Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah dan Efikasi Diri Guru terhadap Etos Kerja Guru

Authors

  • Diyah Rieka Rahmawati Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Yusuf Sobri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p476-484

Keywords:

school organizational culture, self efficacy, work ethic, budaya organisasi, efikasi diri, etos kerja

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to: (1) describe the school's organizational culture, teacher's self-efficacy, and work ethic for public high school teachers in Pasuruan City; (2) describe the influence of school organizational culture, self-efficacy on work ethics both partially and simultaneously; (3) knowing the differences in characteristics between high school and vocational school. The research method used is a quantitative approach with descriptive data analysis and multiple linear regression. The results of the study showed: school organizational culture, teacher self-efficacy, and work ethic of state senior high school teachers in Pasuruan in a fairly good category; there are significant effects both partially and simultaneously each with a significance value of 0.000 less than 0.05; there are differences in characteristics between high school and vocational school with the acquisition of Fcount is 10.4 greater than Ftable is 1.39 at the 0.05 significance level.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan budaya organisasi sekolah, efikasi diri guru, dan etos kerja guru SLTA Negeri di Kota Pasuruan; (2) mendeskripsikan pengaruh budaya organisasi sekolah, efikasi diri terhadap etos kerja baik secara parsial maupun simultan; (3) mengetahui adanya perbedaan karakteristik antara SMA dengan SMK. Metode penelitian yang digunakan yaitu melalui pendekatan kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: budaya organisasi sekolah, efikasi diri guru, dan etos kerja guru SLTA Negeri di Kota Pasuruan dalam kategori cukup baik; terdapat pengaruh yang signifikan budaya organisasi sekolah, efikasi diri guru, dan etos kerja baik secara parsial maupun simultan masing-masing dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05; adanya perbedaan karakteristik antara SMA dengan SMK dengan perolehan nilai Fhitung sama dengan 10,4 lebih dari Ftabel sama dengan 1,39 pada taraf signifikansi 0,05.

References

Arifin, S., & Asdar, A. R. (2015). Profil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif dan efikasi diri pada siswa kelas VIII unggulan SMPN 1 Watampone. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 20-29.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman.

Beason, L. (2001). Ethos and Error: How Business People React to Errors. The National Council of Teachers of English. (http://faculty.winthrop.edu/kosterj/writ465/samples/beason.pdf).

Bingöl, D., Şener, İ., & Çevik, E. (2013). The effect of organizational culture on organizational image and identity: Evidence from a pharmaceutical company. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 99, 222-229.

Coman, A. & Bonciu, C. (2016). Organizational Culture in Higher Education: Learning From The Best. European Journal of Social Sciences Education and Research, 3(1), 135-145.

Daoruwan, T. (2009). Organizational Culture of The Loyal Academy: Ethnography Research. Khon Kaen: The Faculty of Education of Khon Kaen University.

Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., Zulkarnain, W., & Nurabadi, A. (2018). Laporan Penelitian PNBP Jurusan: Pengaruh Kurikulum Tersembunyi dan Pembentukan Karakter Terhadap Motivasi Diri Mahasiswa Ormawa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Gunawan, I. (2017). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers

Khayati, N., & Sarjana, S. (2015). Efikasi diri dan kreativitas menciptakan inovasi guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 243-262.

Nurhakim, L. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Lulusan Akademi Komunitas Toyota Indonesia. Skripsi tidak diterbitkan. Bogor: Program Sarjana Alih Jenis Manajemen Departemen Institut Pertanian Bogor. (https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89547).

Pongoh, S. (2013). Etos Kerja Guru (Faktor yang Memengaruhi dan Dipengaruhi). Surabaya: CV. R.A De Rozarie.

Rahmayanti, N. (2019). Hubungan Self Efficacy dengan Toleransi Keberagaman Antar Etnis. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 4(1), 101-112.

Ramadhina, S. (2015). Pembuatan Sistem Informasi Manajemen Bengkel di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(3), 324-338.

Sinamo, J. (2016). 8 Etos Kerja Keguruan. Jakarta: Erlangga.

Tampubolon, R., & Hutagaol, S. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Etos Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru SMAK Penabur Harapan Indah Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 187-204.

Trinigsih, E. & Mundilarno. (2018). Produktivitas Kerja Guru Ditinjau dari Kontribusi Etos Kerja, Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasi di SMA/SMK. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 277-286.

Tsaqifah, Q. A. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Guru di SMA Negeri Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Sarjana Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Vasyakin, B. S., Ivleva, M. I., Pozharskaya, Y. L., & Shcherbakova, O. I. (2016). A Study of the Organizational Culture at a Higher Education Institution [Case Study: Plekhanov Russian University of Economics (PRUE)]. International Journal of Environmental and Science Education, 11(10), 11515-11528.

Yuliarti. (2016). Pengaruh Etos Kerja, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perumahan dan Penataan ruang Daerah Kabupaten morowali. Jurnal Katalogis, 4(8), 101-108.

Downloads

Published

26-07-2021

How to Cite

Rahmawati, D. R. ., & Sobri, A. Y. . (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah dan Efikasi Diri Guru terhadap Etos Kerja Guru. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 476–484. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p476-484

Issue

Section

Articles