi, S., Irawan, L. Y., Deffinika, I., Fahmi, A., & Tanjung, A. (2021). Knowledge and participation of geography teachers toward flood disaster risk reduction in sampang indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 683(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/683/1/012029

Putra, A. K., Sumarmi, S., Sahrina, A., Fajrilia, A., Islam, M. N., & Yembuu, B. (2021). Effect of Mobile-Augmented Reality (MAR) in Digital Encyclopedia on The Complex Problem Solving and Attitudes of Undergraduate Student. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(7), 119–134. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21223

Putra, N. R., & Dermawan, D. A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Bot Telegram Pada Kelas X Multimedia Pada Pelajaran Komputer Dan Jaringan. Jurnal IT-EDU., 6(2), 69–76.

Ramadhani, R., & Bina, S. N. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Prenada Media.

Rerifki, A. R., Setyawan, D., & Lestari, A. W. (2018). Evaluasi Kebijakan Rusunawa dalam Mengatasi Permukiman Kumuh di Kota Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(2).

Rismawati, R., Suryani, I., Hidayat, N., & Aritonang, I. (2018). Efektivitas media video stop motion dan media leaflet dalam penyuluhan gizi terhadap peningkatan pengetahuan sarapan pada siswa sekolah dasar (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Sari, A. A., Sabilla, A. A., & Hertati, D. (2020). Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Manajemen Bencana Banjir Di Kabupaten Gresik. Syntax, 2(5), 21-35.

Satiyasih, E. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID 2019 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE).

Sari, I. P. N. I., Yarmaidi, Y., & Zulkarnain, Z. (2019). Kendala Guru Geografi dalam Memberikan Materi Mitigasi Bencana Alam pada Siswa Kelas XI. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 7(1).

Sinartejo, W. (2019). Bahan ajar SMA/MA Kelas XI: Jenis dan penanggulangan bencana melalui edukasi, kearifan lokas dan pemanfaatan teknologi modern.

Slameto, S. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (6th ed.). Rineka Cipta.

Sudaryono, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Graha Ilmu.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Thoifah, I. (2015). Statistika pendidikan dan metode penelitian kuantitatif. Madani.

Turrohmah, M. (2017). Hubungan kompetensi profesional guru Qur’an hadist dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MA Nurul Ulum Tulungagung Kec Gading Rejo Kab Pringsewu. Raden Intan Lampung.

Umeidini, F., Nuriah, E., & Fedryansyah, M. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana Di Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 13.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.

Wekke, I. S. (2021). Mitigasi Bencana. Penerbit Adab.

Yudihartanti, Y. (2017). Analisa Korelasi Mata Kuliah Penelitian Dengan Tugas Akhir Menggunakan Model Product Moment. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 13(2), 1691–1696.

Downloads

Published

2022-10-03

Issue

Section

Articles