Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2018 antara Semester Genap Tahun 2018/2019 dan 2019/2020

Authors

  • Heri Irawan Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i62021p350-358

Keywords:

Learning Achievement, Even Semester 2018/2019 and 2019/2020, Prestasi Belajar, Semester Genap 2018/2019 dan 2019/2020

Abstract

Abstract: The purpose of the study is to find out and review whether there are differences in even semester learning achievement between 2018/2019 and 2019/2020 in students of the class of 2018 PJKR-FIK-UM study program. The design in this study uses a causal comparative design. The population in this study was students of PJKR-FIK-UM Study Program which amounted to 39 people. The samples were taken using purposive random sampling technique of 90 percent so that the samples studied amounted to 35 people. Data analysis techniques using T test α 0.05, there is no significant difference between the study results of students of the class of 2018 even semester in 2018/2019 and 2019/2020 PJKR-FIK-UM study program.

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengkaji apakah ada perbedaan prestasi belajar semester genap antara tahun 2018/2019 dan 2019/2020 pada mahasiswa angkatan 2018 Prodi PJKR-FIK-UM. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan rancangan causal comparative. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PJKR-FIK-UM yang berjumlah 39 orang. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling 90 persen, sehingga sampel berjumlah 35 orang. Teknik analisis data menggunakan uji T α 0,05, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa angkatan 2018 Semester genap tahun 2018/2019 dan 2019/2020 Prodi PJKR-FIK-UM.

References

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2018). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Jogjakarta: Deepublish.

Febianti, Y. N., & Joharudin, M. (2018). Faktor-Faktor Ekstern Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 76. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.246

H. Gani Ali. (2014). Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta didik. Jurnal Al-Ta’dib Tanggung, 6(1), 31–42.

Husnawati, M. M., & Aila, R. (2018). Perbedaan prestasi belajar mahasiswa lulusan madrasah aliyah dan sekolah menengah umum pada mata pelajaran Bahasa Arab. Fitra, 3(1).

Irawan, V. T., Sutadji, E., & Widiyanti. (2017). Blended learning based on schoology: Effort of improvement learning outcome and practicum chance in vocational high school. Cogent Education, 4(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1282031

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Mudjiono, D. D. (2015). Belajar Dan Pembelajaran (Rineka Cip). Jakarta.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Rahyubi, H. (2014). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik (1st ed.; Nurdin, ed.). Bandung: Nusa Media.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka cipta.

Soepardjo, S. (2013). Kontribusi status sosial ekonomi keluarga dan sikap kebangsaan terhadap prestasi belajar Sejarah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(1), 106-126.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Sunendar, Dadang, dkk. (2005). (Tim Penyusun KBBI Edisi Kelima). (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Suparlan. (2005). Menjadi Guru Efektif.

Tang, C. M. (2013). Readiness for Blended Learning: Understanding Attitude of University Students. International Journal of Cyber Society and Education, 6(2), 79–100. https://doi.org/10.7903/ijcse.1086

Thobroni, M. (2015). Belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiarto, G. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jogjakarta: Laksitas.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Downloads

Published

21-06-2021

Issue

Section

Articles