Pengaruh Nilai Manfaat, Risiko dan Pengaruh Sosial terhadap Keputusan Pebisnis dalam Penggunaan E-Money

Authors

  • Fitriyah Hani Melinia Universitas Negeri Malang
  • Fityan Izza Noor Abidin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v3i22023p33-42

Keywords:

benefit value, risk, social influence, usage decision, e-money

Abstract

Abstract

The development of e-money transactions among business people is still not optimal due to a lack of knowledge about e-money. This study is intended to test whether there is an effect of the value of benefits, risks, and social influences on business decisions in the use of e-money. The quantitative method was used in this study. At the same time, the population used is business people who live in the Pandaan sub-district and have registered UMKM in the area. The data in this study were obtained from the answers to the questionnaire. The data collection used purposive sampling and was distributed to 82 respondents. It processed data using SPSS version 26 with multiple linear regression analysis testing and t-tests. In this study, the results show that 1) the value of benefits significantly affects business decisions in using e-money. The t proves this count is 15.231, while the significance value is 0.000. 2) risk does not significantly affect business decisions in using e-money. This is confirmed by t count -1.003 while the significance value is 0.319. 3) social influence significantly affects business decisions in the use of e-money. This is proven by the t count of 3.220, while the significance value is 0.002.

Abstrak

Perkembangan transaksi e-money di kalangan pebisnis masih kurang maksimal dikarenakan kurangnya pengetahuan akan e-money. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji apakah ada pengaruh nilai manfaat, risiko dan pengaruh sosial terhadap keputusan pebisnis dalam penggunaan e-money. Metode kuantitatif yang digunakan pada penelitian ini. Sedangkan populasi yang digunakan adalah pebisnis yang bertempat tinggal di kecamatan Pandaan dan sudah terdaftar UMKM di wilayah tersebut. Data pada penelitian ini didapatkan dari jawaban kuesioner. Pengumpulan data menggunakan purposive sampling dan menyebarkan kepada 82 responden. Pengolahan data menggunakan program bantuan SPSS versi 26 dengan pengujian analisis regresi linier berganda dan uji t. Dalam penelitian ini menyatakan hasil bahwa 1) nilai manfaat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pebisnis dalam penggunaan e- money hal ini terbukti dengan t hitung 15,231 sedangkan nilai signifikansi 0,000. 2) risiko tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pebisnis dalam penggunaan e-money hal ini terbukti dengan t hitung -1,003 sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,319. 3) pengaruh sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pebisnis dalam penggunaan e-money hal ini terbukti dengan t hitung 3,220 sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,002.

References

Fauziah, S. A., & Ashfiasari, S. (2021). Pengaruh Social Influence dan Self-efficacy Terhadap Intention to Use Mobile Payment System Pada Pengguna E-wallet. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (Embiss), 1(4), 307-317.

Gustiany, M. A., & Wiwaha, A. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan Kartu Kredit Bank BCA (Doctoral dissertation, STIE Jakarta International College).

Harefa, P. (2021). Pengaruh Persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap keputusan konsumen menggunakan go-pay (Studi Pada Mahasiswa/I S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Hidayat, T. (2013). PayPal untuk transaksi dan bisnis online. Elex Media Komputindo.

Hoyer, W. D., & MacInnis, D. J. (2010). Consumer behavior (Fifth). Mason, OH: South-Western Cengage Learning.

Prasetya, H., & Putra, S. E. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan, manfaat dan risiko pada minat penggunaan e-money di Surabaya. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151-158.

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunan, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan layanan uang elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127-135.

Sari, S. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa. Universitas Islam Indonesia.

Serfianto, R., Hariyani, I., & Serfiani, C. Y. (2012). Untung dengan kartu kredit, kartu ATM-debit, dan uang elektronik. Jakarta: Visimedia.

Shomad, A. C., & Purnomosidhi, B. (2012). Pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko terhadap perilaku penggunaan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhendry, W. (2020). Minat penggunaan ovo di kota pontianak menggunakan model unified theory of acceptance and use technology. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(Mei), 1–12.

Susanti, R. A. D., Fardahlia, D., & Indrihastuti, P. (2021). Kemudahan dan kemanfaatan pengaruhnya terhadap keputusan penggunaan sistem pembayaran E-Money Ovo, Go-Pay, dan Dana. J-MACC: Journal of Management and Accounting, 4(1), 57-71.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles