Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah Geografi untuk siswa SMA

Authors

  • Alfi Mauludiyah Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang
  • Budijanto Budijanto Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i11p1210-1225

Keywords:

PBL, Edmodo, kemampuan pemecahan masalah Geografi

Abstract

The problem-solving geography ability needs to be developed by each student and can be developed by implementing the PBL model because it has been able to train problem-solving geography ability through actual problem steps. The purpose of this study is to know the significant impact of the PBL model use of the Edmodo (PBL_Ed) on solving the geography skills of senior high school students. The research design used was a quasi-experiment with a posttest-only control group design. The study subjects were the students of XI IPS SMA Laboratorium UM, the academic year 2020/2021. The assessment instrument uses an essay test arranged on an indicator of problem-solving skills, consisting of 1) identifying the problem; 2) defining the problem; 3) seeking alternative solutions; 4) determining the correct solution; and 5) concluding upon what has been obtained. The data analysis in this study uses an independent sample t-test model with a 0,05 sig level. The results of the t-test analysis showed the probability value at 0,003 ≤ 0,05. The results showed a significant influence of the PBL model with the Edmodo (PBL_Ed) on problem-solving geography skills of senior high school students. An experiment class using a PBL model with the Edmodo (PBL_Ed) has problem-solving geography skills higher than the control class using conventional models.

Kemampuan pemecahan masalah geografi perlu dimiliki oleh setiap siswa dan dapat dikembangkan dengan mengimplementasikan model PBL karena mampu melatih kemampuan pemecahan masalah geografi melalui langkah-langkah model PBL berdasarkan permasalahan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan Edmodo (PBL_Ed) terhadap kemampuan pemecahan masalah geografi siswa SMA. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain posttest only control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UM semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penilaian menggunakan tes essay disusun berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah, terdiri atas 1) mengidentifikasi masalah; 2) mendefinisikan masalah; 3) mencari solusi alternatif; 4) menentukan solusi yang tepat; dan 5) menyimpulkan atas apa yang telah diperoleh. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model uji independent sample t-test dengan taraf sig 0,05. Hasil analisis uji t menunjukkan nilai probabilitas (sig. 2-tailed) sebesar 0,003  0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan edmodo (PBL_Ed) terhadap kemampuan pemecahan masalah geografi siswa SMA. Kelas eksperimen menggunakan model PBL berbantuan edmodo (PBL_Ed) memiliki kemampuan pemecahan masalah geografi lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.

References

Anisa, T. (2015). Pengaruh penggunaan E-Learning berbasis Facebook sebagai media pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa (Studi kasus: SMPN 10 Kota Tangerang Selatan). (Skripsi diterbitkan) UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia.

Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58–66.

Astuti, L. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Konsep Kesetimbangan Kimia melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi).

Azizi, A. (2019). Implementasi Problem Based Learning (PBL) dengan Bermain Peran (BP) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 188–194.

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533-541.

Feranita, F. (2017). Pengaruh media sosial facebook terhadap hasil belajar akidah akhlak di MA Syamsul Ulum Kota Sukabumi Jawa Barat (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).

Hariatik, H., Suciati, S., & Sugiyarto, S. (2017). Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Dialog Socrates (DS) terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 46-51.

Karimah, S., Utami, R., & Hidayah, N. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 97-101.

Khotimah, A. H., Kuswandi, D., & Sulthoni. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158–165.

Kristiani, D. (2016, August). E-learning dengan aplikasi edmodo di sekolah menengah kejuruan. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2016. Stikubank University.

Larasati, A. D. P., Ibnu, S., & Santoso, A. (2019). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa dengan Tingkat Self-Efficacy Berbeda. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 828–834.

Larasati, D. A. (2014). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi SMA. Jurnal Geografi, 9(1), 32-40.

Lestari, T. R. (2015). Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal pendidikan geografi, 15, 17–23.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Murjainah, M., & Aryaningrum, K. (2019). Pengaruh penggunaan edmodo dengan metode blended learning terhadap softskill disiplin mahasiswa. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 4(2), 80-86.

Mustofa, Z., Herawati, S., & Muhdhar, M. H. I. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 885–889.

Putra, A. K. (2021). The Effect of Blended Project-Based Learning with STEM Approach to Spatial Thinking Ability and Geographic Skill. International Journal of Instruction, 14(3), 685-704.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 47–55.

Romadoni, A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMK NU Ungaran. (Skripsi diterbitkan) Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia.

Sudewi, N. L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Studi komparasi penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar berdasarkan taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Suharto, Y., Sumarmi, S., Utaya, S., Astina, I. K., & Sari, R. M. (2021). Increasing Students Creative Thinking Skills and Writing a Quality Research Proposal Using PjBL_LC. Psychology and Education, 58(5), 4158–4174.

Sumarmi, S. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan sains, 4, 60–64.

Triyadi, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Kelas XI TKR SMK Muhamadiyah Prambanan. (Skripsi diterbitkan) Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 406–411.

Wulansari, W. (2017). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi belajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. (Skripsi diterbitkan) Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Downloads

Published

2021-11-20

Issue

Section

Articles