Pengaruh celebrity endorser, self control dan literasi ekonomi terhadap perilaku impulsive buying pada mahasiswa ekonomi jurusan ekonomi pembangunan angkatan 2017 Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v2i42022p422-431Keywords:
Celebrity Endorser, Self Control, Economic Literacy, Impulsive Buying Behavior, Literasi Ekonomi, Perilaku Impulsive BuyingAbstract
This research is aimed at finding out how much influence celebrity endorsers, self-control, and economic literacy have on impulsive buying behavior in economics students majoring in development economics Class of 2017, State University of Malang. This research is a quantitative study using a descriptive analysis approach using the proportional random sampling technique using the Slovin formula so that there are 151 samples out of 243. Data collection uses a questionnaire and the analysis technique uses the classic assumption test, multiple linear analysis and hypothesis testing (F test and T test). with the help of SPSS 24.0 For Windows. Based on the analysis, the following results are obtained: 1) celebrity endorser influences impulsive behavior, 2) self control influences impulsive buying behavior, 3) economic literacy influences impulsive behavior, 4) celebrity endorser, self control, and economic literacy influences impulsive behavior buying for economics students majoring in development economics class of 2017, State University of Malang.
Penelitan ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari celebrity endorser, self control, dan literasi ekonomi terhadap perilaku impulsive buying pada mahasiswa ekonomi jurusan ekonomi pembangunan Angkatan 2017 Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripsi analisis dengan teknik proportional random sampling menggunakan rumus Slovin sehingga terdapat sampel sejumlah 151 dari 243. Pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisisnya menggunakan uji asumsi klasik, analisis linier berganda dan uji hipotesis (Uji F dan Uji T) dengan bantuan SPSS 24.0 For Windows. Berdasarkan analisis diperoleh hasil sebagai berikut : 1) celebrity endorser berpengaruh terhadap perilaku impulsive, 2) self control berpengaruh terhadap perilaku impulsive buying, 3) literasi ekonomi berpengaruh terhadap perilaku impulsive, 4) celebrity endorser, self control, dan literasi ekonomi berpengaruh terhadap perilaku impulsive buying pada mahasiswa ekonomi jurusan ekonomi pembangunan angkatan 2017 Universitas Negeri Malang.
References
Arifianti, Ria. 2012. Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Impulse Buying pada
Hypermarket di kota Bandung. Bandung
Bandura, A. 1977.Social Learning Theory.Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
Bandura, A. 2010. Social Learning Theory. Michigan: Prentice Hall, Vol.2 (247)
Branding and Celebrity Endorsements
https://martinroll.com/resources/articles/marketing/branding-and-celebrity-endorsements/ Jurusan Ekonomi Pembangunanruari 2018 (29 Maret 2021)
Beattie., & Friese. (2005). Objects, Decision Considerations and Self-image in
Men’s and Women’s Impulse Purchase, Journal of Economic Psychology
Engel, J. E. & Blackwell, R. D. 1995. Consumer Behavior. Orlando: The Dryden
Press.
Engel, Blackwell, and Miniard. 2012. Consumer Behavior. Singapore. Cangage
Learning Asia pte ltd
Ghufron & Risnawita. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia
Harahap, J. Y. 2017. Hubungan antara kontrol diri dengan ketergantungan internet
di pustaka digital Perpustakaan Daerah Medan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131-145. DOI :
http://dx.doi.org/10.22373/je.v3i2.3091
Hausman, A. 2000, AMulti-method Investigation of Consumer Motivations in
Impulse Buying Behavior. Journal of Consumer Marketing 17 (5): 403-417.
Mc.Cracken,et.,al.1998. Paticipation and Social Assesment: Tools and
Techniques. Washin gton: World Bank
Mowen, John C dan Minor, Michael. 2005. Perilaku Konsumen Jilid 1.
Terjemahan oleh Lina Salim. 2005. Jakartaa: Erlangga
Peter J & Paul. 2014. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi Sembilan.
Buku 2.penerbit salemba empat.jakarta
Rahmatullah, & Inanna. 2017. Ekonomi Berkarakter Eco-Culture sebagai
Suplemen Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas. Makasar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
Rook, D.W. & Fisher, R.J. 1995. Normative Influences on Impulsive Buying.
Journal of Consumer Research. Vol.22. hlm. 305-313
Sari, Dewi Permata. 2014. Analisis faktor‐Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian
Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja sebagai Variabel Mediasi. Universitas Kristen Petra. http://www.petra.ac.id/
Sebayang. & Siahaan. S. 2008. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan
Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Mio pada Mio Automatik Club (MAC) Medan.Jurnal Managemen Bisnis. Vol.1 No.3 Hlm. 117-125
Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan: Menerobos Imbas Pesan Iklan
Televisi. Bandung: Alfabeta
Susanta.2007. Majalah Marketing/EDISI KHUSUS/II.Jakarta
Tambunan, R.2001. Remaja Dan PerilakuKonsumtif.www.e-psikologi.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.