Pengaruh sosial media marketing, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk UMKM Bandeng Presto Mbak Ila di Kalanganyar Sidoarjo

Authors

  • Niken Faizatul Kharimah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Misti Hariasih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i92022p833-843

Keywords:

social media marketing, product quality and price, purchase decisions, sosial media marketing, kualitas produk dan harga, keputusan pembelian

Abstract

Abstract

This study aims to examine the effect of Social Media Marketing, Product Quality, and Price on the Purchase Decision of Mbak Ila's Milkfish Presto MSME Products in Kalanganayar Sidoarjo. The approach used in this study is a quantitative approach. The data collection technique used non-probability sampling method with purposive sampling technique. The population in this study has an unlimited number and the sample in this study was 96 respondents using the crochan formula. The data used is primary data in the form of a questionnaire or questionnaire. Data analysis using SPSS software version 25. with the aim of testing Social Media Marketing (X1), Product Quality (X2), Price (X3), on Purchase Decisions (Y). The partial test (t) shows that Social Media Marketing has a significant and positive effect on purchasing decisions, Product Quality has a significant and positive effect on purchasing decisions, and price has a significant and positive effect on purchasing decisions. The results of the f test show that Social Media Marketing, Product Quality, Price have a simultaneous effect on purchasing decisions on Mbak Ila's presto milkfish MSME products in Kalanganyar Sidoarjo.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Sosial Media Marketing, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Bandeng Presto Mbak Ila di Kalanganyar Sidoarjo. Penelitian ini meruapkan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode non probability sampling dengan metode purposive sampling. Populasi pada penelitian ini memiliki jumlah tidak terbatas dan sampel di dalam penelitian ini sebanyak 96 responden dengan menggunakan rumus crochan. Data yang digunakan adalah data primer yang berupa kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan software SPSS versi 25. dengan tujuan menguji Sosial Media Marketing(X1), Kualitas Produk(X2), Harga(X3), terhadap Keputusan Pembelian(Y). Pada uji parsial (t) menujukkan bahwa Sosial Media Merketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, Kualitas Produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, dan harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Pada hasill uji f menunjukkan bahwa Sosial Media Marketing, Kualitas Produk, Harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada produk UMKM bandeng presto Mbak Ila di Kalanganyar Sidoarjo.

References

binus.ac.id. (2021). Pandemi COVID-19 dan dampaknya yang dirasakan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah. Https://Binus.Ac.Id/. https://binus.ac.id/malang/2021/08/pandemi-covid-19-dan-dampaknya-yang-dirasakan-oleh-usaha-mikro-kecil-dan-menengah/

kompas.com. (2021). Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek” Media Sosial Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia ‘Melek’ Media Sosial”, Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/2. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial.

Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi E-Word of Mouth pada Givanda Store Denpasar. Jurnal Emas, 2(2), 28–42.

Cahya, A. D., Sangidah, U., & Rukmana, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Toko Azam di Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Mirai Management, 6(1), 70. https://doi.org/10.37531/mirai.v6i1.860.

AMILIA, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Faradilla A. (2021). Apa Itu Digital Marketing: Pengertian & Strategi Digital Marketing. Hostinger.Co.Id. https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-digital-marketing.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D (Edisi kedua). Alfabeta.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173.

Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. 1(1), 31–48.

Rahayu Lestari, Kumba Digdowiseiso, D. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Digital Marketing Umkm Industri Makanan Dan Minuman Di Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan Saat Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(3), 10–27.

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056.

Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 4(2), 1–10.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07.

Downloads

Published

2022-09-28

Issue

Section

Articles