Model Pembelajaran Jigsaw: Aktivitas dan Prestasi Belajar dalam Topik Organ Pernapasan Hewan

Authors

  • Vina Kristanti Unit Pelaksanaan Teknis Sekolah Dasar Negeri Bumirejo 2

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p390-394

Keywords:

Jigsaw, cooperative learning, natural science, pembelajaran kooperatif, IPA

Abstract

Abstract: This study aims to describe the jigsaw learning model on the topic of animal respiratory organs in students as an effort to improve student learning activities and student achievement. This research method is classroom action research with 3 main cycles. The instruments used in this study consisted of learning tools and formative tests. Analysis of the data used is an analysis of observation of student learning activities and analysis of student achievement. The results obtained from this study are the application of the jigsaw learning model has an impact on increasing learning activities to describe the respiratory organs of animals in students. This research can be an example that cooperative learning model can be applied well in the field of science.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model pembelajaran jigsaw pada topik organ penapasan hewan pada siswa sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar sisiwa. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus utama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri perangkat pembelajaran dan tes formatif. Analisis data yang digunakan merupakan analisis pengamatan aktivitas belajar siswa dan analisis prestasi belajar siswa. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran jigsaw berdampak pada peningkatan aktivitas belajar mendiskripsikan organ pernapasan hewan pada siswa. Penelitian ini bisa menjadi contoh bahwa model pembelajaran kooperatif dapat diterapkan dengan baik dalam bidang IPA.

References

Agustina, E., S, A. N. C., & Mulyani, S. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012 / 2013. 2(4).

Aini, K., & Pujiastuti, H. (2020). Hubungan antara Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3).

Alisa, Y., Yennita, Y., & Irawati, S. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Menggunakan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 113–120. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Kusumawati, N. (2017). Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya dan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Ronowijayan Ponorogo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2).

Lorenzo, L., Jos, J., Carmen, M., Navarro-l, E., Asterio, S., & García-camacho, F. (2022). Education for Chemical Engineers Jigsaw cooperative learning of multistage counter-current liquid-liquid extraction using Mathcad ®. 38(May 2021), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.10.002

Mahardika, M. D. G. (2021). Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran Sejarah dengan Orientasi Student Active Learning di SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 1–8.

Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share ( TPS ). Unnes Physics Education Journal, 3(2).

Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Urnal Ilmiah Ar Razi, 6(1).

Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., Abdillah, A., & Fitriani, E. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1).

Qomariyah, S. N. (2019). Effect of Problem Based Learning Learning Model to Improve Student Learning Outcomes. 2009, 0–5.

Santri, Y., & Surya, E. (2017). Application of TPS Type Cooperative Learning in Improving Students ’ Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1).

Sumarni, W., Wardani, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project Based Learning (PBL) to Improve Psychomotoric Skills: A Classroom Action Research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402

Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. JURNAL KREANO, 5(April), 56–62.

Downloads

Published

28-04-2022

How to Cite

Kristanti, V. (2022). Model Pembelajaran Jigsaw: Aktivitas dan Prestasi Belajar dalam Topik Organ Pernapasan Hewan. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 390–394. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p390-394

Issue

Section

Articles