Pengaruh celebrity endorsement BTS, viral marketing, brand image terhadap keputusan pembelian menu BTS Meal

Authors

  • Nurafiyatus Sa’adah Aminin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i82022p759-766

Keywords:

celebrity endorsement, viral marketing, brand image and purchase decision, brand image dan keputusan pembelian

Abstract

Abstract

This study aims to determine the effect of Celebrity Endorsement of BTS, Viral Marketing, and Brand Image on Purchase Decisions of BTS Meal McDonald’s. This study uses quantitative methods and data collection using a questionnaire. The population in this study were McDonald's consumers who had purchased the BTS Meal menu, which sold to 96 respondents. The sampling technique used purposive sampling technique. The data analysis technique in this study used multiple linear regression analysis using the SPSS 26 for window program. The results of this study indicate that the BTS Celebrity Endorsement variable has a partially significant effect on Purchase Decisions, Viral Marketing has a partially considerable effect on Purchase Decisions, and Brand Image has a partially considerable effect on Purchase Decisions.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorsement BTS, Viral Marketing, serta Brand Image terhadap Keputusan Pembelian BTS Meal McDonald’s. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini yakni konsumen McDonald’s yang pernah membeli menu BTS Meal yang berjumlah 96 orang responden. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 26 for window. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Celebrity Endorsement BTS berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian, Viral Marketing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian, serta Brand Image berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian.

References

S. Jamarnis and F. Susanti, “Pegaruh Harga Dan Periklanan Melalui Internet Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Merek Lux Pada Mahasiswa Stie ‘Kbp’ Padang,” 2019, doi: 10.31227/osf.io/xz3d8.

E. R. Onainor, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Mcdonald’s Cabang Shinta Karawaci,” vol. 1, pp. 105–112, 2019.

A. Sagia and S. H. Situmorang, “rand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian ProdPengaruh Brand Ambassador, Buk Nature Republic Aloe Vera,” J. Manaj. dan Bisnis Indones., vol. 5, no. 2, pp. 286–298, 2018, doi: 10.31843/jmbi.v5i2.168.

M. S. As’ad, “Analisis Pengaruh Viral Marketing, Dan Brand Awareness Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen,” 2020.

F. Fensi and M. Christian, “Determinan Citra Merek Pada Iklan Produk Gawai ‘Vivo’ Berdasarkan Aspek ‘Celebrity Endorser,’” Bricol. J. Magister Ilmu Komun., vol. 4, no. 02, p. 163, 2018, doi: 10.30813/bricolage.v4i02.1659.

Nopriani, “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis ABC (Studi UD. Toko Harapan Besar di Desa Suka Maju DK 4D),” J. Adm. Bisnis, vol. 1, no. 1, p. 6, 2016.

N. A. Fildzah and D. Sari, “Sweater Online Shop Alco Di Media Sosial Instagram,” Bisnis Entrep., vol. 11, no. 2, pp. 99–112, 2017, [Online]. Available: www.globalwebindex.net.

Anggi Irawan, “Pengaruh Viral Marketing Dan Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening,” J. Bisnis dan Manaj., pp. 1–9, 2019.

M. A. Burhani, “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Perceived Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan,” 2020, [Online]. Available: https://lib.unnes.ac.id/39105/.

Ghozali. Imam, “‘Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5’ Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang,” 2016.

Downloads

Published

2024-01-26

Issue

Section

Articles