Pengembangan Permainan Modifikasi Aktivitas Lari Jarak Pendek dalam Pembelajaran Atletik di SMK Negeri 1 Batu

Authors

  • Farid Soni Aslam Universitas Negeri Malang
  • Febrita Paulina Heynoek Universitas Negeri Malang
  • Gema Fitriady Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p200-206

Keywords:

game modification, short distance running, athletic, modifikasi permainan, lari jarak pendek, atletik

Abstract

Abstract: The purpose of this development research is to develop a game modification for short distance running activities in athletic learning which is packaged in the form of a video. The method used in this research is a procedural model that refers to the research and development development model of Borg and Gall. The data analysis technique used is descriptive with a percentage. The validation results from the experts, namely: 80 percent athletic learning, 80 percent game modification, and 92.85 percent learning media can be used without improvement. From small group trials of students with a total of 85.2 percent and, as well as large group trials of students totaling 88.51 percent, it can be used without any improvement.

Abstrak: Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan modifikasi permainan aktivitas lari jarak pendek dalam pembelajaran atletik yang dikemas dalam bentuk video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural mengacu kepada model pengembangan research and development Borg and Gall. Teknik menganalisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Hasil validasi dari para ahli, yaitu: pembelajaran atletik 80 persen, modifikasi permainan 80 persen, dan media pembelajaran 92,85 persen dapat digunakan tanpa perbaikan. Dari uji coba kelompok kecil peserta didik dengan jumlah 85,2 persen dan, serta uji kelompok peserta didik (besar) berjumlah 88,51 persen dapat digunakan tanpa adanya perbaikan.

References

Al-Fandi, H. (2011). Desain Pembelajaran Yang Demokratis dan Humanis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiwant, S. (2017). Metodologi Penelitian Dalam Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Husdarta, S. H. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Mu’arifin. (2009). Dasar-dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mufti, M. H. A. (2015). Pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar lari jarak pendek (Studi pada siswa kelas vii smp negeri 2 Gedangan Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(1).

Pendidikanmu. (2018). Teknik Lari Jarak Pendek. (https://pendidikanmu.com/2019/10/teknik-lari-jarak-pendek.html), (online). Diakses 3 November 2019

Purnomo, dkk. (2011). Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta. Alfamedia.

Rahmat, Z. (2015). Progam Kegiatan Cabang Olahraga Atletik. Aceh. Penerbit Tidak Diketahui.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Rosdiani, D. (2012).Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rosdiani, D. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Sa’dum A. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sapoetra, A. (2014). Media Pembelajaran Olahraga Bola Voli Berbasis WEB Menggunakan HTML5. Jurnal. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sidik, D. Z. (2013). Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarsini. (2013). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Suyono & Hariyanto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Wardoyo, M. (2015). Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta

Wiarto, G. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Wiarto, G. (2015). Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Internasional Nilai-nilai Karakter Melalui Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winarno. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wiradihardja, dkk. (2017). Pendidikan Jasmani, dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Downloads

Published

30-03-2022

Issue

Section

Articles