Pengaruh relationship quality, kualitas pelayanan, perceived value, dan kepercayaan, terhadap loyalitas klien (Studi pada kantor konsultan pajak LMAP Dharmaplus)

Authors

  • Melinda Rofiatul Adhaniyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Herman Ernandi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

relationship quality, service quality, perceived value, trust, client loyalty, kualitas pelayanan, kepercayaan, loyalitas klien

Abstract

Abstract

This study aims to determine the effect of Relationship Quality, Service Quality, Perceived Value, and Trust on Client Loyalty (Study at the LMAP Dharmaplus Tax Consultant Office). The population of this study amounted to 101, and the sample in this study amounted to 38. the sampling technique used was technique nonprobability sampling with method accidental sampling. The analytical technique used is multiple linear regression analysis using the SPSS version 26 test tool. The results of this study partially show that Relationship Quality affects Client Loyalty, Service Quality has an impact on Client Loyalty, and Perceived Value has an impact on Client Loyalty. Trust affects Client Loyalty.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Relationship Quality, Kualitas Pelayanan, Perceived Value, dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Klien ( Studi Pada Kantor Konsultan Pajak LMAP Dharmaplus ).Populasi penelitian ini berjumlah 101 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 38. teknik pegambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan metode accidental sampling . Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan mengunakan alat uji SPSS versi 26.Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial bahwa Relationship Quality berpengaruh terhadap Loyalitas Klien, Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas Klien, Perceived Value berpengaruh terhadap Loyalitas Klien. Kepercayaan berpengaruh terhadap Loyalitas Klien.

References

Atmaja Jaka. (2018). Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodomica, 2.

Agiesta Willyanto, Sajidin Ahmad, & Perwinto. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ka Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah Mea, 5.

Harumi Sasha Dwi. (2016). Pengaruh Keppercayaan Dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika, 8(2).

Erwin, & Sitinjak Tumpal J. R. (2017). Kontribusi Kualitas Jasa, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Dalam Menciptakan Loyalitas Konsumen. Manajemen, 13(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Francis Buttle. (2011). Customer Relationship Manajemen ( Manajemen Hubungan Pelanggan ) : Concept And Tools. Bayumedia.

Kotler Philip, & Keller Kevin Lane. (2011). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler Philip, & Armstrong Gary. (2014). Principles Of Marketing. Pearson.

Rifa’i Khamdan. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. Http://Digilib.Iain-Jeber.Ac.Id.

Rahayu, A. Y. ., Juwono Vishnu, & Rahmayanti Krisna Puji. (2020). Pelayanan Publik Dan E-Goverment Sebuah Teori Dan Konsep (Hayat Yayat Sri (ed.); 1st ed.). PT RajaGrofindo Persada.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Rineka Cip).

Ghozali Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Priyanto Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan Spss. Andi.

Ghozali Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Pohan Yolanda Maysarah, & Arafah Santi. (2020). Pengaruh Relationship Quality Dan Sevice Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Marhamah Pada Pt. Bank Sumut Capem Syariah Karya. Al - Qasd, 2.

Andianto Koko, & Mulya Firdausy Carunia. (2020). Pengaruh Perceived Value, Perceived Quality Dan Customer Satification Terhadap Customer Loyalty Warunk Upnormal Di Jakarta. Manajerial Dan Kewirausahaan, 2.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles