Kompetensi, pelatihan, dan kepuasan kerja dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan

Authors

  • Nurul Izzah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vera Firdaus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i92022p805-815

Keywords:

competence, training, job satisfaction, employee performance, kompetensi, pelatihan, kepuasan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Abstract

This study aims to examine the effect of competence, training, and job satisfaction on the performance of UPT employees. Metal and Engineering Industry in Sidoarjo. The approach used in this research is a quantitative approach. The population in this study were 75 employees. The number of samples used was 75 respondents. The sampling technique used is probability sampling technique. The data collection technique used is a questionnaire. The data analysis technique used is using multiple linear regression analysis techniques. The results of this study indicate that simultaneously there is a significant influence between Competence (X1), Training (X2), and Job Satisfaction (X3) on Employee Performance (Y), while partially Competence (X1) has a positive effect on Employee Performance (Y), Training (X2) has a positive effect on Employee Performance (Y), and Job Satisfaction (X3) has a positive effect on Employee Performance (Y).

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kompetensi, Pelatihan, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan UPT. Industri Logam dan Perekayasaan Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 75 karyawan. Jumlah Sampel yang digunakan 75 responden. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesionar. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara Kompetensi (X1), Pelatihan (X2), dan Kepuasan Kerja (X3) terhadap Kinerja Karyawan (Y), sedangkan secara parsial Kompetensi (X1) berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan (Y), Pelatihan (X2) berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan (Y), dan Kepuasan Kerja (X3) berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan (Y).

References

Anggriawan, K. H., Hamid, D., & Mukzan, M. D. (2015). Pengaruh Insentif Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Cv Suka Alam (Kaliwatu Rafting) Kota Batu, Jawa Timur) Koko. Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1).

Basri, A., Susanto, Y., & Kenedi, J. (2020). Pengaruh Pendidikan, Kompetensi, Pelatihan, Dan Motivasi Terhadap Mutu Peserta Pelatihan Pada UPT Blk Ukm Kabupaten Musi Rawas. 25(1), 46–58.

Daniel, T. C., Koleangan, R., & Sepang2, J. L. (2019). Pengaruh Pelatihan , Pengembangan Karir , Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt . Unilever Tbk Di Manado Effect of Training , Career Development , and Competence on Employee Performance At Pt . Unilever Tbk Di Manado. Jurnal EMBA, 7(3), 4124–4133.

Saputra, A. T., Bagia, I. W., & Yulianthini, N. N. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. 4(1), 1–8.

Sastra, B. A. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Danamon Cabang Tuanku Tambusai Pekanbaru. JOM Fekon, 4(1), 590–600.

Maulana, A. B., & Hermana, C. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. 8(2), 322–332.

Winanti, M. B. (2011). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Survei Pada Pt. Frisian Flag Indonesia Wilayah Jawa Barat). Majalah Ilmiah UNIKOM, 7(2), 249–267.

Rona Gah, D. Z., & Syam, A. H. (2022). Pengaruh Kompensasi dan Kompetensi terhadap Kinerja pegawai Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan. Economics and Digital Business Review, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i1.118

Dusauw, A. C., & Sendow, V. P. K. L. G. M. (2016). Pengaruh Pelatihan, Keterlibatan Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Sulut Go Manado. 4(5), 511–521.

Subroto, S. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1), 18–33. https://doi.org/10.33558/optimal.v12i1.1544

Supatmi, M. E., Nimram, U., & Utami, H. N. (2012). Pengaruh Pelatihan, Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Profit, 7(1), 25–37.

Indrawati, A. D. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, Vol. 7 No., 135–142.

Adriyanto, H., & Subakti, A. G. (2018). Pengaruh Pelatihan, Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang). Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 55–69. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13767

Downloads

Published

2022-09-28

Issue

Section

Articles