Problematika Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Authors

  • Indayu Anggun Wulaningrum Universitas Negeri Malang
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Malang
  • Ni Luh Sakinah Nuraeni Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p107-112

Keywords:

learning implementation, online learning, problematics, implementasi pembelajaran, pembelajaran daring, problematika

Abstract

Abstract: The Covid-19 pandemic in Indonesia has had a major impact, especially in the field of education, so that learning which is usually done face-to-face at school has changed to online learning or known as PJJ (Distance Learning) through their homes. Banjarsari Primary School Ngadirejo District Temanggung Regency Central Java is one of the primary school educational institutions that participates in organizing online learning from home during the Covid-19 pandemic. Based on the explanation above, the purpose of this study is to describe the Problems of Learning Implementation that occur at SDN Banjarsari Ngadirejo District Temanggung Regency Central Java in the implementing online learning, problems faced by teachers and parents, as well as solutions applied to minimize the problems. Informants in this study involved principal, teachers, and parents. This research uses data collection in the form of observations, interviews, and documentation using instruments in the form of observation guidelines and interview guidelines. The research findings the results in the form of implementation of learning during the implementation of online learning at Banjarsari Primary School, problems faced by teachers and parents in the form of difficulty internet signal, difficulty understanding the character of each student, changes in student learning, and changes in student behavior based on not understanding the material presented by the teacher. The solution being sought is distributing Chromebooks to students and holding counseling for parents.

Abstrak: Pandemi Covid memiliki imbas yang sangat besar, khususnya pada bidang pendidikan, sehingga pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka secara langsung di sekolah berganti menjadi pembelajaran daring atau dikenal dengan istilah PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) melalui rumah masing-masing. SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung merupakan salah satu lembaga pendidikan sekolah dasar yang turut menyelenggarakan belajar dari rumah secara daring pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan penjelasan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Problematika Implementasi Pembelajaran yang terjadi di SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah yang berupa implementasi pembelajaran daring, problematika yang dihadapi guru dan orang tua, serta solusi yang diterapkan untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi. Informan dalam penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunkan instrumen berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Temuan penelitian menunjukkan hasil berupa implementasi pembelajaran selama pemberlakuan pembelajaran daring di SDN Banjarsari, problematika yang dihadapi guru dan orang tua berupa sulitnya sinyal internet, sulitnya memahami karakter masing-masing siswa, perubahan belajar siswa, dan perubahan perilaku siswa yang didasari karena tidak mengerti materi yang disampaikan oleh guru. Solusi yang diupayakan yakni dibagikannya Chromebook kepada siswa serta diadakannya penyuluhan bagi orang tua siswa.

References

Agustin, F., Oganda, F. P., Lutfiani, N., & Harahap, E. P. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Menggunakan Education Smart Courses. Technomedia Journal (TMJ), 5(1), 14 53.

Anggito, A & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi:CV Jejak.

Asmuni, A. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Journal Pedagogy, 7(4), 281-288.

Basar, A. M. (2020). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri –Cikarang Barat- Bekasi). Dari https://media.neliti.com/.

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (online). (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5025/pp-no-17-tahun-2010) diakses pada 30 Maret 2021.

Surat Edaran menteri Pendidikan no. 4 tahun 2020 Tentang Pembelajaran Jarak jauh (online). (https://pgdikmen.kemendikbud.go.id). diakses pada 30 Maret 2021.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat (9) tentang Sistem Pendidikan Nasional (online). (https://pusdiklat.perpusnas.go.id). diakses pada 30 Maret 2021.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

28-02-2022

How to Cite

Wulaningrum, I. A., Suhartono, S., & Nuraeni, N. L. S. (2022). Problematika Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 107–112. https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p107-112

Issue

Section

Articles