Pengembangan E-Modul Menggunakan Software Flip PDF Profesional Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p746-753Keywords:
e-modul, fraction material, fifth grade, materi pecahan, kelas VAbstract
Abstract: Field conditions show that learning fractions in class V requires innovative teaching materials. This study aims to test the validity and practicality of the developed E-Module. The ADDIE model is used in this development. Product validation got the results of 98.68 percent declared valid. Material validation got a percentage result of 83.33 percent declared valid. The practicality test from users (teachers) got a percentage result of 94.23 percent which was declared practical and the practicality test of students got a score of 88.59 percent which was declared practical. So the validation and practicality of the product are declared valid and practical.
Abstrak: Kondisi lapangan menunjukan pembelajaran pecahan di kelas V membutuhkan bahan ajar yang inovatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan E-Modul yang dikembangkan. Model ADDIE digunakan pada pengembangan ini. Validasi produk mendapat hasil 98,68 persen dinyatakan valid. Validasi materi mendapat hasil persentase sebesar 83,33 persen dinyatakan valid. Uji kepraktisan dari pengguna (guru) mendapat hasil persentase sebesar 94,23 persen dinyatakan praktis dan uji kepraktisan peserta didik mendapatkan nilai sebesar 88,59 persen dinyatakan praktis. Jadi validasi dan uji kepraktisan produk dinyatakan valid dan praktis.
References
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto. (2010). Penilaian Program Pendidikan Edisi Ketiga. Jakarta: Bina Aksara.
Denisa, L., & Hakim, L. (2021). Pengembangan E-Modul Kontekstual Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Berbasis Flip Pdf Professional. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 79-87.
Mufarizuddin, M. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas V Sd Negeri 012 Bangkinang KOTA. Journal on Education, 1(1), 40-47.
Najuah, N., Lukitoyo, P.S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Softwarenya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ningtyas, A. S., Triwahyuningtyas, D., & Rahayu, S. (2020). Pengembangan E-Modul Bangun Datar Sederhana Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Software Kvsoft Flipbook Maker Untuk Peserta didik Kelas III. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 10-19). https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/446/356
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 7(3).
Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF ProfessionalPerjuangan Para Pahlawan di Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 523-530).
Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul. http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul. pdf. diakses, 10.
Rayanto, Y.H., & Sugianto. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Riyana, C. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: KEMENAG RI.
Siyoto, S & Sodik, M.A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip PDF professional pada materi alat-alat optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145-152.
Subanar, Solikhatun, & Susyanto, N. (2020). Senarai Penelitian Seminar Nasional Matematika Ke-11 Universitas Gadjah Mada “Peran Matematika Dalam Pemodelan Risiko Keuangan Yogyakarta, 22 September 2019”. Yogyakarta: Deepublish.
Zakariah, M.A, Afriani, V., Zakariah, M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Zuryanti, Hamidah, Kenedi, A.K., Helsa, Y. (2020). Pembelajaran STEM di sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.