PERAN BUSINESS CENTER DAN RUMAH KEWIRAUSAHAAN DALAM MENTRANSFORMASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK SMK

Authors

  • Cindy Yosifha Wardani Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Nilai-nilai Kewirausahaan, Business Center, Rumah Kewirausahaan

Abstract

Transformasi nilai sangat mempengaruhi bangaimana peserta didik menyerap nilai-nilai kewirausahaan dengan baik dan dapat mengimplementasikannya setelah lulus sekolah. Business Center dan Rumah Kewirausahaan merupakan salah satu tempat yang tepat untuk mentransformasi nilai-nilai kewirausahaan melalui program-programnya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perencanaan, pelaksanaan program, dan evaluasi program yang ada pada Business center dan Rumah Kewirausahaan dalam mentransformasi nilai-nilai kewirausahaan pada peserta didik. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dukumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dari proses transformasi nilai-nilai kewirausahaan pada Peserta Didik SMK Negeri 2 Kota Kediri adalah dengan adanya kegiatan seperti yang dilakukan Business Center dan Rumah Kewirausahaan itu sangat mempengaruhi jiwa kewirausahaan semua peserta didik tidak hanya yang dari jurusan pemasaran saja. Setelah mengikuti kegiatan praktik para peserta didik termotivasi untuk kelak menjadi seorang wirausaha. Kegiatan Business Center dan Rumah Kewirausahaan dapat diarahkan dengan baik agar peserta didik memiliki karakter pengusaha yaitu: 1) percaya diri, 2) berorientasi pada hasil, 3) berani mengambil resiko 4) kepemimpinan, 5) originalitas 6) berorientasi pada masa depan.

References

Apriana, D., Kustiawan, M., & Wardiah, D. (2019). Headmaster's competency in preparing vocational school students for entrepreneurship.

Baitullah, A., & Juandi, M. (2019). Cooperation between vocational high schools and the world of work: A case study at SMK Taman Karya Madya Tamansiswa.

Boohene, R., Sheridan, A., & Bernice, K. (2008). Gender, personal values, strategies, and small business performance: A Ghanaian case study. Equal Opportunities International, 27(3), 237-257.

Diana, C., & Widodo, J. (2020). Strategi transformasi nilai kewirausahaan di Pondok Pesantren Mabadi’ul Ihsan Kabupaten Banyuwangi.

DiTomaso, N., & Bian, Y. (2018). The structure of labor markets in the US and China: Social capital and guanxi. Management and Organization Review, 14(1), 5-36. https://doi.org/10.1017/mor.2017.63

EP Tahirs, & AC Rambulangi. (2020). Menumbuhkan minat berwirausaha melalui pelatihan kewirausahaan bagi siswa SMK.

Falah, N., Marlena, & Novi. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan pengalaman prakerin terhadap minat berwirausaha siswa SMK.

Frederick, H., Kuratko, D. F., & Hodgetts, R. M. (2006). Entrepreneurship: Theory, process, and practice. Asia-Pacific: Cengage Learning Australia Pty Limited.

Hakam, A. K. (2007). Bunga rampai pendidikan nilai. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

I Amelia, & NH Faridah. (2021). Pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan melalui pemanfaatan business center di SMK PGRI Kota Tegal.

Indiworo, R. H. E., Efriyani, M., & Ayu, P. (2019). Peran unit usaha business center dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Semarang.

Konomia, I., & Prawo. (2017). Economics and law volume 16, issue 4, December. The Bialystok functional area competency center is an example of the development of human capital.

Melanie, B. (2018). Experiential learning theory (ELT) and a partnership with a leader in marketing technology was applied to create the Applied Marketing & Media Education Norm (AMEN).

Muhfizaturrahmah. (2020). Evaluation of vocational guidance in VHS and development's strategy.

Naufalin, L. R. (2018). Manajemen business center sebagai upaya untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa di SMK N 1 Purwokerto.

Ni Luh, W. (2021). Implikasi kewirausahaan terhadap digitalisasi ekonomi dan ekonomi kemanusiaan UMKM kerajinan tenun di Provinsi Bali.

Ngundiati, N., & Fitrayati, D. (2020). Minat berwirausaha ditinjau dari pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 185-191.

Nurfauzi, Y., Suyanto, Munsyi, & Ahdhianto, E. (2020). The role of business center using sentiment analysis to foster entrepreneurial spirit in vocational high school.

Pratiwi, A., & Rohmah, W. (2019). Menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa melalui business center di SMK Batik 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

RA Saputra, A., Hariyadi, & Sarjono. (2021). Pengaruh konsep diri dan reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan.

Rimadani, F., & Murniawaty, I. (2019). [Detail artikel diperlukan]. Economics and Education, 7(3), 976-991. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28333

Robbins, S. P. (2007). Organizational behavior (Edisi kedua). Singapore: Prentice Hall.

Sahabuddin, R. (2014). Transformasi & internalisasi nilai-nilai kewirausahaan. Makassar: Rumah Buku Cara Baca.

Sari, A. I. C., Karlina, E., Rasam, F., & Fadli. (2021). Peran pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dalam menumbuhkan sikap mental kewirausahaan peserta didik.

S Suparmin, et al. (2020). National student skill competition interest in creative industry entrepreneurship.

Sukirman. (2017). Jiwa kewirausahaan dan nilai kewirausahaan meningkatkan kemandirian usaha melalui perilaku kewirausahaan.

Suryana. (2006). Kewirausahaan: Pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suseno, B., Yusuf, F., & Hidayat, S. (2021). Implementing the resource sharing innovation model to sustainably address the high unemployment rate.

Wen-Ling, S. (2017). Students’ perception of a flipped classroom approach to facilitating online project-based learning in marketing research courses.

Winarno, A. (2016). Entrepreneurship education in vocational schools: Characteristics of teachers, schools and risk implementation of the curriculum 2013 in Indonesia.

Winarno, A., Wijijayanti, T., & Agustina, Y. (2019). Integration of vocational school and small-medium enterprises (SMEs) learning: An effort of elevating entrepreneurship spirit based on strength and weakness in East Java.

Winarno, A., Rahayu, W. P., & Wijijayanti, T. (2019). The failure of entrepreneurship education of vocational high school students and college students: Perspective of evaluation instrument of learning results.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles