STUDI LITERATUR: PEMENUHAN KEBUTUHAN KURIKULUM MENGGUNAKAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Farihatul Hidayah Universitas Negeri Malang
  • Puguh Darmawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

Kurikulum, Culturally responsive teaching (CRT), Sekolah dasar

Abstract

Agar anak dapat mencapai potensi maksimalnya sebagai individu dan anggota masyarakat yang berkontribusi, pendidikan harus menyalurkan kemampuan bawaannya ke arah yang benar. Salah satu cara untuk membantu generasi muda menemukan jati diri mereka adalah melalui pendidikan yang berpusat pada siswa dan emansipatoris. Penelitian ini menggunakan teknik tinjauan pustaka untuk menjawab tuntutan kurikuler di sekolah dasar dengan menggunakan strategi Culturally Responsive Teaching (CRT). Dari studi literatur diperoleh data penelitian sebagai berikut: 1) Penggunaan metode Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek sebagai berikut: Tiga komponen utama pendekatan ini adalah a) aspek kognitif, b) aspek afektif, dan c) aspek psikomotorik. 2) meningkatkan berpikir kritis peserta didik, dengan peserta didik merasa antusias dan memberi tanggapan pada materi yang diajarkan.

References

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Antika, S., Syamsuyurnita, Saragih, M., & Perwita Sari, S. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Culture Responsif Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan.

Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Critical Thinking Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Dalam Jurnal Pendidikan Sosial (Vol. 7, Nomor 1).

Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektifitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar (Vol. 3, Nomor 2).

Larasati, A., Sunarti, T., & Budiwati. (2023). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(3), 83–91.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang. Dalam Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Nomor 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Maulana, M. A., & Mediatati, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Literasi Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15, 153–163. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi

Nawati, A., Dyah Kumalasari, I., & Zulfiati, H. M. (2024). Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Dengan Pendekatan Curturally Responsive Teaching (Crt) Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 2503–2514.

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Pristiwani, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. (2022). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-

Priyantoko, & Hasanudin, C. (2022). Digitalisasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan 5C Siswa di Era Society 5.0.

Rahman, A., Munandar, S., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php-/alurwatul

Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur : Media Interaktif Ispring Suite Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Dalam JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Vol. 7).

Shabrina, K., Hayat, M., & Handoyo. (2023). Pembelajaran Berbasis Etno-Bioedugame dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Reproduksi.

Surayya, S., Patonah, S., & Sumiyatun. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang. Journal of Elementary Education, 07(02), 214–222.

Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Dalam Jurnal Al-Amar (JAA) (Vol. 2, Nomor 1).

Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Dalam Jurnal Al-Amar (JAA) (Vol. 4, Nomor 1).

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles