Analisis Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang

Authors

  • Mauryn Renata Roselin Universitas Negeri Malang
  • Muh Arafik Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p89-95

Keywords:

analysis, capitalization, punctuation, narrative text, analisis, huruf kapital, tanda baca, teks narasi

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the ability to use capital letters and punctuation in Indonesian narrative texts for fifth grade elementary schools in cluster 7, Sukun District. The type of research used is descriptive quantitative. Collecting data in this study using a writing test, namely students are given narrative texts that have not used capital letters and some punctuation marks are omitted, then rewritten according to the rules without looking at learning resource books or others, without asking others. Based on the results of the study . The lack of students' ability to write capital letters in the medium category, ie 1,825 capital letters were not present from the 4,484 capital letters that should have been present, or 40.70 percent. The lack of students' ability in writing 3 punctuation marks in the medium category, namely 314 punctuation marks that were not present from 1,064 punctuation marks that should have been present, or 29.51 percent. The factors that cause these problems are due to the limitations of students and lack of practice, besides the low motivation to learn.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada teks narasi Bahasa Indonesia kelas V SD se-gugus 7 Kecamatan Sukun Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes menulis yaitu siswa diberikan teks narasi yang belum menggunakan huruf kapital dan beberapa tanda baca dihilangkan, kemudian ditulis kembali sesuai kaidahnya tanpa melihat buku sumber belajar atau yang lainya, tanpa bertanya kepada orang lain. Berdasarkan hasil penelitian . Kurangnya kemampuan siswa dalam penulisan huruf kapital dalam kategori sedang, yaitu 1.825 huruf kapital tidak hadir dari 4.484 huruf kapital yang seharusnya hadir, atau 40,70 persen. Kurangnya kemampuan siswa dalam penulisan 3 tanda baca dalam kategori sedang, yaitu 314 tanda baca tidak hadir dari 1.064 tanda baca yang seharusnya hadir, atau 29,51 persen. Faktor penyebab permasalahan tersebut karena keterbatasan siswa dan kurang berlatih, selain itu rendahnya motivasi belajar.

References

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. (2013). Analisis Naratif: Dasar-Dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, K. (2012). Bahasa Indonesia Keilmuan untuk Perguruan Tinggi. Bandung: PT

Pramono, A. (2012). Keterampilan Bahasa Indonesia. IKIP PGRI Madiun. Refika Aditama.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka

Slamet, St. Y. (2015). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Tarigan, H. G & Tarigan, D. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

28-02-2022

How to Cite

Roselin, M. R., Arafik, M., & Rini, T. A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 89–95. https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p89-95

Issue

Section

Articles