Pengembangan Video Siapa Aku (SIAKU) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa SMA

Authors

  • Riska Kusuma Hesti Universitas Negeri Malang
  • Adi Atmoko Universitas Negeri Malang
  • Irene Maya Simon Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p906-914

Keywords:

video education, self-confidence, video edukasi, kepercayaan diri

Abstract

Abstract: This research and development aims to develop a product Who I Am (SIAKU) to increase self-confidence in high school students. The SIAKU product contains 2 products in the form of videos totaling 3 videos and a guide book for counselors in providing classical guidance services to high school students. The research method used is research and development (R and D) method using the adapted Borg and Gall theory. This research and development procedure includes preliminary studies, product design and development as well as product testing on material expert tests, media expert tests, 2 prospective counselor users and 10 prospective students. Assessment of expert and prospective users to determine product acceptance uses a rating scale based on aspects of accuracy, usability, convenience and product attractiveness. Data analysis on the test results of experts and prospective counselor users uses the numerical average, while the test results of prospective users use an interpreter agreement. Overall test results show that the product Who I am getting a very high rating category and has met the acceptance of the product so that it can be implemented as a medium for counselors in providing classical guidance services to increase self-confidence.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk Siapa Aku (SIAKU) untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa SMA. Produk SIAKU berisikan 2 produk berupa video yang berjumlahkan 3 video dan buku panduan untuk konselor dalam memberikan layanan bimbingan klasikal kepada siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R and D) dengan menggunakan teori Borg dan Gall yang telah diadaptasi. Prosedur penelitian dan pengembangan ini meliputi studi pendahuluan,rancangan dan pengembangan produk serta uji produk terhadap uji ahli materi, uji ahli media, 2 calon pengguna konselor dan 10 calon pengguna siswa. Penilaian uji ahli dan calon pengguna untuk mengetahui keberterimaan produk menggunakan skala penilaian yang berdasarkan pada aspek ketepatan, kegunaan, kemudahan dan kemenarikan produk. Analisis data pada hasil uji ahli dan calon pengguna konselor menggunakan numerik rerata, sedangkan hasil uji calon pengguna menggunakan inter rater agreement. Keseluruhan hasil uji menunjukkan bahwa produk Siapa Aku mendapatkan kategori penilaian sangat tinggi dan telah memenuhi keberterimaan produk sehingga dapat diimplementasikan sebagai media bagi konselor dalam memberikan layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kepercayaan diri.

References

Basri, A. S. H. (2010). Peran Media Dalam Layanan Bimbingan. Jurnal Dakwah, XI(1), 23–41. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/402

Davies, A. P. (2018). Remaja Krisis Percaya Diri, Psikolog: Dukung Secara Emosional. Retrieved February 21, 2021, from tempo.co website: https://gaya.tempo.co/read/1054871/remaja-krisis-percaya-diri-psikolog-dukung-secara-emosional/full&view=ok

Deni, A. U., & Ifdil. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 43–52.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474

Listiyanto, T. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Video Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi/Ips Di Sma Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2014/2015. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29026

Livia. (2020). Eila Nurhasanah: Belajar Menghargai Diri Sendiri Setelah Terus Menerima Hinaan Fisik Sejak Remaja #InspirasiCantik. Stylo.Id. Retrieved from https://stylo.grid.id/read/142321024/eila-nurhasanah-belajar-menghargai-diri-sendiri-setelah-terus-menerima-hinaan-fisik-sejak-remaja-inspirasicantik?page=all

Pradana, D. A., & Hermawan, C. (2019). Desain Dan Implementasi : Audio Video on Demand ( Avod ) Untuk Peningkatan Kemampuan Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa. 2(August 1945), 1737–1743.

Prasetiawan, H., & Alhadi, S. (2018). Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 87–98. https://doi.org/10.17977/um001v3i22018p087

Pratnyawan, A. (2019). Viral Siswa Gunakan Smartwatch untuk Menyontek, Guru Harus Perhatian. Hitekno.Com. Retrieved from https://www.hitekno.com/gadget/2019/12/16/114417/viral-siswa-gunakan-smartwatch-untuk-menyontek-guru-harus-perhatian

Rahayu, A. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.

Rahman, A., Aryani, F., & Sinring, A. (2019). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 129. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5002

Santoso, D. B. (2011). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: Tanpa Penerbit.

Sari, W. P. (2020). Pengembangan media videoscribe pada bimbingan klasikal dengan materi gaya belajar di sma negeri 1 indralaya selatan skripsi.

Downloads

Published

30-11-2021

How to Cite

Hesti, R. K. ., Atmoko, A. ., & Simon, I. M. . (2021). Pengembangan Video Siapa Aku (SIAKU) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), 906–914. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p906-914

Issue

Section

Articles