Pengaruh celebrity endorser, self control dan literasi ekonomi terhadap perilaku impulsive buying pada mahasiswa ekonomi jurusan ekonomi pembangunan angkatan 2017 Universitas Negeri Malang

Authors

  • Adinda Sugma Nur Choiriyah Universitas Negeri Malang
  • Lisa Rokhmani Universitas Negeri Malang
  • Syahrul Munir Universitas Negeri Malang

Keywords:

Celebrity Endorser, Self Control, Economic Literacy, Impulsive Buying Behavior, Literasi Ekonomi, Perilaku Impulsive Buying

Abstract

This research is aimed at finding out how much influence celebrity endorsers, self-control, and economic literacy have on impulsive buying behavior in economics students majoring in development economics Class of 2017, State University of Malang. This research is a quantitative study using a descriptive analysis approach using the proportional random sampling technique using the Slovin formula so that there are 151 samples out of 243. Data collection uses a questionnaire and the analysis technique uses the classic assumption test, multiple linear analysis and hypothesis testing (F test and T test). with the help of SPSS 24.0 For Windows. Based on the analysis, the following results are obtained: 1) celebrity endorser influences impulsive behavior, 2) self control influences impulsive buying behavior, 3) economic literacy influences impulsive behavior, 4) celebrity endorser, self control, and economic literacy influences impulsive behavior buying for economics students majoring in development economics class of 2017, State University of Malang.

Penelitan ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari celebrity endorser, self control, dan literasi ekonomi terhadap perilaku impulsive buying pada mahasiswa ekonomi jurusan ekonomi pembangunan Angkatan 2017 Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripsi analisis dengan teknik proportional random sampling menggunakan rumus Slovin sehingga terdapat sampel sejumlah 151 dari 243. Pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisisnya  menggunakan uji asumsi klasik, analisis linier berganda dan uji hipotesis (Uji F dan Uji T) dengan bantuan SPSS 24.0 For Windows. Berdasarkan analisis diperoleh hasil sebagai berikut : 1) celebrity endorser berpengaruh terhadap perilaku impulsive, 2) self control berpengaruh terhadap perilaku impulsive buying, 3) literasi ekonomi berpengaruh terhadap perilaku impulsive, 4) celebrity endorser, self control, dan literasi ekonomi berpengaruh terhadap perilaku impulsive buying pada mahasiswa ekonomi jurusan ekonomi pembangunan angkatan 2017 Universitas Negeri Malang.

References

Arifianti, Ria. 2012. Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Impulse Buying pada

Hypermarket di kota Bandung. Bandung

Bandura, A. 1977.Social Learning Theory.Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall

Bandura, A. 2010. Social Learning Theory. Michigan: Prentice Hall, Vol.2 (247)

Branding and Celebrity Endorsements

https://martinroll.com/resources/articles/marketing/branding-and-celebrity-endorsements/ Jurusan Ekonomi Pembangunanruari 2018 (29 Maret 2021)

Beattie., & Friese. (2005). Objects, Decision Considerations and Self-image in

Men’s and Women’s Impulse Purchase, Journal of Economic Psychology

Engel, J. E. & Blackwell, R. D. 1995. Consumer Behavior. Orlando: The Dryden

Press.

Engel, Blackwell, and Miniard. 2012. Consumer Behavior. Singapore. Cangage

Learning Asia pte ltd

Ghufron & Risnawita. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia

Harahap, J. Y. 2017. Hubungan antara kontrol diri dengan ketergantungan internet

di pustaka digital Perpustakaan Daerah Medan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131-145. DOI :

http://dx.doi.org/10.22373/je.v3i2.3091

Hausman, A. 2000, AMulti-method Investigation of Consumer Motivations in

Impulse Buying Behavior. Journal of Consumer Marketing 17 (5): 403-417.

Mc.Cracken,et.,al.1998. Paticipation and Social Assesment: Tools and

Techniques. Washin gton: World Bank

Mowen, John C dan Minor, Michael. 2005. Perilaku Konsumen Jilid 1.

Terjemahan oleh Lina Salim. 2005. Jakartaa: Erlangga

Peter J & Paul. 2014. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi Sembilan.

Buku 2.penerbit salemba empat.jakarta

Rahmatullah, & Inanna. 2017. Ekonomi Berkarakter Eco-Culture sebagai

Suplemen Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas. Makasar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Rook, D.W. & Fisher, R.J. 1995. Normative Influences on Impulsive Buying.

Journal of Consumer Research. Vol.22. hlm. 305-313

Sari, Dewi Permata. 2014. Analisis faktor‐Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian

Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja sebagai Variabel Mediasi. Universitas Kristen Petra. http://www.petra.ac.id/

Sebayang. & Siahaan. S. 2008. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan

Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Mio pada Mio Automatik Club (MAC) Medan.Jurnal Managemen Bisnis. Vol.1 No.3 Hlm. 117-125

Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan: Menerobos Imbas Pesan Iklan

Televisi. Bandung: Alfabeta

Susanta.2007. Majalah Marketing/EDISI KHUSUS/II.Jakarta

Tambunan, R.2001. Remaja Dan PerilakuKonsumtif.www.e-psikologi.com

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles