Pengembangan Media Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Web Di Club Marcka Sidoarjo

Authors

  • Mega Maulidia Ishak Universitas Negeri Malang
  • Eko Hariyanto Universitas Negeri Malang
  • Sapto Adi Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

learning media, martial arts, web, media pembelajaran, pencak silat

Abstract

Abstract: The aims of this research is to develop a web-based application system that which is good for use in the learning process of pencak silat as well as level up exams. The research development design is a design that was developed with the following steps by Lee and Owens, the steps are (1) needs analysis, (2) design product, (3) Product development, (4) Implementation, (5) Evaluation of the developed product. The result of this development research is a web-based application of pencak silat that can be accessed via a mobile phone or laptop using the internet network. Based on the results of the analysis by experts, the percentage obtained are 93 percent for media experts, 83 percent for pencak silat experts, and 83 percent for coaching experts. Based on group trials, the results obtained are 90 percent for small group trials and 81 percent for large group trials. Based on the results of the data analysis, it can be concluded that the product of developing web-based application of pencak silat learning media can be said to be "fit for use" as a medium for learning pencak silat for Club Marcka Sidoarjo students, it was recommended that the use of the product is only for learning pencak silat.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem aplikasi berbasis web yang layak digunakan untuk proses pembelajaran pencak silat serta ujian kenaikan tingkat. Rancangan penelitian pengembangan ini adalah rancangan yang dikembangkan, dengan langkah-langkah antara lain (1) menganalisis kebutuhan, (2) Rancangan produk, (3) menggembangkan produk, (4) Pelaksanaan, (5) mengevaluasi produk yang dikembangkan, oleh Lee dan Owens. Hasil penelitian pengembangan ini adalah sebuah aplikasi berbasis web pencak silat yang dapat diakses melalui mobile phone atau laptop dengan menggunakan jaringan internet. Berdasarkan dari hasil analisis oleh para ahli maka diperoleh persentase sebesar 93 persen untuk ahli media, 83 persen untuk ahli pencak silat, 83 persen untuk ahli kepelatihan. Berdasarkan uji coba kelompok maka diperoleh hasil 90 persen untuk uji coba kelompok kecil serta 81 persen untuk uji coba kelompok besar. Dari hasil analisis data tersebut, maka dapat kesimpulan bahwa produk Pengembangan media pembelajaran pencak silat aplikasi berbasis web dapat dikatakan “layak digunakan” sebagai media pembelajaran pencak silat untuk murid Club Marcka Sidoarjo.

References

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.

Aidah, S. (2019). Pemanfaatan E-learning Sebagai Media Pembelajaran di STIA AL GAZALI BARRU (Suatu Studi Terhadap Pemanfaatan Model E-learning Berbasis Software Claroline). Meraja Journal .

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Antoni, M. S., & Suharjana, S. (2019). Aplikasi kebugaran dan kesehatan berbasis android: Bagaimana persepsi dan minat masyarakat? Jurnal Keolahragaan, 7(1), 34–42. doi: 10.21831/jk.v7i1.21571

Ardianto, B., & Liskustyawati, H. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fenomena online fitness coaching di era revolusi industri 4 . 0 The phenomenon of online fitness coaching in the era of the. 1(1), 26–35.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. doi: 10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Fajriyudin, M., Aminudin, R., & Fahrudin, F. (2021). Pengaruh Metode Continuous Running Terhadap Peningktan Daya Tahan Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat di Pondok Pesantren Modern Nurussalam. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 51–59. doi: 10.35706/jlo.v2i1.4435

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6

Hanifah, S., U., Rahma, R., W., S., M., & Nur, A., R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Masa Pandemi. Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–11.

Hartono, H. (2013). Pengertian Website dan Unsur-Unsurnya. Ilmu Teknologi Informasi (Ilmuti).

Kholis, N. (2016). Aplikasi Nilai-Nilai Luhur Pencak Silat Sarana Membentuk Moralitas Bangsa. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2. doi: 10.29407/js_unpgri.v2i2.508

Kumaidah, E. (2012). Penguatan Eksistensi Bangsa Melalui Seni Bela Diri Tradisional Pencak Silat. Ejournal.Undip.Ac.Id, 66, 37–39.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design Computer-Based Training Web-Based Training Distance Broadcast Training Performance-Based Solutions (Vol. 66).

Lestari, S. W. (2020). Selvy Windy Lestari 1503618034 Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Dalam Masa Pandemi. 19(Bab 17).

Machril, S. Y., & . D. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Exe (Elearning Xhtml Editor) Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 5 Medan. Educational Building, 1(1), 96–104. doi: 10.24114/eb.v1i1.2830

Mirfa’ani, N., & Nurrochmah, S. (2020). Survei Kemampuan Kondisi Fisik Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Perisai Diri di Sekolah Menengah Atas. Journal Sport Science and Health Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jfik/Index Http://Fik.Um.Ac.Id/, 2(4), 239–246.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). doi: 10.21831/jpai.v8i2.949

Nurdyansyah, N. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya, 1–22.

Priyatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensipendidikan Islamdi Era 4.0. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 1–19.

Puji, R., H., Eka, B., P., & Uly, i., W. (2015). Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Bianglala Informatika, 3(3), 1–9. doi: 10.1007/s13226-018-0284-5

Rahman, S., Munawar, W., & Berman, E. T. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137. doi: 10.17509/jmee.v1i1.3746

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. doi: 10.23917/varidika.v29i2.5637

Sempana, E., Alfindana, D., & Yuana, A. B. (n.d.). Terhadap Kecepatan Tendangan C dalam Siswa Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Borang Ranting Arjosari Cabang Pacitan Pusat Madiun. 1–10.

Setiawan, I. (2011). Eksistensi Seni Pencak Silat di Kabupaten Purwakarta (Kajian tentang Strategi Adaptasi). Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya. doi: 10.30959/patanjala.v3i3.254

Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31. doi: 10.33394/jp.v8i1.3226

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Susanti, S., Junianto, E., & Rachman, R. (2017). Implementasi Framework Laravel pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika (JI) UBSI, 4. doi: 10.31311/JI.V4I1.1562

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Tamsir, N. (2021). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Berbasis Web Pada PT Caraka Travelindo Makassar. X(2), 1–10.

Turmudzi, T. (2011). Efektifitas rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMPN 25 Surabaya. IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Utama, Y. (2011). Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 3(2), 359–370.

Downloads

Published

30-08-2022

Issue

Section

Articles