Perilaku konsumen pada daging ayam ras (broiler) saat pandemi COVID-19 tahun 2020

Authors

  • Agnes Amanda Christanti Universitas Negeri Malang
  • Nasikh Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i52022p553-569

Keywords:

Daging Ayam Ras, Keputusan Pembelian, Pandemmi Covid-19, Chicken meat, consumer decision, COVID-19 pandemic

Abstract

Abstract

Chicken meat is one type of valuable food as a source of animal protein that can meet human protein needs. At the end of 2020, the COVID-19 virus emerged and was designated by WHO as a global pandemic, resulting in the shrinking of the global economy by one percent in early 2020. Due to the current conditions and very worrying situations, consumers prefer to rarely leave the house, let alone make purchases in places that are pretty crowded. This study observes the variables influencing a consumer's purchasing decision to purchase broiler chicken meat during the COVID-19 pandemic. This research method uses a quantitative approach using the SEM (Structural Equation Modeling) analysis method with the help of SMARTPLS software. The results showed that the indicators influencing purchasing decisions for broiler chicken meat are aroma, location, taste, color, and quality in terms of cultural aspect variables and safety, comfort, and price of chicken meat in terms of psychological aspect variables. The variables that do not influence the decision to purchase purebred chicken meat are personal aspect variables determined from indicators of age, income, and social aspect variables defined from indicators of family size and information sources.

Abstrak

Daging ayam ras merupakan salah satu jenis makanan yang bermanfaat sebagai salah satu sumber protein hewani yang dapat mencukupi kebutuhan protein manusia. Pada akhir tahun 2020 muncul virus COVID-19 dan telah ditetapkan WHO sebagai pandemi global, ekonomi global menyusut hingga satu persen pada awal tahun 2020. Dikarenakan kondisi dan situasi saat ini yang sangat mengkhawatirkan, konsumen lebih memilih untuk jarang keluar rumah apalagi melakukan pembelian pada tempat-tempat yang cukup ramai. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengamatan terhadap variabel-variabel yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian seorang konsumen untuk melakukan pembelian daging ayam ras di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan software SMARTPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator yang mempengaruhi keputusan pembelian daging ayam ras adalah aroma, lokasi, citarasa, warna dan kualitas yang ditinjau dari variabel aspek kebudayaan dan keamanan, kenyamanan dan harga daging ayam yang ditinjau dari variabel aspek psikologi. Variabel-variabel yang tidak mempengaruhi keputusan pembelian daging ayam ras adalah variabel aspek pribadi yang ditentukan dari indikator usia dan pendapatan, dan variabel aspek sosial yang ditentukan dari indikator jumlah keluarga dan sumber informasi.

References

Armelia, V., Arkan, N. D., Ismoyowati, I., & Setianto, N. A. (2020). Dampak sosial ekonomi COVID-19 terhadap usaha peternakan broiler di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Agribisnis Peternakan (STAP) (Vol. 7, pp. 161-167).

Astati, A., Hidayat, M. N., & Alim, A. (2018). Analisis perilaku konsumen terhadap pembelian ayam broiler dan ayam buras di Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan, 4(1), 10-22.

Attwood, S., & Hajat, C. (2020). How will the COVID-19 pandemic shape the future of meat consumption?. Public health nutrition, 23(17), 3116-3120.

Balawai, E., Simatupang, D. O., & Untari, U. (2020). Analisis perilaku konsumen rumah tangga dalam pembelian ayam potong di distrik Merauke. Musamus Journal of Livestock Science, 3(1), 1-14.

Fitria, E. (2018). Analisis pengaruh gaya hidup, kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening (Studi Kasus J-Co Suzuya Mall Rantauprapat). ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 5(2), 1-14.

Fure, H. (2013). Lokasi, keberagaman produk, harga, dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli pada pasar tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen npk mutiara di UD. Barelang Tani Jaya Batam. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 37-53.

Hutauruk, M. R. (2020). Pengaruh pandemi COVID-19 terhadap faktor yang menentukan perilaku konsumen untuk membeli barang kebutuhan pokok di Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 2(1), 1-15.

Indah, D. R., Afalia, I., & Maulida, Z. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra ekonomi dan bisnis, 11(1), 83-94.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.

Ma’rifat, T. N., Ismoyowati, D., & Wikarta, J. M. (2015). Analisis perilaku konsumen dalam pembelian produk olahan ayam bersertifikat halal di provinsi di Yogyakarta. In Prosiding Seminar Agroindustri dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI Program Studi TIP-UTM (pp. 2-3).

Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.

Oscar, Y., & Keni, K. (2019). Pengaruh brand image, persepi harga, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20-28.

Pertanian, K. (2019). Outlook Daging Ayam Ras Pedaging Komoditas Pertanian Subsektor Peternakan. Jakarta: Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian.

Pertanian, K. (2020). Outlook Daging Ayam Ras Pedaging Komoditas Pertanian Subsektor Peternakan. Jakarta: Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian.

Sihite, I., Kadarsih, S., & Dwatmadji, D. (2018). Faktor yang mempengaruhi konsumsi daging kuda pada rumah tangga di Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 13(3), 303-309.

Simarmata, L., Osak, R. E., Endoh, E. K., & Oroh, F. N. (2019). Analisis preferensi konsumen dalam membeli daging broiler di pasar tradisional kota Manado (Studi Kasus Pasar Pinasungkulan Karombasan). Zootec, 39(2), 194-202.

Statistik, B. P. (2020). Populasi ayam ras pedaging menurut provinsi.

Umar, H. (2005). Riset pemasaran & perilaku konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Widyastuti, P. (2020). Analisis keputusan pembelian: Fenomena panic buying dan service convenience (Studi Pada Grocery Store Di Dki Jakarta)..

Yıldırım, İ., & Ceylan, M. (2008). Urban and rural households' fresh chicken meat consumption behaviors in Turkey. Nutrition & Food Science, 38(2), 154-163.

Zhang, Y., Yang, H., Cheng, P., & Luqman, A. (2019). Predicting consumers’ intention to consume poultry during an H7N9 emergency: an extension of the theory of planned behavior model. Human and Ecological Risk Assessment: An International Journal.

Zulkarnain, Z., Asmawati, A., & Sofyan, S. (2017). Analisis konsumsi daging sapi pada tingkat rumah tangga di Provinsi Aceh. Jurnal Agrisep, 18(1), 1-12.

Downloads

Published

2022-05-28

Issue

Section

Articles