Pengaruh Kinerja Account Representative, Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemeriksaan Pajak dan Penagihan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Authors

  • Mima Saumi Universitas Negeri Malang
  • Herman Ernandi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v3i22023p43-54

Keywords:

tax collection, taxpayer compliance, tax audit, quality of tax service, account representative, penagihan pajak, kepatuhan wajib pajak, pemeriksaan pajak, kualitas pelayanan fiskus, kinerja account representative

Abstract

Abstract

In order to determine the effect of tax audits, the performance of account representatives, the quality of services carried out by the tax authorities and collection of taxpayers have an effect on compliance by taxpayers. There are 69 industrial and trading companies registered in the Sidoarjo Regency Chamber of Commerce and Industry, which are the population taken in this observation. The sample in this research was taken using incidental sampling , namely: sample taken by chance as many as 38 members and the data were tested using the SPSS version 26 program. The results obtained in the validity test proved that the statement on the questionnaire was declared valid and the reliability test of all variables obtained from the Cronbach's Alpha value could be declared valid. Then for testing the data through multiple linear regression analysis with the results that all hypotheses are accepted and prove the performance of account representatives, service quality by the tax authorities, tax collection and tax audits have an effect through a partial test on compliance by taxpayers.

Abstrak

Agar dapat mengetahui pengaruh pemeriksaan pajak, kinerja account representative, kualitas pelayanan yang dilakukan oleh fiskus dan penagihan pada wajib pajak memberikan pengaruhnya pada kepatuhan oleh wajib pajak. Perusahaan industri dan dagang yang terdaftar dalam kamar dagang dan industri kabupaten Sidoarjo sebanyak 69 merupakan populasi yang diambil dalam pengamatan ini. Sampel dalam riset ini diambil menggunakan insidental sampling yaitu sampel yang diambil secara kebetulan sebanyak 38 anggota dan data diuji dengan program SPSS versi 26. Adapun hasil yang diperoleh pada uji validitas membuktikan pernyataan pada kuesioner dinyatakan valid dan uji reliabilitas dari seluruh variabel yang diperoleh dari nilai Cronbach’s Alpha yang dapat dinyatakan valid. Kemudian untuk pengujian data melalui analisis regresi linear berganda dengan hasil semua hipotesis diterima dan membuktikan kinerja account representative, kualitas pelayanan oleh fiskus, penagihan pajak dan pemeriksaan pajak memberikan pengaruhnya melalui uji parsial pada kepatuhan oleh wajib pajak.

References

Abdillah, M. (2017). Pengaruh pemeriksaan pajak, sanksi pajak, dan pelaksanaan penagihan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. 2017.

Anggraeni, G. (2017). Pengaruh pemeriksaan pajak dan penagihan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak badan. Bandung.

De Joman, J. M. C., Sastri, I. I. M., & Datrini, L. K. (2020). Pengaruh biaya kepatuhan, pemeriksaan pajak dan penerapan E-SPT terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada KPP Pratama Denpasar Barat. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 1(1), 50-54.

Fahria. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, pemeriksaan pajak, penagihan pajak, dan moral pajak terhadap kepatuhan wajib pajak badan di kantor pelayanan pajak pratama Sekayu. Palembang.

Fitriana, B., & Kusuma, W. (2016). Pengaruh pemeriksaan pajak, penagihan pajak, norma moral dan kebijakan sunset policy terhadap peningkatan penerimaan pajak. Yogyakarata.

Hermawan, A. (2019). Pemahaman wajib pajak , kesadaran wajib pajak , dan pemeriksaan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak (studi kasus pada wajib pajak orang pribadi di kpp pratama pondok aren). Tangerang Selatan.

Kemenkeu.go.id. (2022). Wamenkeu PPS bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan secara sukarela WP.

pajak.go.id. (2020, April). Implementasi penurunan tarif pajak penghasilan badan dalam penghitungan PPh pasal 29 dan angsuran PPh Pasal 25.

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan konsep dan aspek formal (Oktober 20). Bandung: Rekayasa Sains.

Rosalina, K. (2020). Pengaruh pemeriksaan pajak dan penagihan pajak terhadap peningkatan kepatuhan wajib pajak badan pada kantor pelayanan pajak pratama makassar utara. Makasar Utara.

Suandy, E. (2016). Hukum pajak (E. 7, ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kalitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2019th ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyanto, & Setiawan, A. (2017). Pengaruh kinerja account representative , self assessment system, dan pemeriksaan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. 12, 77–90. https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v12i1.428

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa : Prinsip, penerapan dan penelitian (Edisi 7). Penerbit Andi Offset.

Verdayanti, A. (2021). Pengaruh penerapan e-filling, peran account representative, kesadaran perpajakan dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak (Studi pada Wajib Pajak di KPP Pratama Sukoharjo). Surakarta.

Widiyatmoko, W. (2020). Pengaruh pengawasan account representative, pemeriksaan pajak, dan penagihan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada KPP Pratama Surabaya Sukomanunggal. Surabaya.

Wijayanti, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja account representative terhadap kepatuhan wajib pajak (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang). Sidoarjo.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles