Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, pengelolaan uang saku dan modernitas individu terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren putri sabilurrosyad Gasek kota Malang

Authors

  • Barotus Salakah Universitas Negeri Malang
  • Lisa Rokhmani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i42022p477-485

Keywords:

Family Economic Education, Pocket Money Management, Individual Modernity, Consumptive Behavior, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Pengelolaan Uang Saku, Modernitas Individu, Perilaku Konsumtif

Abstract

Consumptive is an activity of excessive consumption based on the desires and satisfaction of students. Consumptive behavior is influenced by the psychological and socio-cultural conditions of students in the environment. In this regard, family economics education is needed as financial literacy, pocket money management to regulate consumption spending, and individual modernity as a control for student consumption behavior. This study uses a quantitative approach to the type of explanatory research. The sampling technique used the proportional random sampling technique and obtained a sample of 159 students from various tertiary institutions living at the Sabilurrosyad Gasek Islamic Boarding School, Malang City. The data collection method uses a questionnaire which is filled in directly by the research respondents. Research data were analyzed using descriptive statistics, classical assumptions, multiple linear regression, hypotheses, effective contribution, and coefficient of determination. The results of this study indicate that: (1) There is an influence between family economic education on the consumptive behavior of students living at the Putri Sabilurrosyad Gasek Islamic Boarding School, Malang City (2) There is an influence between pocket money management on the consumptive behavior of students living at the Putri Sabilurrosyad Gasek Islamic Boarding School Malang City (3) There is an influence between individual modernity on the consumptive behavior of students who live in the Putri Sabilurrosyad Gasek Islamic Boarding School, Malang City (4) There is a simultaneous influence between family economic education, pocket money management, and individual modernity on the consumptive behavior of students living in Sabilurrosyad Gasek Islamic Boarding School, Malang City.

Konsumtif merupakan kegiatan konsumsi secara berlebihan yang didasarkan pada  keinginan dan kepuasan mahasiswa. Perilaku konsumtif dipengaruhi oleh kondisi psikologis dan sosial budaya mahasiswa di lingkungan. Berkaitan dengan hal itu, diperlukan pendidikan ekonomi keluarga sebagai literasi keuangan, pengelolaan uang saku untuk mengatur pengeluaran konsumsi,  dan modernitas individu sebagai kendali perilaku konsumsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional rundom sampling dan di peroleh sampel sejumlah 159 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi yang tinggal di Pondok Pesantren Putri Sabilurrosyad Gasek Kota Malang. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang di isi langsung oleh responden penelitian. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, asumsi klasik, regresi linear berganda, hipotesis, sumbangan efektif, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang tinggal di Pondok Pesantren Putri Sabilurrosyad Gasek Kota Malang (2) Terdapat pengaruh antara pengelolaan uang saku terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang tinggal di Pondok Pesantren Putri Sabilurrosyad Gasek Kota Malang (3) Terdapat pengaruh antara modernitas individu terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang tinggal di Pondok Pesantren Putri Sabilurrosyad Gasek Kota Malang (4) Terdapat pengaruh secara simultan antara pendidikan ekonomi keluarga, pengelolaan uang saku, dan modernitas individu terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang tinggal di Pondok Pesantren Putri Sabilurrosyad Gasek Kota Malang

References

Anisaputri, B. D. (2019). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Kontrol Diri, dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2017 Universitas Negeri Malang. SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan-Fakultas Ekonomi UM.

Armelia, Y., & Irianto, A. (2021). Pengaruh Uang Saku Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 4(3), 418-426. http://ejournal.unesa.ac.id (diakses pada 5 Juni 2021)

Case & Fair. 2007. Prinsip-prinsip Ekonomi (Jilid 2). Jakarta: Erlangga

Ciptasari, W. N., Andayani, E., & Yudiono, U. (2017). Perilaku Konsumtif: Literasi Keuangan, Pengetahuan Ekonomi Dan Modernitas Individu. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 2(1). http://ejournal.unikama.ac.id (diakses pada 11 Desember 2020)

Dewi, N., & Rusdarti, R. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education, 6(1), 29-35. https://journal.unnes.ac.id (di akses pada 30 November 2020)

Fiqriyah, R., & Wahyono, H. (2016). Pengaruh pengelolaan uang saku, modernitas, kecerdasan emosional, dan pemahaman dasar ekonomi terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Economic Education Journal), 9(1). http://journal.um.ac.id (di akses pada 16 Juli 2021)

Gunawan, M. A. 2015. Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi Dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing

Https://edukasi.kompas.com/read/2020/07/17/161944571/pakar-unair-pandemi-covid-19-membuat-masyarakat-cenderung-lebih-konsumtif (diakses pada 4 Desember 2020)

Kumalasari, D., & Soesilo, Y. H. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 61-71. http://journal2.um.ac.id (diakses pada 30 November 2020)

Kurniawan, A.. W. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku

Kurniawan, C. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id (diakses pada 5 desember 2020)

Maharani, R. (2018). Pengaruh Modernitas dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IIS Di SMA Negeri 1 Talun. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). http://ejournal.unesa.ac.id (diakses pada 5 Juni 2021)

Nugroho, A. (2021, August). Pentingnya Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga dengan Fokus Membelajarkan Pendidikan Ekonomi Pada Anak. In Prosiding Seminar Nasional KBK (Vol. 3, No. 1). http://conference.um.ac.id (di akses pada 5 Februari 2021)

Qamaruddin, M. (2020). Potret Perilaku Konsumsi Mahasiswa-Santri Pondok Pesantren Mahasiswa UII dan Pondok Pesantren Mahasiswa Pandanaran Komplek IV Yogyakarta. Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 7-15. http://ejournal.alqolam.ac.id (diakses pada 5 Desember 2020)

Rahayu, A. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Modernitas terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS Sman 1 Segedong (Doctoral dissertation, Tanjungpura University). https://www.neliti.com (diakses pada 11 Desember 2020)

Rismayanti, T., & Oktapiani, S. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Nusantara Journal of Economics, 2(02), 31-37. http://jurnal.uts.ac.id (di akses pada 16 Juli, 2021)

Risnawati, R., & Wardoyo, C. (2018). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, Modernitas Individu, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 430-436. http://journal.um.ac.id (di akses pada 30 November 2020)

Rozaini, N. (2020). Pengaruh Pengelolaan Uang Saku dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2018. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya: Penelitian Ilmu Manajemen, 6(2), 1-8. http://jurnal.eka-prasetya.ac.id (di akses pada 15 Juni 2021)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: ALFABETA

Suryani, I. (2018). Pentingnya pendidikan informal tentang ekonomi pada keluarga transmigran. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 94-100. http://journal2.um.ac.id (di akses pada 3 Desember 2020)

Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang

Vhalery, R., Leksono, A. W., & Irvan, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Usia, dan Bimbingan Orang Tua terhadap Pengelolaan Uang Saku Mahasiswa UNINDRA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 10-17. http://journal2.um.ac.id (diakses pada 11 Desember 2020)

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://jurnal.uin-antasari.ac.id (diakses pada 5 Desember 2020)

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles