EFEKTIVITAS DAN TANTANGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH

Authors

  • Ahmad Karofi Waris Universitas Negeri Malang
  • Alfi Mauludiyah Universitas Negeri Malang
  • Lailatun Nuroh Universitas Negeri Malang
  • Puji Astutik Universitas Negeri Malang
  • Riffat Istifadah Universitas Negeri Malang
  • Silvi Nur Insani Universitas Negeri Malang
  • Agung Haryono Universitas Negeri Malang

Keywords:

Media sosial, Pendidikan, IPS, Teknologi, Efektivitas, Tantangan, Social media, Education, Technology, Effectiveness, Challenges

Abstract

Abstrak

Media sosial telah menjadi bagian tak terelakkan dari kehidupan masyarakat modern, termasuk dalam konteks pendidikan. Awalnya muncul sebagai bagian dari era Web 2.0, media sosial memfasilitasi interaksi langsung dan pertukaran informasi secara real-time. Pertumbuhan media sosial di Indonesia, didorong oleh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), memberikan kesempatan besar bagi pengguna untuk dengan mudah mengakses informasi, termasuk dalam pendidikan. Terutama selama pandemi COVID-19, media sosial menjadi alat utama untuk menjaga kontinuitas pendidikan di tengah pembatasan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan kendala penggunaan media sosial dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah studi pustaka atau literature study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat menjadi efektif dan efisien dalam konteks kelas, terutama karena memfasilitasi akses mudah terhadap informasi. Namun, penerapan media sosial juga menghadapi sejumlah tantangan, seperti risiko ketergantungan, masalah privasi, keamanan data, dan konten yang tidak terkontrol. Selain itu, penggunaan media sosial juga bisa mengurangi interaksi sosial langsung antara siswa dan guru. Oleh karena itu, langkah yang tepat diperlukan untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan manfaat penggunaan media sosial dalam mendukung pembelajaran IPS. Dengan pemahaman mendalam tentang efektivitas dan tantangan yang terkait dengan media sosial, pendidik dapat mengoptimalkan peran media sosial sebagai alat pembelajaran yang inovatif dan efektif.

Abstract

The advent of social media has become an inescapable aspect of contemporary society, including in the context of education. Initially emerging as part of the Web 2.0 era, social media facilitates direct interaction and real-time information exchange. The growth of social media in Indonesia, fuelled by the development of information and communication technology (ICT), provides users with the opportunity to easily access information, including in education. In particular, during the COVID-19 pandemic, social media has become a crucial tool for maintaining educational continuity in the face of physical restrictions. This study aims to evaluate the effectiveness and constraints of using social media in social studies learning. The methodology employed is a literature review. The findings indicate that social media can be an effective and efficient tool in the classroom context, particularly as it facilitates easy access to information. However, the application of social media also faces many challenges, including the risk of dependency, privacy issues, data security and uncontrolled content. Furthermore, the use of social media can also reduce direct social interaction between students and teachers. Therefore, it is necessary to implement appropriate measures to minimize the risks and maximize the benefits of social media use in supporting social studies learning. With a comprehensive grasp of the efficacy and limitations of social media in the context of education, educators can leverage social media as an innovative and effective learning tool.

References

Abdillah, L. (2022). Peranan media sosial modern. Palembang: Bening

Aeni, N. (2021). Pandemi COVID-19: Dampak kesehatan, ekonomi, dan sosial. Jurnal Litbang Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK 17(1), 17

Fadli, M. R., (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21 (1), 34

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggaraeni, W. A., (2022). Hakikat, tujuan dan karakterisitik pembelajaran IPS yang bermakna pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan 1(3), 141-149

Imanuel, K. (2020). Efektivitas penggunaan media sosial dalam pembelajaran sejarah kelas X di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Lambung Mangkurat

Kamaruddin, N. F. (2022). Fenomena media sosial terhadap minat belajar siswa sekolah di era digitalisasi. Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan 8(2)

Leobisa, J., Baun, S., Lopis, Y.S & Saingo, Y. A. (2023). Tantangan penggunaan media sosial di era disrupsi dan peran pendidikan etika kristen. Jurnal Aletheia 4(1)

Nasrullah, N. (2022). Pembelajaran IPS (Teori dan Praktik). Liang Angang: EL Publisher

Purba, N., Yahya, M., & Kom, N. M. (2021). Revolusi industri 4.0 : peran teknologi dalam eksistensi penguasaan bisnis dan implementasinya. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 9 (2), 91-98

Rahadi, D. R & Abdillah, L. (2013). The utilization of social networking as promotion media. seminar nasional sistem informasi Indonesia SESINDO2013. Bali: Intitut Teknologi Sepuluh Nopember

Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukramin, S. & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran. Jurnal on Education 5(3).

Siregar, A. (2021). Efektivitas Penggunaan media sosial sebagai media pendidikan. Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keagamaan 5(4), 391

Yaniawati, R. P., (2020). Penelitian studi kepustakaan (library research). Modul FKIP Unpas.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles