Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Selama Pembelajaran Daring

Authors

  • Yesi Wulaning Anagari Universitas Negeri Malang
  • Sutarno Sutarno Universitas Negeri Malang
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p96-106

Keywords:

implementation of strengthening character education, thematic learning, class IV, online learning, implementasi penguatan pendidikan karakter, pembelajaran tematik, kelas IV, pembelajaran daring

Abstract

Abstract: This study aims to describe the planning, implementation, and evaluation in implementing strengthening character education in thematic learning in grade IV during online learning. To achieve this goal, the research uses a qualitative approach with a phenomenology type of research. The data collected in the form of observations, interviews, and documentation using data analysis techniques Milles and Huberman. The results showed that in planning the teacher instilled five character values ​​in sub-theme 2 of learning 6. In the implementation the teacher only applied two character values ​​in each lesson. While in the evaluation, the assessment is carried out by the teacher by assessing spiritual attitudes and social attitudes.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam mengimplementasi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas IV selama pembelajaran daring. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perencanaan guru menanamkan lima nilai karakter pada subtema 2 pembelajaran 6. Pada pelaksanaan guru menerapkan dua nilai karakter dalam setiap pembelajarannya. Sedangkan pada evaluasi, penilaian dilakukan guru dengan menilai sikap spiritual dan sikap sosial.

References

Fitri. (2012). Pendidikan Karakter berbasis Nilai & Etika Di Sekolah. Yogyakarta.AR-RUZZ MEDIA.

Gunawan. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung. Alfabeta.

Ismail. (2020). Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Makassar. Cendekia Publiser.

Julaiha. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Ilmu, 14 (02), 226-238.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konsep Dan Pedoman Penguatan Karakter. (online). (https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/download/buku-konsep-dan-pedoman-ppk/). Diakses pada 23 Maret 2021.

Kemendiknas. (2010). Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan NilaiNilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta. Pusat Kurikulum, Balitbang.

Madiong, B. et al. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education.Makasar: Celebes Media Perkasa.

Nadlir. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 339-352.

Novalita, R. (2014). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Lentera, 14(2), 56-61.

Nugraha. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 472-484.

Nurhayati, Y. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tangerang Selatan. Jurnal Diklat Teknis, 5(2), 165-180.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Setkab (online). (http://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/09/Perpres_Nomor_87_Tahun_2017.pdf). Diakses pada 23 Maret 2021.

Permendikbud. (2018). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Satuan Pendidikan Formal. (Online). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf. Diakses pada 28 Oktober 2021.

Permendikbud. (2016). Standar Penilaan Pendidikan. (online). (https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/09/Permendikbud_Tahun2016_Nomor023.pdf). Diakses pada 28 Oktober 2021.

Putranti, et al. (2019). Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman. Elementary Jurnal, 2 (1), 42-52.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Sulistyarini, et. al. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(12), 1-11.

Downloads

Published

28-02-2022

How to Cite

Anagari, Y. W., Sutarno, S., & Khotimah, K. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 96–106. https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p96-106

Issue

Section

Articles