IMPLEMENTASI ICE BREAKING “MENGGAMBAR BERPASANGAN TANPA SUARA” UNTUK MENUMBUHKAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK DAN MEMPERKENALKAN GARIS LURUS

Authors

  • Unzil Maughfiroh Firdausi Universitas Negeri Malang
  • Tjang Daniel Chandra Universitas Negeri Malang

Keywords:

Ice breaking, Kompetensi sosial-emosional, Garis lurus

Abstract

Pembelajaran yang diintegrasikan dengan permainan menjadi salah satu harapan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Suatu permainan dapat dikemas dalam kegiatan ice breaking. Ice breaking dapat membantu membangkitkan semangat peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu, ice breaking “menggambar berpasangan tanpa suara” diharapkan mampu menumbuhkan Kompetensi Sosial-Emosional peserta didik dan mengenalkan garis lurus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 3.4.8 di SMP Negeri 3 Malang. Implementasi ice breaking di kelas berjalan dengan baik. Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dari awal hingga akhir. Harapan penulis terkait kemunculan Kompetensi Sosial-Emosional yang terdiri dari self-awareness, social-awareness, self-management, relationship skills, dan responsible decision making tercapai. Selain itu, ice breaking ini juga menjadi hal yang menarik bagi peserta didik. Hal tersebut nampak pada hasil refleksi yang ditulis oleh salah satu peserta didik. Melalui ice breaking tersebut, peserta didik juga dapat mengenal garis lurus dengan tepat.

References

Saragih, U. M., & Simanjuntak, E. B. (2024). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Muatan Lokal: Bahasa Simalungun di UPTD SDN 122401 Kota Pematangsiantar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1093-1105.

Setyawan, P. Y. (2023). Mengenal Pembelajaran Sosial Emosional Berbasis Mindfulness. PRIMARY, 2(1), 51-59.

Syahrizal, H. dan M. Syahran, J. (2023). Jenis-jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QOSIM (Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora), 1(1), 13-23.

Pujiarti, T. (2022). Pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 30-35.

Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning (SEL) to Reduce Student Academic Stress during the COVID-19 Pandemic: Social Emotional Learning (SEL) untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi COVID-19. In Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology (Vol. 1, No. 1, pp. 1-8).

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles