Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga terhadap keputusan pembelian pada toko siluet collection di Sidoarjo

Authors

  • Adhita Uti Febriati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Misti Hariasih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

product quality, service quality, price, purchase decision, kualitas produk, kualitas layanan, harga, keputusan pembelian

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of product quality, service quality, and price on purchasing decisions at the Siluet Collection store in the Sidoarjo area. The method in this study uses quantitative, researchers collect data through indirect interviews with store employees, besides that they also collect data through questionnaires given to 90 respondents who come from buyers at the Siluet Collection store. The data analysis technique used is parametric statistics assisted by the SPSS version 22.0 application. The results show that product quality affects purchasing decisions, service quality affects purchasing decisions, price affects purchasing decisions, three variables of product quality, service quality, price together affect purchasing decisions.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada toko Siluet Collection di wilayah Sidoarjo. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif, peneliti menggumpulkan data melalui wawancara secara tidak lansung kepada karyawan toko, selain itu juga melakukan pengumpulan data melaui kuesioner yang diberikan kepada 90 responden yang berasal dari pembeli di toko Siluet Collection. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametris yang dibantu dengan aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, tiga variabel kualitas produk, kualitas layanan, harga secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

 

References

Ardiansyah, M. Arif. (2018). Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap volume penjualan usaha mikro kecil menengah binaan dinas koperasi.

Widodo, A. S., Yughi, S. A., & Arsid, A. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada waroeng steak ciputat. Jurnal semarak, 4(3), 93-114.

Budi, U., & Jakarta, L. (2016). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online Yugi Setyarko. 5(2), 128-147.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitihan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Steinado, A., Lava, E., Hendra, J., Ekonomi, F., Pnaca, U., & Probolinggo, M. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada ud. Tahu tiga berlian probolinggo. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(2), 238-248.

Swastha, B. (2014). Manajemen pemasaran. Universitas terbuka.

Maria, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian/Jasa Pembuatan Karoseri di PT. SKA Karoseri Indonesia. Jurnal ekobis dewantara, 4(3), 112-133.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi 9. Badan Penerbit Undip.

Puspitasari, I. (2018). Pengaruh kualitas produk dan kesesuaian harga terhadap peningkatan penjualan beras premium pada Perum Bulog divisi Regional Sulawesi Utara dan Ejournal. Unsrat.Ac.Id. Retrieved October 4, 2021.

Izzah, N. (2021). Bauran pemasaran pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen pada carrefour gkb gresik. Matrik, 21(2), 127.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles