Pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Authors

  • Leny Rahma Ayunda Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Hadiah Fitriyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i122022p964-977

Keywords:

profitability, leverage, firm ln (total asset), firm value, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan

Abstract

Abstract

This study aims to determine the Effect of Profitability, Leverage and Firm Ln (Total Asset) on Firm Value (Empirical Study on Manufacturing Companies in the Consumer Goods Industry Sector Listed on the Indonesia Stock Exchange 2016-2020). This research is a type of quantitative research with hypothesis testing. The data used in this study is in the form of annual reports of Manufacturing Companies in the Consumer Goods Industry Sector listed on the Stock Exchange for the 2016-2020 period. The number of observations in this study was 35 consisting of 10 companies. The sampling technique used was purposive sampling with several criteria that the researchers determined. The analytical technique used in this research is multiple linear regression analysis with the help of software for the operating system called SPSS (Statistical Program for Social Science) version 18.00. The results of this study prove that profitability has a significant effect on firm value; Leverage has a significant effect on firm value; and Firm Ln (Total Asset) has a significant effect on firm value.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di bei periode 2016-2020. Jumlah observations dalam penelitian ini sebanyak 35 yang terdiri dari 10 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan ialah purposive sampling dengan beberapa kriteria yang peneliti tentukan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan software untuk sistem operasi yang bernama SPSS (Statistical Program for Sosial Sience) versi 18.00. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; Leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

Anggraeni, T., & Oktaviani, R. M. (2021). Dampak thin capitalization, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap tindakan penghindaran pajak. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(2).

Armadi, I. W., & Astika, I. B. P. (2016). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan melalui pengungkapan tanggung jawab sosial. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17(1), 233-256.

Farizki, F. I., Suhendro, S., & Masitoh, E. (2021). Pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, ukuran perusahaan dan struktur aset terhadap nilai perusahaan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 17-22. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.273

Febriana, E., & Djawahir, A. H. (2016). Pengaruh struktur modal, kebijakan dividen, ukuran perusahaan, kepemilikan saham manajerial dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada 2011-2013). Ekonomi Bisnis, 21(2).

Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif.

Muharramah, R., & Hakim, M. Z. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis (pp. 569-576). https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5210

Novari, M. P., & Lestari, V. P. (2020). E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 9, 2016: 5671-5694 ISSN: 2302-8912 Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor properti dan real estate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(9), 5671-5694.

Pratiwi, N., & Rahayu, S. (2015). Pengaruh profitabilitas, leverage, good corporate governance, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. eProceedings of Management, 2(3). http://uml.idm.oclc.org/-login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=c8h&AN=106550075&site=ehost-live

Rachmawati, D., & Pinem, D. B. (2015). Pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Equity, 18(1), 1-18. https://doi.org/10.34209/.v18i1.456

Ridhawati, R., Abdillah, M. R., & Ariyana, F. (2021). pengaruh ukuran perusahaan dan opini audit terhadap audit delay pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 1-15.

Sofiatin, D. A. (2020). Pengaruh profitabilitas, leverage, likuditas, ukuran perusahaan, kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur subsektor industri dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2014-2018). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 47-57. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma

Stawati, V. (2020). Pengaruh profitabilitas, Leverage dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 6(2), 147-157. https://doi.org/10.31289/jab.v6i2.3472

Suffah, R., & Riduwan, A. (2016). Pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan kebijakan dividen pada nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(2).

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. alfabeta.

Sulaeman, R. (2021). Pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak (Tax Avoidance). Syntax Idea, 3(2), 354-367. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i2.1050

Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti (Doctoral dissertation, Udayana University).

Downloads

Published

2024-05-22

Issue

Section

Articles