MAKE-APPS berbasis android untuk mendukung pembelajaran bagi peserta didik mata pelajaran kearsipan

Authors

  • Rakhmadanti Tiarizki Fitra Universitas Negeri Malang
  • I Nyoman Suputra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i42021p357-364

Keywords:

penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, mobile learning, android, kearsipan

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi penggunaan media pembelajaran dimana guru dituntut untuk kreatif memanfaatkan teknologi secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran kearsipan kelas X. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development Borg and Gall yang telah dimodifikasi disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran kearsipan yang diberi nama MAKE-APPS yang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran kearsipan oleh validasi ahli media dan validasi ahli materi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android MAKE-APPS layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran  bagi peserta didik pada mata pelajaran kearsipan di kelas X.

References

Alhafidz, M.R.L., Haryono, A., (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. J. Pendidik. Ekon. 11, 118-124. https://dx.doi.org/10.17977/UM014vl Ii220l8p0107

Barnacki, M.L., Greene, J.A., Crompton, H., (2020). Mobile technology, learning, and archievement: Advances in understanding and measuring the role of mobile technology in education. Contemp. Educ. Psychol. 60, 101827. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019. 101827

Buabeng-Andoh, C. (2012). Factors Influencing Teachers Adoption and Integration of Information and Communication Technology into Teaching: A Review of the Literature. International Journal of Education and Development Using ICT, 8(1), 136–155.

Buyukbaykal, C. I. (2015). Communication Technologies and Education in The Information Age. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 636–640. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.594

Cahyana, U., Paristowati, M., Fauziah, S., (2018). Development of Android-Based Mobile learning media on Atomic Structure and Periodic Table. IOP Conf Ser. Mater. Sci. Eng. 434, 012095. https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012095

Fajriah, U. N., & Churiyah, M. (2016). Utilizing Instructional Media for Teaching Infrastructure Administration. Journal of Education and Practice, 7(6), 100–111.

Hrynko, V., (2019). Electronic Social Networking Sites As A Universal Tool For Developing Future Teachers’ Digital Competence. Journal Advanced Education.

Irawan, C., & Djamika, E. T. (2018). Developing Instructional Media Mobile Learning Based Android to Improve Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 117–124. doi: 10.17977/um003v4i32018p117

Irawan, C., Rww, E.T.D., (2018). Developing Instructional Media Mobile Learning Based Android to Improve Learning Outcomes. JPBM J. Pendidik. Bisnis Dan Manaj. 4, 107-113. https://doi.org/10/17977/um003v4i32018p117

Khairani, Majidah, (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix. Jurnal Iptek Terapan.

Khomaruddin, A.N., Efriyanti, L., (2018). Pengembangan Media Pembelejaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. J. Educ. J. Stund. 3, 72-87. https://doi.org/10.30983/educative.v3il.543

Liliarti, N., Kuswanto, H., (2018). Improving the Competence of Diagrammatic and Argumentative Representation in Physics through Android-Based Mobile Learning Application. Int. J. Instr. 11, 107-122.

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191–201. doi: 10.21831/jipi.v1i2.7504

Mastumasari, I., Wasiti, & Sulistyaningsih. (2017). Improving Learning Outcomes in Office Automation Subjects Through Development of Video-Based Media Learning Operating Microsoft Publisher 2010. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 3(1), 55–64. doi: 10.17977/um003v3i12017p055

Muyaroah, S., Fajartia, M., (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi 5.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Nurwijayanti, A., Budiyono, & Fitriana, L. (2019). Combining Google SketchUp and Ispring Suite 8: A Breakthrough to Develop Geometry Learning Media. Journal on Mathematics Education, 10(1), 103–116.

Praseptiawan, M., Sujana, D., Djuanda, M., (2018). Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Stkip Setiabudhi Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Mahasiswa. Produktif J. Ilm. Pendidik. Teknol. Inf. 2, 13-18.

Purwanto, P., Ramadhan, A.N., (2017). Pengembangan dan Unjuk Kerja Sistem Kearsipan Elektronik PSPAP. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi 13, 31–65. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v13i2.11676

Rahmat, RF., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., Yunus, Y., (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. J. Inov. Teknol. Pendidik. 6, 116-126. https://doi.org/10.21831/jtip.v6i2.27414

Ramdhani, M. A., & Muhammadiyah, H. (2015). The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education. 174–182. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/5118/

Sari, N.I., Sulur, S., Pramono, N.A., (2020). Pengembangan M-Learning Physics for Fun Berbasis Android pada Materi Listrik Statis untuk Siswa SMA/MA. J. Ris. Pendidik. Fis. 4, 13-17. https://doi.org/10.17977/um058v4ilp13-17

Siregar, U.A., Hadi, W., & Daulay. S. (2017). The Development of Procedure Text Learning Media in The Form of Animation for Student of Class VII in SMP/MTS. Journal of Education and Practice. Vol.8, No.35.

Suprianto, A., Ahmadi, F., Suminar, T., (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students' Autonomous and Learning Outcomes. J. Prim Educ. 8,84-91.

Taufiq, M., Amalia, A. V., Parmin, P., (2017). The Development Of Science Mobile Learning With Convervation Vision Based On Android App Inventor 2. Unnes Sci. Educ. J. 6. https://doi.org/10.15294/usej.v6il.13179

Ulfa, A. M., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2017, May). The effect of the use of android-based application in learning together to improve students’ academic performance. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1847, No. 1, p. 050008). AIP Publishing LLC.. doi: 10.1063/1.4983910

Downloads

Published

2021-08-02

Issue

Section

Articles