WACANA TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR SEBAGAI SUMBER BAHAN DALAM PEMBELAJARAN PENULISAN TEKS IKLAN DI SMP KELAS VIII

Authors

  • Mohammad Musthofa Al Ansyorie Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Aris Ichwanto Universitas Negeri Malang
  • R. Mahmud Sugandi Universitas Negeri Malang
  • Imam Alfianto Universitas Negeri Malang
  • Nur Ira Mega Maharani Universitas Negeri Malang
  • Alviando Galih Syahdandi Universitas Negeri Malang
  • Dedi Supriadin Universitas Negeri Malang

Keywords:

wacana transaksi jual beli, bahan ajar, menulis teks iklan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menguraikan relevansi wacana transaksi jual beli di pasar sebagai bahan ajar untuk menulis teks iklan di SMP kelas VIII. Data diperoleh dari tuturan pedagang dan pembeli di pasar tradisional. Objek penelitian adalah relevansi wacana transaksi jual beli sebagai bahan pembelajaran penulisan iklan. Data dikumpulkan dengan teknik simak catat dan rekam, lalu dianalisis melalui reduksi data, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil menunjukkan bahwa wacana transaksi di pasar memiliki relevansi dengan pembelajaran teks iklan serta potensi sebagai sumber bahan dalam pembelajaran menulis iklan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan materi pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan dengan kebutuhan siswa dalam memahami dan mempraktikkan penulisan teks iklan. Implikasi dari temuan ini dapat digunakan dalam merancang kurikulum yang lebih berorientasi pada penerapan praktis dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP.

References

Andriani, M. N., & Ali, M. M. (2013). Kajian eksistensi pasar tradisional Kota Surakarta. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 2(2), 252-269.

Ariska, N. (2020). TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA SELEBRITI INSTAGRAM SERTA PEMANFAATANNYA DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS IKLAN (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Angin, T. B. B., & Syahrul, R. (2015). Pengembangan modul berbasis pendekatan konstektual pada materi menulis iklan di kelas viii SMP 2 Padangsidimpuan Sumatera Utara. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3(1).

Dewi, N. P. S. S., & Wisudariani, N. M. R. (2022). Relevansi Caption Endorsement Selebgram Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Teks Iklan Di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(2), 145-154.

Djau, B. (2009). Menuju Penataan Ruang Perkotaan Yang Berkelanjutan, Berdaya Saing Dan Berotonomi. In Seminar Nasional Perencanaan Wilayah Dan Kota ITS. ISBN (No. 978-979, pp. 98808-2).

Effendy, Onong Uchjana. 2018. Dinamika Komunikasi (6 ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 61, 177-181.

Gusfitri, M. L., & Elly, D. (2021a). Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.

Gusfitri, M. L., & Elly, D. (2021b). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Hawa, A. M., & Subyantoro, S. (2019). Analisis Wacana Lisan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 104-108).

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII.

Maulina, F. (2018). Penggunaan Bahasa Persuasi pada Iklan Komersial di Televisi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dalam metode penelitian. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 4(2), 123-136.

Ningsih, M., Suwatra, I. I. W., & Pudjawan, K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Majalah dengan Model Hannafin dan Peck pada Mata Pelajaran IPA di SDN 5 Kampung Baru Singaraja. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 285-295.

Paulina, P., & Purwanto, P. (2001). Penulisan bahan ajar. PAU PPAI. Ditjen Dikti. Depdiknas, Jakarta.

Rizkita, G. I. N., & Wirawati, D. (2021). Campur Kode dalam Youtube Suhay Salim dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Teks Iklan. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 16-20.

Setiawati, E., & Rusmawati, R. (2019). Analisis wacana: konsep, teori, dan aplikasi. Universitas Brawijaya Press.

Subhani, S., Harinawati, H., Ali, M., & Maulidayanti, M. (2021). NEGOSIASI PEMBELI DAN PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL GEUDONG (Studi pada Penjual Pakaian Dewasa di Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara Periode Bulan Januari-Mei 2021). Jurnal Jurnalisme, 10(1), 91-103.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi penelitian kualitatif.

Waty, I. K. (2018). Pemakaian Bahasa Pedagang Dalam Transaksi Penjualan Di Pasar Kedinding Surya Surabaya: Kajian Sosiolinguistik (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles