Media pembelajaran Si Maspro untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan hasil belajar siswa
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i32021p263-271Keywords:
penelitian dan pengembangan, ; media pembelajaran, android, kemandirian belajar, hasil belajar, otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolanAbstract
Pemberlakuan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia serta perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran yang berdampak pada kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, perkembangan teknologi juga dapat dimanfaatkan oleh guru untuk melakukan pembelajaran pada abad 21 yaitu pebelajaran yang dirancang untuk mencetak peserta didik abad 21 yang dapat bekerja sama, melakukan komunikasi yang baik, berpikir kritis dan kreatif. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android, sebagaimana peserta didik sudah tidak asing lagi dengan penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-harinya. Prosedur dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode research and development Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 8 tahapan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif untuk menganalisis kritik dan saran dan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis hasil validasi pakar menggunakan deskriptif persentase dan menganalisis kemandirian serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis android bernama Si-Maspro (Aplikasi Humas dan Keprotokolan) yang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan kelas XII Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) oleh ahli materi, ahli media, serta 6 peserta didik uji coba kelompok kecil. Media pembelajaran Si-Maspro telah terbukti dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik setelah dilakukan uji coba pada kelompok besar. Kesimpulan dari media pembelajaran Si-Maspro yaitu layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan.
References
Adawiah, M., Faiz, M., (2013). The Influence of Colour on Memory Performance: A Review. Malaysian Journal of Medical Sciences, 3-9 7.
Firdausi, R., Santosa, A.B., (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbantuan Smartphone Android pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Aantan Studi pada Siswa Kelas XI TAV SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 05, 7.
Mohd Suki, Norbayah, Mohd Suki, Norazah, (2007). Mobile phone usage for m‐learning: comparing heavy and light mobile phone users. Campus-Wide Info Systems 24, 355–365. https://doi.org/10.1108/10650740710835779
Rahmawati, E.M., Mukminan, M., (2018). Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. jitp 4, 157. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726
Restami, M.P., Antarajaya, I.N.S., Sugiani, K.A., (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Visual dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3551665
Rifai, A., Sulton, S., Sulthoni, S., (2020). Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Pendukung Sumber Belajar Biologi Siswa SMA. JKTP 3, 10–17. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p010
Suartama, I.K., Setyosari, P., Sulthoni, S., Ulfa, S., (2019). Development of an Instructional Design Model for Mobile Blended Learning in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) 14, 4. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633
Susanto, F., (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Manuscript Berbasis Android pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X MP 1 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 6, 7.
Tabuenca, B., Kalz, M., Drachsler, H., Specht, M., (2015). Time will tell: The role of mobile learning analytics in self-regulated learning. Computers & Education 89, 53–74. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.08.004
Tahar, I., (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 7, 11.
Warsita, B., (2018). Mobile Learning sebagai Model Pembelajaran yang Efektif dan Inovatif. Teknologi Pendidikan 14, 062. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452
Wijaya, I.K., Bakri, R.A., Wutun, A.A., Fitriani, F., Mattoliang, A.A., (2019). The Effectiveness of Mobile Learning Based Android in Learning English Vocabularies. Int. J. Interact. Mob. Technol. 13, 226. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i12.11167
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Kornelia Agata Sari, Madziatul Churiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.