SKEMA PROFILING KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Authors

  • Musyarrafah S Universitas Negeri Malang

Keywords:

Skema profiling, Karakteristik, Gaya belajar, Pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis skema profiling karakteristik peserta didik dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur atau studi kepustakaan, yaitu pendekatan yang penting dalam penelitian kualitatif karena memungkinkan para peneliti untuk menyelidiki, menganalisis, dan mensintesis pengetahuan yang sudah ada dalam bidang tertentu. Prosedur pengumpulan data penelitian terdiri dari, 1) penyuntingan; 2) pengorganisasian; dan 3) menemukan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari buku, modul, dan artikel ilmiah. Uji keabsahan data yang digunakan, yaitu triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

References

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168–174.

Faiz, A., & Faridah. (2022). Program guru penggerak sebagai sumber belajar. konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 82–88.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123. 140.

Kemendikbud. (2020). Permendikbud nomor 22 tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian pendidikan dan kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Latifah, D. (2023). Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran bersiferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 68-75.

Made, R. K. N. (2022). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi model vak dengan multimoda untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(1), 55-60.

Maryam, Atik Siti. (2021). Strategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Subhan. (2022). Peningkatan kompetensi guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk mewujudkan merdeka belajar melalui lokakarya di SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1), 48–54.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Swandewi, N. P. (2021). Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Deiksis. 3(1). 53-62.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles