Pengaruh motivasi belajar, self esteem dan social support terhadap prestasi akademik mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2015

Authors

  • Akhya Rizki Muhammad Universitas Negeri Malang
  • Sulastri Sulastri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i22021p183-189

Keywords:

prestasi akademik, motivasi belajar, self esteem, social support

Abstract

Prestasi akademik merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar seorang mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa di perguruan tinggi memiliki tujuan utama untuk mencapai prestasi akademik yang bagus. Faktor yang mempengaruhi tercapainya prestasi akademik yang bagus bisa berasal dari dalam diri mahasiswa dan faktor dari luar mahasiswa, untuk itu penelitian ini mencoba untuk memeriksa pengaruh faktor motivasi belajar, self-esteem, dan social support terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik; (2) Pengaruh self-esteem terhadap prestasi akademik; (3) Pengaruh social support terhadap prestasi akademik. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif eksplanasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2015. Metode purposive sampling ditetapkan untuk memilih 109 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi akademik; (2) Terdapat pengaruh positif self-esteem terhadap prestasi akademik; (3) Terdapat pengaruh positif social support terhadap prestasi akademik. Sebesar 52% prestasi akademik dipengaruhi oleh motivasi belajar, self-esteem, dan social support dan 48% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki, serta semakin tinggi self-esteem yang dimiliki, dan semakin tinggi social support yang diterima mahasiswa maka semakin tinggi tingkat prestasi akademik yang didapatkan. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan pengumpulan data menggunakan wawancara agar mendapat informasi mendalam, dapat mengkaji faktor-faktor lain yang bisa meningkatkan prestasi akademik yang mungkin pengaruhnya lebih besar dari pada faktor yang diangkat dalam penelitian ini.

References

Oemar, H. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran, Bumi Aksara

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka cipta.

Bustanova, B. (2008). Self-esteem dan Narcissistic Personality. Tersedia pada: http://bustanova. wordpress.com. [diunduh 11 Maret 2019].

Greenberg, J. (2008). Understanding the vital human quest for self-esteem. Perspectives on Psychological Science, 3, 48–55.

Sarafino, E. P., & Smith, T. (2011). Health psychology biopsychosocial interaction. United State of America: John Wlley & Sons.

Arini, N. K. S., & Fakhrurrozi, M. (2008). Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta. Unpublished Laporan Penelitian. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Irawati, N., & Hajat, N. (2012). Hubungan antara harga diri (self-esteem) dengan prestasi belajar pada siswa SMKN 48 di Jakarta Timur. Econosains Jurnal Online Ekonomi dan Pendidikan, 10(2), 193-210.

Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi, 10(2), 103-114.

Sylvia, R. (2016). Hubungan self-esteem dan motivasi belajar terhadap pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 311-328.

Ailiyazzahroh, L. L. (2016). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik musyrif-musyrifah Pusat Ma’had Al-Jami’ah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rensi, R., & Sugiarti, L. R. (2011). Dukungan sosial, konsep diri, dan prestasi belajar siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal Psikologi, 3(2).

Putri, E. P. (2014). Hubungan dukungan sosial orang tua, pelatih dan teman dengan motivasi berprestasi akademik dan motivasi berprestasi olahraga (basket) pada mahasiswa atlet basket Universitas Surabaya. CALYPTRA, 3(1), 1-11.

Downloads

Published

2021-02-27

Issue

Section

Articles