Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Poster Berbasis PPt Interaktif dan Media Video Animasi pada Muatan IPS Kelas IV di SDN Bunulrejo 02 Malang

Authors

  • Yesita Galatia Maysella Universitas Negeri Malang
  • Nihayati Nihayati Universitas Negeri Malang
  • Syaiful Imam Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p700-704

Keywords:

powerpoint-based poster media, animated video media, social studies learning outcomes, media poster berbasis powerpoint, media video animasi, hasil belajar ips

Abstract

Abstract: This research was conducted with the aim of comparing the learning outcomes between students using PowerPoint-based poster learning media with animated video media in social studies subject class IV material "cultural diversity" at SDN Bunulrejo 02 Malang. This research is a quasi-experimental study with a population of all fourth grade students at SDN Bunulrejo 02 Malang. The sample in this study used a purposive sampling technique with 28 students in class IV A as the control class using PowerPoint-based poster media, while in class IV C, 28 students as an experimental class using animated video media. Data collection techniques in this study used the results of pre-test and posttest, interviews and documentation. The results of the study using the t-test obtained tcount is 6.474 and ttable is 2.005, so that the data with tcount greater than ttable, where Ha is acceptable, and it is concluded that there is a significant comparison of student learning outcomes between the use of poster-based learning media and video learning media. animation on social studies learning material about cultural diversity.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan bertujuan guna melihat adanya perbandingan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran poster berbasis powerpoint dengan media video animasi pada mata pelajaran IPS kelas IV materi “keragaman budaya” di Sekolah Dasar Negeri Bunulrejo 02 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan populasi seluruh peserta didik kelas IV SDN Bunulrejo 02 Malang. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas IV A sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol yang menggunakan media poster berbasis powerpoint adapun kelas IV C sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media video animasi. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian menggunakan hasil tes pre-test dan posttest, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung adalah 6,474 dan ttabel adalah 2,005, sehingga data tersebut dengan thitung lebih besar dari ttabel di mana Ha dapat diterima, dan disimpulkan adanya perbandingan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara menggunakan media pembelajaran poster berbasis powerpoint dengan media pembelajaran video animasi pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya.

References

Afridzal, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 231-247.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, P.K. & Budiana, N. (2018). Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Kemendikbud. (2000). Surat Edaran Kemendikbud No. 3 tahun 2020 Pelaksanaan Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19).

Nursyaida, N., & Hardiyanti, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 128 Turungan Beru Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 71-76.

Susanto, A. (2016). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Surakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Septiana, N. (2019). ICT Dalam Pembelajaran MI/SD. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S.S., Mahawati, E., Sudra, R.I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D.P., Muttaqin, & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

11-09-2021

How to Cite

Maysella, Y. G. ., Nihayati, N., & Imam, S. . (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Poster Berbasis PPt Interaktif dan Media Video Animasi pada Muatan IPS Kelas IV di SDN Bunulrejo 02 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(9), 700–704. https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p700-704

Issue

Section

Articles