Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Permainan Bola Voli Berbasis Aplikasi Articulate Storyline

Authors

  • Ari Hakiim Putra Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Mu’arifin Mu’arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i72021p519-532

Keywords:

media, volleyball, games, articulate storyline, bola voli, permainan

Abstract

Abstract: This research and development aims to develop application learning media about variations of volleyball games for the KKG PJOK Elementary Schools in Senduro District, Lumajang Regency. The method used is the Research and Development approach with a development research model with the steps (1) needs analysis, (2) doing product design (design), (3) product development (development), (4) implementation or (implementation), and (5) product evaluation (evaluation). The results of the whole product trial involved 22 teachers of KKG PJOK, Senduro District, Lumajang Regency. The results of the study showed the product was included in the very valid category with a percentage of 80.2 percent in small group trials with 8 activity participants and 80 percent in large group trials with 14 activity participants. So it is concluded that the product development of learning media variations of volleyball games based on the articulate storyline application has very valid criteria and is suitable for use in learning activities.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi tentang variasi permainan bola voli untuk KKG PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Metode yang digunakan yaitu pendekatan Research and Development dengan model penelitian pengembangan dengan langkah-langkah (1) Analisis kebutuhan (analysis), (2) melakukan desain produk (design), (3) pengembangan produk (development), (4) pelaksanaan atau (implementation), dan (5) evaluasi produk (evaluation). Hasil uji coba keseluruhan produk melibatkan 22 guru KKG PJOK Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Hasil dari penelitian menunjukan produk termasuk dalam kategori sangat valid dengan hasil persentase 80,2 persen pada uji coba kelompok kecil dengan jumlah 8 peserta kegiatan dan persentase 80 persen pada uji coba kelompok besar dengan jumlah 14 peserta kegiatan. Sehingga disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran variasi permainan bola voli berbasis aplikasi articulate storyline memiliki kriteria sangat valid serta layak dipakai pada kegiatan pembelajaran.

References

Akbar, R. A., & Hariyanto, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pencak silat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(7), 350–356. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Darnawati, Jamiludin, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Firdaus, R. I., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif Di Sma Negeri 1 Turen. Journal Gelanggang Pendidikan Jasmani, 2(2), 99–107.

Hanggara, D., Syafrial, S., & Ilahi, B. R. (2018). Implementasi Ekstrakurikuler Bola Voli Di Sma N 1, 2 Dan 3 Bengkulu Tengah. Kinestetik: jurnal ilmiah pendidikan jasmani, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9182

Hasan, B., & Hermanto, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AutoPlay bagi Kelompok Kerja Guru Kecamatan Geger di Kabupaten Bangkalan. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 53. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.981

Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Listyawati, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pemebelajaran Ipa Terpadu Di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Nur, S. M. (2017). Peran Kelompok Kerja Guru ( Kkg ) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo. Wakapendik, 2(5), 1–9.

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.

Permendikbud. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1), 78–92. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11692/5123

Setiawan, I., & Triyanto, H. (2014). Pengembangan Permainan Tradisonal Gobak Sodor Bola dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa SD. jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.15294/miki.v4i1.4395

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156.

Sitompul, D. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Rpp Berkarakter Melalui Bimbingan Berkelompok Bagi Guru Negeri Sd 157015 Kebun Pisang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1), 88. https://doi.org/10.31604/jips.v6i1.2019.88-91

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1266

Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi SMA. BioEdu, 6(2), 571–579.

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Asmadawati. (2014). Perencanaan Pengajaran. Darul Ilmi, 02(01), 1–13.

Bangun, S. Y. (2016). Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(1), 70. https://doi.org/10.24114/pjkr.v1i1.4777

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. (March). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315105651

Hidayah, P., Fita, M., Untari, A., & Wardana, M. Y. S. (2018). Pengembangan Media Sepeda ( Sistem Peredaran Darah ) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 2(4), 306–310.

Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Nur, S. M. (2017). Peran Kelompok Kerja Guru ( Kkg ) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo. Wakapendik, 2(5), 1–9.

Permendikbud. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pratama, R. A. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Matemati. 7(1), 19–35.

Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243

Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas XI di SMA Sriwijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5, 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.v5i1.7898

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1), 78–92. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11692/5123

Rahayu, S. (2014). Pengembangan Model Modifikasi Permainan Bola voli Mini “Serpassring” Pembelajaran Penjasorkes Sd Kelas V. Journal of Physical Education and Sports, 3(2).

Saputra, D. G. A., & Agustina, R. (2014). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Dasar Bola Voli Untuk Sekolah Dasar Kelas 4 Pada SDN Bareng 2 Malang. Journal Bimasakti.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1266

Yusmar, A. (2017). Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Kampar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 143. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4381

Downloads

Published

08-07-2021

Issue

Section

Articles