Penguatan kemampuan menulis guru SMAN 1 Tulungagung melalui pelatihan karya tulis ilmiah

Authors

  • Nur Hadi Universitas Negeri Malang
  • Nanda Harda Pratama Meiji Universitas Negeri Malang
  • Elya Kurniawati Universitas Negeri Malang
  • Moh. Pebrianto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i6p515-523

Keywords:

guru, karya tulis ilmiah, individual capacity building, SMAN 1 Tulungagung

Abstract

Kemampuan menulis menjadi salah satu syarat peningkatan karier bagi guru. Kemampuan menulis dibuktikan dengan publisitas artikel pada jurnal berakreditasi. Kenyataannya, guru SMAN 1 Tulungagung belum sepenuhnya memiliki kemampuan menulis artikel ilmiah berakreditasi nasional. Sebagian besar guru juga belum pernah melalukan publikasi artikel jurnal berstandar nasional, seminar maupun prociding ber-ISBN. Padahal menulis artikel jurnal merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki, khusunya ketika ingin melakukan kenaikan pangkat. Oleh karenannya tim pengabdian melakukan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel terakreditasi nasional. Pendampingan diikuti oleh 30 guru SMAN 1 Tulungagung. Metode pelatihan dilakukan dengan menggunakan pelatihan partisipasi dengan model individual capacity building. Model individual capacity building bertujuan membentuk kualitas guru yang memiliki kapasitas dan kemampuan menulis artikel ilmiah. Guru-guru SMAN 1 Tulungagung memberi tanggapan positif terhadap pelatihan. Namun tujuan pelatihan belum maksimal dikarena pelatihan dilakukan secara daring. Sehingga diharapkan sekolah dapat melanjutkan kegiatan pelatihan dengan pelatihan secara tatap muka apabila kondisi sudah memungkinkan.

References

Anon, A. (n.d). UU No. 14 Thn 2005-Guru dan Dosen. http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_guru_dosen.htm

Karsidi, R. (2005). Sosiologi Pendidikan. Surakarta: UNS Press dan LPP UNS.

Mardikanto, T. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Oleh Perusahaan Acuan Bagi Praktisi, Akademisi, dan Pemerhati Program CSR (Sumawarti, Ed.). Surakarta: UNS Press.

Muin, A. A., Kumala, S., & Karyadiputra, E. (2019). PKMS Peningkatan Kompetensi Guru Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis IT Guna Menunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada SMP Negeri 1 Anjir Pasar Desa Anjir Pasar Kota II Kec. Anjir PASAR Kab. Batola. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 5(1). https://doi.org/¬10.31602/¬jpaiuniska.v5i1.2372

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustika, I., & Lestari, R. D. (2017). Hubunganminat Baca Dan Kebiasaan Membaca Karya Sastra Terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Semantik, 5(2).

Nasution, S. (2010). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Negara, K. N. P. A. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Citra Umbara.

Prihantini, F. N., & Indudewi, D. (2017). Kesadaran dan Perilaku Plagiarisme dikalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Semarang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 68-75.

Sumardjoko, B. (2017). Pemetaan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah. Proceeding The, 5, 191-198.

Suarez-Balcazar, Y., E.Balcazar, F., Taylor-Ritzler, T., & Iriarte, E. G. (2008). Capacity Building and Empowerment: A Panacea and Challenge for Agency-University Engagement. Gateways: International Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 179–196. https://pdfs.semanticscholar.org/¬3b7f/cbc6ec5fda2a0b294e9f4f62ea11ebd4ae8c.pdf

Thohir, L., Zamzam, A., & Amin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Gema Ngabdi, 1(2), 65–69.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan metode simpang tegar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan PTK dan artikel ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365-375.

Downloads

Published

2022-06-20

Issue

Section

Articles