Hubungan Kausal antara Pelayanan Prima Ketatausahaan, Citra Organisasi dan Kepuasan Siswa SMA Negeri

Authors

  • Wiji Fitri Astutik Universitas Negeri Malang
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Negeri Malang
  • Ali Imron Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p343-353

Keywords:

excellent service, organization image, satisfaction, pelayanan prima, citra organisasi, kepuasan

Abstract

Abstract: Excellent service is one of the things that affect student satisfaction as one of the main customers in education. This study aims to determine the influence of prime services and organizational image on student satisfaction. Research is descriptive correlational. The population in this study is all students of public senior hight school, while the technique in sampling using proportional radom sampling. Data analysis using descriptive technique and Path Analysis. This study shows that the results of excellent service, organizational image and student satisfaction are in high category. There is a significant influence between the excellent service of administration and the image of the organization on student satisfaction. However, in the excellent service there are indicators that show no effect on student satisfaction.This indicates that there may be other factors that play a role and need to be considered by other researchers in future studies.

Abstrak: Pelayanan prima merupakan salah satu hal  yang berpengaruh terhadap kepuasan siswa sebagai salah satu pelanggan utama dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kausal antara pelayanan prima ketatausahaan, citra organisasi, dan  kepuasan siswa. Penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Negeri, sedangkan teknik dalam pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan Path Analysis. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari pelayanan prima, citra organisasi dan kepuasan siswa berada dalam kategori tinggi. Adanya hubungan kausal yang signifikan antara pelayanan prima ketatausahaan dan citra organisasi terhadap kepuasan siswa. Namun demikan dalam pelayanan prima terdapat indikator yang menunjukkan tidak adanya hubungan kausal terhadap kepuasan siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa kemungkinan terdapat faktor lain yang berperan dan perlu dipertimbangkan oleh peneliti lain dalam penelitian-penelitian yang akan datang.

References

Creswell, J. W. (2014). Research Desain: Qualitatif, Quantitatif, and Mixed Methodes Approaches (4th ed). Los angles: University of Nebraska.

Hardiyanti, Ratih. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro, (online) (http://eprints.undip.ac.id/23450/1/Skripsi.pdf), diakses pada 25 April 2018.

Imron, A & Sumarsono, R. B. (2017). Manajemen Hubungan dan Partisipasi Masyarakat di Sekolah. Cetakan 1. Universitas Negeri Malang.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga belas). Jakarta: Erlangga.

Pangandaheng, F. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Hadji Kalla Palu

Patricia, P. (2000). EQ Pelayanan Sepenuh Hati, Meraih EQ untuk Pelayanan yang Memuaskan Pelanggan. Jakarta: Pustaka Delapratasa

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan.

Sitorus , T., & Suwarno. (2015). Analisis Efek Mediasi Kepuasan Siswa Atas Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, Persepsi Tentang Harga, Terhadap Tingkat Kepercayaan Siswa (Study Empiris Pada Smk Swasta Di Jakarta Barat), Jurnal Manajemen, (Online), VOL 12 NO. 1

Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor : Ghalia Indonesia

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprianto, J. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta

Wiyono, B. B. (2008). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Action Research (Burhanuddin, Ed). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Yuliawan, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Eksis Vol 12, No 2 (Online), (https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/001/article/download/102/68), diakses pada 9 Mei 2018

Zulkarnain, W. & Sumarsono, R. (2014). Manajemen Kantor Sekolah: Konsep dan Strategi Implementasi bagi Tenaga Administrasi Sekolah. Malang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan UM FIP.

Downloads

Published

28-04-2022

How to Cite

Astutik, W. F., Burhanuddin, B., & Imron, A. (2022). Hubungan Kausal antara Pelayanan Prima Ketatausahaan, Citra Organisasi dan Kepuasan Siswa SMA Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 343–353. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p343-353

Issue

Section

Articles