STUDI LITERATUR: DAMPAK KERAGAMAN LITERASI DASAR BERBASIS PENDEKATAN TARL SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vera Melinia Dewi Universitas Negeri Malang
  • Puguh Darmawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

Teaching at the Right Level (TaRL), Literasi dasar, Kurikulum

Abstract

Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) sebagai pendekatan yang berpusat pada tingkat kemampuan dan kebutuhan peserta didik, bukan pada tingkat kelas atau usia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran TaRL dalam keragaman literasi dasar sebagai pemenuhan kurikulum di Sekolah Dasar. Guru sebagai mediator pembelajaran yang memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik. Penerapan TaRL sebagai pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan studi literatur yang diterbitkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir yakni 2020 hingga 2024. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik di Sekolah Dasar. Objek penelitian ini keragaman literasi peserta didik. Berdasarkan hasil studi literatur bahwa pendekatan TaRL pada proses pembelajaran diketahui mampu meningkatkan literasi dasar peserta didik sebagai pemenuhan kebutuhan kurikulum.

References

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246.

Apriliani, P.I., Prayito, M., Jannah, F.M. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01. Journal Of Social Science Research. 4(2). 1676-1685. ISSN: 2807-4238. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Apriyanti, N.P.D., Sukendra, I.K. (2023). Penerapan Teaching At The Right Level (Tarl) Berbantuan E-Lkpd Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii.I Smp Negeri 1 Kuta Utara. Jurnal Widyadari. 24(2). 220-229. ISSN: 2613-9308. Doi: 10.59672/widyadari.v24i2.3186

Avianti, M.N., Setiani, A.R., Lestari, I., Septiawati, L., Lista., Saefullah, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI melalui Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal pendidikan sains & biologi. 10(2). 231-239. DOI: 10.33059/jj.v10i2.7610

Bahri, Syamsul. (2022). Pemulihan Pembelajaran di Sekolah Melalui Kurikulum Prototipe. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 12(3).

Bata, B.M., Markhanah, Rahmawati, L.E., Minsih., Choiriyah. (2023). Implementation of Basic Literacy Models for Elementary School Students. International Journal of Elementary Education. 7(3). 418-427. Doi: https://doi.org/10.23887/ijee.v7i3.55228

Hadiawati, N.M., Prafitasari, A.N., Priantari,I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidian. 1(4). Doi: https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95

Janah, A.F., Yulianti, D., Purnomo, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Strategi TaRL untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika. 8(3). https://jipfi.uho.ac.id/index.php/journal

Jazuli, Lalu. (2022). Teaching At The Right Level (Tarl) Through The All Smart Children Approach (Sac) Improves Student’s Literature Ability. Jurnal Progres pendidikan. 3(3). DOI: 10.29303/prospek.v3i3.269

Kaerawati, Z. Nurhasanah., Oktaviyanti, I. (2023). Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Educatio. 9 (2). DOI:10.31949/educatio.v9i2.4521

Kurniawati, T., Putri, N.A.R. (2023). Pemahaman Keberagaman Peserta Didik Berdasarkan Profil Peserta Didik Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka. Jurnal Ecogreen. 6(2). DOI : http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14720

Lindawati, Y.I., Dewi, P.T., (2022). Pembiasaan Literasi Dasar melalui kegiatan membaca pada siswa SD IT EI-Fatah. Jurnal penelitian dan pengabdian. 10 (1).

Mangesthi, V.P., Setyawati, R.D., Miyono, N. (2023). Pengaruh Pendekatan TaRL terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(2).

Muammar., Ruqoiyyah, S., Ningsih, N.S. (2023). Implementing The Teaching At The Right Level (Tarl) Approach To Improve Elementary Students' Initial Reading Skills. Journal of Languages and Language Teachig. 11(4). DOI: https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.8989

Mubarokah, Syahratul. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(1). 165-179. DOI: 10.37216/badaa.v4i1.582

Mulyani, S., Wulan, N.S., Sumiati, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik dengan Metode ADaBta melalui Pendekatan TaRL di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar. 3(1). ISSN: 2807 – 1107.

Mursalim., Rumbarak, T.A. (2021). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD YPK Getsemani Warwanai. Jurnal Papeda. 3(2).

Nurhayati, N. Siswanto, J., Nyoman, N., Effensi, I. 2024. Implementasi Observasi Profiling Peserta Didik sebagai Persiapan Perencanaan Pembelajaran di Kelas IB SDN Gayamsari 02 Semarang. 4(2). DOI: 10.47467/elmujtama.v4i2.3622

Oktafiolita, Anggraini. (2024). Literature Review: Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara Terkait Filosofi Pendidikan Dalam Sistem Belajar Mengajardi Indonesia. 2(2).

Pradana, F.A.P. (2020). Pengaruh budya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca terhadap minat membaca siswa di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan konseling. 2(1). 81-85

Rohim, D.C.,Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan hasil penelitian. 6(3). ISSN: 2460-8475

Rosyidah, A.N.K., Husniati., Widodo. A., Khair, B.N. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Darek Lombok Tengah. Journal of Elementary Education. 5(1).

Rukli., Hidayat. F. 2024. Deskripsi Anak Berkesulitan Menyambungkan Kata dengan Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar di Salah Satu Siswa Kelas 4 SDN 6 Bulu-Bulu. Jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran. 6(1).

Saputro, E.W., Rakhmawati, A., Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan. 1(2). DOI: https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920

Siswaningsih, W., Kadarohman. A., Rahmawati, T., Nahadi., Supriyanti, T. Zackiyah., Anwar,S. (2023). Training Teaching at the Right Level (TaRL) and Curturally Responsive Teaching (CRT). Jurnal Pengabdian Isola. 2(2).

Suharyani., Suarti, N.K.A., Astuti, F.H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. 8(2). doi:https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Syarifudin., Nurrahmah. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal melalui Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika. 1(2). DOI: 10.33830/hexagon.v1i2.5857

Syerlinda., Saenab,S., Djumriah., Hatimah. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 23 Barru. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 5(2).

Tasrif., Tahir,M., Waluyati., Arifuddin., Nurbayan, ST. (2023). Pelatihan Pembelajaran Literasi Berbasis Level Kemampuan Membaca (Metode TaRL) Bagi Guru SD Di Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Jurnal pengabdian masyarakat. 2(2).

Yuli, R.R., Utomo, A.P., Sukoco. (2023). Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Model PBL Berbantuan Gallery Walk Untuk Meningkatkan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA 2 di SMAN 1 Muncar. Journal Education Research and Development. https://doi.org/ 10.31537/ej.v7i2.1285

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles