Hubungan Solidaritas Siswa dan Kebanggaan Almamater dengan Esprit de Corps di SMA Negeri 1 Lawang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p307-317Keywords:
esprit de corps, solidaritas, kebanggaan almamaterAbstract
Abstract: Aim of this study are (1) to find out a simultaneous relationship between student solidarity and alma mater pride with Attitude of Esprit De Corps; (2) to describe the relationship of solidarity with Attitude of Esprit De Corps in SMA Negeri 1 Lawang; and (3) to describe the alma mater pride relationship with Attitude of Esprit De Corps in SMA Negeri 1 Lawang. This research method uses a quantitative approach with descriptive design and multiple correlation analysis. The results of this study show that: (1) there is a significant simultaneous relationship between the solidarity and pride of the alma mater with the attitude of esprit de corps; (2) there is a high relationship between the behavior of solidarity and esprit de corps; (3) there is also a high relationship between alma mater pride and esprit de corps.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) menemukan hubungan secara simultan solidaritas siswa dan kebanggaan almamater dengan Sikap Esprit De Corps; (2) mendeskripsikan hubungan solidaritas dengan Sikap Esprit De Corps di SMA Negeri 1 Lawang; dan (3) mendeskripsikan hubungan kebanggaan almamater dengan Sikap Esprit De Corps di SMA Negeri 1 Lawang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara solidaritas dan kebanggaan almamater dengan sikap esprit de corps; (2) terdapat hubungan antara perilaku solidaritas dan esprit de corps dan dalam kategori tinggi; (3) terdapat hubungan antara kebanggaan almamater dan esprit de corps juga dalam kategori tinggi..
References
Astuti, S. I. (2010). Pendekatan Holistik dan Konstektual dalam Mengatasi Krisis Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Hadi, M. (2015). Membangun Esprit De Corps di Akademi Kepolisian. Thesis tidak diterbitkan. STIK-PTIK : Program Studi Doktoral Ilmu Kepolisian. Dari www.academia.edu/download/42717270/15._JIWA_KORSA, (Online), diakses 5 Februari 2017.
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Imron, A. (2015). Tantangan Global Kurikulum 2013: Mensinergikan Karakter Kompetitif dan Solidaritas Peserta Didik. Dalam (Ed.). Prosiding Seminar Nasional: Implementasi Kebijakan Ujian Nasional, Dualisme Kurikulum, dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (hlm. 7ˉ 15). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maesaroh, I. (2008). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/
, (Online), diakses 5Februari 2018.
Mahendra, P. T. (2016). Penggambaran Jiwa Korsa dalam Komik Tanguy Et Laverdure Karya Jean Michel Charlier. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Dari Electronic Theses & Dissertations (ETD http://etd.repository. ugm.ac.id/index.php?act=view&buku_id=100493&mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&typ=html, (Online) , diakses 22 Januari 2018.
Oktapiani, R., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2016). Hubungan Tingkat Pemahaman Konsep Persatuan dan Kesatuan terhadap Sikap Solidaritas Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(2), 1-16. Dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index. php/JKD/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.