Hubungan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dengan Keefektifan Sekolah Dasar Negeri

Authors

  • Faizah Nur Amalia Universitas Negeri Malang
  • Maisyaroh Maisyaroh Universitas Negeri Malang
  • R. Bambang Sumarsono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p765-777

Keywords:

visionary leadership, teacher’s performance, school effectiveness, kepemimpinan visioner, kinerja guru, keefektifan sekolah

Abstract

Abstract: The aim of this study is to describe visionary leadership, teacher’s performance, school effectiveness, visionary principals' leadership relationships and school effectiveness, relationship between teacher’s performance and school effectiveness, and the principal's visionary leadership relationship and teacher’s performance with school effectiveness. This study uses a quantitative approach, with a correlation research design. Sampling uses proportional sampling and area (cluster) sampling techniques with the acquisition of 86 teachers as respondents. The technique of collecting data uses a closed questionnaire. Analysis of the data used is descriptive analysis, and hypothesis testing using Pearson Product Moment correlation analysis and multiple correlation. The results obtained by the principal's visionary leadership, teacher’s performance, and school effectiveness in the medium category, there is a relationship between visionary leadership and school effectiveness, there is a relationship between teacher performance and school effectiveness, there is a relationship between visionary leadership and teacher performance with school effectiveness at SDN Lawang, Malang.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kepemimpinan visioner, kinerja guru, tingkat keefektifan sekolah, hubungan kepemimpinan visioner kepala sekolah dan keefektifan sekolah, hubungan kinerja guru dan keefektifan sekolah, serta hubungan kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru dengan keefektifan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan rancangan penelitian korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional sampling dan teknik area (cluster) sampling dengan perolehan 86 guru sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dan korelasi berganda. Hasil penelitian diperoleh kepemimpinan visioner kepala sekolah, kinerja guru, dan keefektifan sekolah dalam kategori sedang, terdapat hubungan antara kepemimpinan visioner dan keefektifan sekolah, terdapat hubungan antara kinerja guru dan keefektifan sekolah, terdapat hubungan antara kepemimpinan visioner dan kinerja guru dengan keefektifan sekolah di SDN Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

References

Gaziel, H. (1998). School-based management as a factor in school effectiveness. International Review of Education, 44(4), 319-333.

Irwana, A. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Efektifitas Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22 (2), (104-119).

Kantabutra, S. (2003). An empirical examination of relationships between customer and staff satisfaction in retail apparel stores in Sydney. (Online), (https:// link.springer.com).

Kantabutra, S. (2005). Improving Public School Performance through Vision-based Leadership: Asia Pacific Education Review, 6 (2), 124-136.

Kartanegara, D. (2013). Strategi Membangun Ekskutif. (Online), (http://www.duniamis.co.id), diakses pada 28 Desember 2017.

Komariah, A., & Triatna, C. (2004). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikand Dasar dan Menengah. (Online),

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharno. (2008). Manajemen Pendidikan: Sebuah Pengantar bagi Para Calon Guru. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Supardi. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Raudahtul Athfal Dan Budaya Organisasi Terhadap Disiplin Kerja Guru Raudahtul Athfal Kecamatan Ciledug Kota Tangerang, Jurnal Qathrunâ. 1 (1): 206-220. Dari http://www.portalgaruda.org.

Umar, H. (2003). Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (Online), (http://www.jdih.kemenkeu.go.id), diakses pada 10 Pebruari 2018.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jogjakarta: Divapress.

Widyawati, F., A. (2015). Hubungan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dan Tingkat Kinerja Tenaga Kependidikan Dengan Kualitas Sekolah Di Smpn Se-Kota Malang. (Online), (httpp://www.ap.fip.um.ac.id), diakses pada 10 Januari 2018.

Downloads

Published

30-09-2021

How to Cite

Amalia, F. N. ., Maisyaroh, M., & Sumarsono, R. B. . (2021). Hubungan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dengan Keefektifan Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(9), 765–777. https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p765-777

Issue

Section

Articles