Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran dan pencatatan keuangan terhadap perkembangan UMKM kedai kopi di Kota Malang

Authors

  • Jerome Michael Foeh Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i52022p590-599

Keywords:

Entrepreneurial Characteristics, Business Capital, Marketing Strategy, Financial Recording, Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran, Pencatatan Keuangan

Abstract

Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) are productive business actors with a significant income to the national and regional economies. One of the MSMEs that has gained significant popularity is the coffee shop business. The rise of coffee shops in big cities, especially Malang City, cannot be separated from the problem, namely the increasing number of newly established businesses. The factors affecting MSMEs' development are Entrepreneurial Characteristics, Business Capital, Marketing Strategies, and Financial Recording. Therefore, this study aims to determine the influence of Entrepreneurial Characteristics, Business Capital, Marketing Strategy, and Financial Recording on the Development of Coffee Shop MSMEs in Malang City.

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pelaku usaha produktif yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional dan daerah. Salah satu UMKM yang sedang marak saat ini adalah bisnis kedai kopi. Maraknya kedai kopi di kota-kota besar, khususnya Kota Malang, tidak lepas dari permasalahan yaitu semakin banyaknya usaha yang baru berdiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM adalah Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran, dan Pencatatan Keuangan. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran, dan Pencatatan Keuangan terhadap Perkembangan UMKM Warung Kopi di Kota Malang.

References

Ardi Nugroho, L. (2011). Pengaruh modal usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chandra, P. E. (2000). Trik sukses menuju sukses. Yogyakarta: Grafika Indah.

Desi Nopita Sari, E., Dja'far, H., & Anita, E. (2020). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Jelmu Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Dewanti, M. A. (2022). Pengaruh karakteristik wirausaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Buleleng. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 236-242.

Diandrino, D. (2018). Analisis faktor–faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM kedai kopi di Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Kasmir, S. (2014). Analisis laporan keuangan (cetakan ke). PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran jilid I edisi ke 12. Jakarta: Erlangga, 27.

Masykur, W. (1996). Pengantar kewiraswastaan.

Munawir, S. (2002). Akuntansi keuangan dan manajemen. Edisi Revisi. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Munawir, S. (2002). Akuntansi keuangan dan manajemen. edisi revisi. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Munawir, S. (2002). Analisa informasi keuangan. Edisi Keempat, Yogyakarta: Liberty.

Perindustrian, K. (2017). Peluang usaha IKM Kopi. Jakarta: Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Philip, K., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran edisi 12. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Prastowo, A. (2016). Memahami Metod-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan. Teoretis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanti, E. (2013). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(1).

Putri, K., Pradhanawati, A., & Prabawani, B. (2014). Pengaruh karakteristik kewirausahaan, modal usaha dan peran business development service terhadap pengembangan usaha (studi pada sentra industri kerupuk desa kedungrejo sidoarjo jawa timur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 313-322.

Riyanto, B. (2001). Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Safitri, H., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh modal usaha dan karakteristik wirausaha terhadap perkembangan usaha mikro dan kecil di desa kedungleper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 792-800.

Saiman, L. (2009). Kewirausahaan: Teori, praktik, dan kasus-kasus, Salemba Empat.

Scarborough, N. M., & Zimmerer, T. W. (1996). Effective small business management (Vol. 2). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Stanton, W. J. (2001). Prinsip pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1-12.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Cet. Ke-12. Bandung: Alfabeta.

Suryono, A. (2010). Dimensi-dimensi prima teori pembangunan. Universitas Brawijaya Press.

Tambunan, T. (2012). Usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia: isu-isu penting. Lp3es.

Vijaya, D. P., & Irwansyah, M. R. (2017). Pengaruh modal psikologis, karakteristik wirausaha, modal usaha dan startegi pemasaran terhadap perkembangan usaha UMKM di kecamatan Buleleng tahun 2017. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 45-51.

Vijaya, D. P., & Irwansyah, M. R. (2017). Pengaruh modal psikologis, karakteristik wirausaha, modal usaha dan startegi pemasaran terhadap perkembangan usaha UMKM di kecamatan Buleleng tahun 2017. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 45-51.

Downloads

Published

2022-05-28

Issue

Section

Articles