Strategi Pembelajaran Online Mata Melajaran PJOK di SMK pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Khun Jaya Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Febrita Heynoek Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Gema Fitriady Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i12022p75-82

Keywords:

strategi pembelajaran online, pandemi covid-19, pjok

Abstract

This study aims to find out how the online learning strategies used by physical education teachers in sports and health at State Vocational Schools in Malang City. Using a qualitative descriptive approach with a survey research design. The variable in this research is online learning strategy. Using a sampling technique by purposive sampling, a total of 11 physical education teachers, sports and health at State Vocational Schools in Malang City. Data collection techniques in the form of interviews with interview guidelines as a research instrument. The data obtained were analyzed through 3 stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the teacher's strategies used during learning, the majority use asynchronous compared to synchronous. The strategy used has several obstacles when asynchronous, namely some students do not participate in the work of the task while the constraints on synchronous learning students tend not to pay attention to the material explained. Although there are some obstacles, the teacher tries to keep the class conducive by making certain rules and joint commitments with the students, so that the class can be more conducive.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran online yang digunakan oleh guru PJOK SMK Negeri di Kota Malang. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain penelitian survei. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran online. Menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, sejumlah 11 orang guru PJOK SMK Negeri di Kota Malang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan pedoman wawancara sebagai instrument penelitian. Data yang diperoleh di analisis malalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi guru yang digunakan pada saat pembelajaran, mayoritas memakai asinkronus dibandingkan sinkronus. Strategi yang digunakan memiliki beberapa kendala pada saat asinkronus yaitu beberapa siswa tidak ikut serta dalam pengerjaan tugas sedangkan kendala pada pembelajaran sinkronus siswa cenderung tidak memperhatikan materi yang dijelaskan. Meskipun terdapat beberapa kendala, guru berupaya agar menjaga kelas tetap kondusif dengan membuat peraturan tertentu dan komitmen bersama dengan siswa, sehingga kelas bisa lebih kondusif.

References

Alam, A. (2020). Challenges and possibilities of online education during Covid-19.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Cahyadi, E., Hariyanto, A., & Kartiko, D. C. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri DAN Group Investigation Pada Pembelajaran PJOK Terhadap Partisipasi Dan Berpikir Kritis Siswa SMPN 4 Pamekasan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Hasmujaj, E., & Bushati, J. (2017). Internet in education system. Pannoniana: Časopis Za Humanističke Znanosti, 1(2), 71–79.

Jayul, A., Rekreasi, E. I.-J. P. K., & 2020, undefined. (n.d.). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Ojs.Mahadewa.Ac.Id.

Kebudayaan, M., & Indonesia, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Ketaren, A. M. A., & Kanca, I. N. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Luring Peserta Didik Yang Tinggal Di Asrama Dan Daring Bagi Peserta Didik Di Luar Asrama Terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 9(1), 29–40.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110.

Kurniawan, R. (2017). Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas Kondusif di Kelas IVA SD Negeri 13/I Muara Bulian. Jurnal Edukasi.

McMurtrie, B. (2020). How to Help Struggling Students Succeed Online. The Chronicle of Higher Education.

Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Organization, W. H. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): situation report, 73.

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran daring di sekolah menengah kejuruan putra indonesia malang pada masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 61–67.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.

Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sholikhah, F. N., & Wahidah, Z. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guru Biologi Di Pasuruan: Analisis Persepsi Siswa. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 16–29.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV. Alfabeta

Sukarini, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Kecil Sederhana Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 331–338.

Sumbodo, P. P. (2016). Penerapan metode kooperatif tipe teams games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan bolavoli pada siswa kelas xi tsm smk murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.

Sutarna, N. (2016). Penerapan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Peta Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 34–43.

Ulum, B., & Or, S. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Guna Menjaga Imunitas Tubuh Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Bunga Rampai, 17.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58.

Downloads

Published

16-02-2022

Issue

Section

Articles