OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI PEMBUKAAN RUANG BELAJAR BERBASIS E-LEARNING

Authors

  • Ina Nur Ainni Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pendampingan pembelajaran, Teknik pengumpulan data, Tahap pengabdian

Abstract

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan belajar kepada para peserta didik, membantu mereka mengerjakan tugas, serta menjelaskan materi yang belum dipahami atau dirasa sulit untuk dimengerti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengabdian kami adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Dalam pembelajaran daring saat ini, antusiasme dan semangat para peserta pengabdian sangat tinggi, terlihat dari keaktifan mereka dalam berinteraksi pada sesi tanya jawab. Namun, pada tahap perencanaan, yang awalnya direncanakan semua peserta didik dapat berpartisipasi secara keseluruhan dalam waktu bersamaan untuk efisiensi waktu, terdapat beberapa kendala sehingga mereka tidak dapat berpartisipasi secara bersamaan. Kendala tersebut antara lain ada peserta pengabdian yang telepon genggamnya digunakan oleh orang tua mereka dan ada juga yang terkendala jaringan, sehingga mereka tidak dapat bergabung dalam proses pengabdian dengan maksimal. Diharapkan melalui kegiatan pengabdian ini, peserta didik dapat terbantu dalam belajar dan membantu mengurangi beban orang tua mereka.

References

Bagus, C. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B MTs Assyafi’iyah Gondang. Suska. Journal of Mathematics Education, 4(2), 115-124.

Bates, A.W, 1995. Technology, Open Learning and Distance Education. London Routledge.

Chakraborty, M. and Muyia Nafukho, F. (2014). ”Strengthening Student Engagement: what do student want in online course?”. European Journal of Training and Development, 38(9), 782-802.

Darmalaksana, Wahyudin; Hambali R. Y. A.; Masrur, Ali; dan Muhlas. (2020). “Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21.” Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–12.

H.M. Sulthon, Moh. Khusnuridho. (2006). Manajemen Pondok Pesantren dalam Persfektif Globa. Yogyakarta: PRESSindo, hal 272.

Insani, N.; A’Rachman Fauzi R.; Ningsih Henny K.; dan Rachmawati Auliya P. (2019). Pendampingan Masyarakat dalam Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan Kabupaten Sidoarjo. JPDS (Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial), 2(1), 28-35.

Sriyanti, S. (2005). Reformasi Sekolah Melalui Lesson Study. Makalah Pada Seminar Nasional Pendidikan IPA II dengan Tema Membangun Pendidikan IPA Masa Depan yang Kompetitif. 22-23 Juli 2005 di FPMIPA UPI Bandung.

Watjatrakul, B. (2016). ”Online Learning Adoption: effect of neuroticism opennes to experience, and perceived values”. Interactive Technology anfd Smart Education, 13(3), 229-243.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles