Pengaruh persepsi return dan risiko terhadap minat mahasiswa berinvestasi pada reksadana syariah di kota Malang

Authors

  • Mohammad Rajendra Syahreza Aini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i42022p407-421

Keywords:

perceived return, perceived risk, investment interest, persepsi return, persepsi risiko, minat investasi

Abstract

Along with the development of the times and the existence of uncertain conditions such as a pandemic, it encourages people to be able to make ends meet. To meet the needs of life is not enough with a salary from work, one of which can be obtained by investment. Currently, investment is not only from workers or parents who have money, but youth can too. Investments provide a result in the form of profits but may be at risk of experiencing losses. This study aims to determine and describe the effect of perceived returns and risks on students' interest in investing in Islamic mutual funds. The method used in this research is descriptive method with a quantitative approach using primary data obtained through distributing questionnaires to students in Malang City. Data analysis was carried out through multiple linear regression tests and the coefficient of determination, and by testing the hypotheses T-test and F-test. The results showed that there was a partial effect of perceived return on student investment interest which was positive and significant, and perceived risk was negative and significant. Meanwhile, simultaneously the perception of return and risk has a significant influence on the interest in investing in Malang City students in Sharia Mutual Funds, that is, if the return increases and the risk decreases, the interest in investing increases.

 

Seiring dengan berkembangnya zaman dan adanya kondisi yang tidak menentu seperti pandemi, mendorong masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup tidak cukup dengan gaji dari bekerja, salah satunya bisa didapat dengan investasi. Saat ini investasi tidak hanya dari kalangan pekerja atau orang tua yang memiliki uang, melainkan pemuda juga bisa. Investasi memberikan suatu hasil berupa keuntungan namun bisa saja berisiko mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh persepsi return dan resiko terhadap minat investasi mahasiswa pada reksadana syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data primer yang diperoleh melalui pembagian kuesioner pada mahasiswa di Kota Malang. Analisis data melalui uji regresi linier berganda dan koefisien determinasi, dan melakukan pengujian hipotesis uji T dan uji F. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dari persepsi return terhadap minat berinvestasi mahasiswa yang positif dan signifikan, dan persepsi risiko yang negatif dan signifikan. Sedangkan secara simultan persepsi return dan risiko memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di Kota Malang pada Reksadana Syariah, yaitu apabila semakin meningkat return dan semakin kecil risiko maka minat berinvestasi meningkat.

References

Achsien, Iggi H. 2000. Investasi Syariah di Pasar Modal, Menggagas konsep dan Praktek Manajemen portofolio Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Akila. 2017. Pengaruh Intensif dan Pengawasan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV Vassel Palembang. Jurnal Ecoment Global Vol 2 No. 2.

Ang, Robert. 2007. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (The Intelligent Guide To Indonesian Capital Market). Edisi Pertama. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Anoraga, Pandji. 2006. Pengantar Pasar Modal. Jakarta: PT Rieneke Cipta.

Ardial. 2014. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ardial. 2014. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, Nur Aisyah. 2015. Pengaruh Marketing Mix dan Kemampuan Finansial Terhadap Minat Investasi Reksadana Syariah. Skripsi (online). Dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/30736/1/NUR%20AISYAH%20AZIZAH%20-%20FSH.pdf.

Badan Pusat Statistik. 2020. Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Edukatif (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Timur, 2018/2019. Dari https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/09/1658/jumlah-perguruan-tinggi-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementrian-riset-teknologi-dan-pendidikan-menurut-kabupaten-kota-di-jawa-timur-2018-2019-.html.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Cahyono, Jaka E. 2000. Cara Jitu Meraih Untung dari Reksa Dana. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downes, dan Goodman. 2010. Kamus Istilah Keuangan dan Investasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fitria, Hadiyati dan Yani, Ending Ahmad. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Ekonomi Islam. Studi Kasus: STEI SEBI. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 109. Dari https://journal.sebi.ac.id/index.php/jeps/article/view/144.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, Abdul. 2005. Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Hamidi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Pres.

Hartono, Jogiyanto. 2015. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisikedelapan.Yogyakarta: BPFE.

Hasbi, Hariyandi. 2010. Kinerja Reksadana Syariah tahun 2009 di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 14, No.1 Januari 2010, hal 62-73.

Hayat, Raphie. & Kraeussl, Roman. 2011. Risk And Return Characteristics Of Islamic Equity Funds. Emerging Markets Review, 12, issue 2, p. 189-203. Dari https://EconPapers.repec.org/RePEc:eee:ememar:v:12:y:2011:i:2:p:189-203.

Hertanto, E. 2017. Perbedaan Skala Likert Lima Skala Dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Dari https://www.academia.edu/34548201/.

Hidayat, A, Aziz. 2011. Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Jones, C., Kaul, G.,dan Lipson, M. 2010. Transaction, Volume, and Volatility. Journal Review of Financial Studies 7, 631 – 652. Dari https://econpapers.repec.org/.

Kurnia, Riza Dian. 2021. 14 Reksadana Syariah Terbaik di Indonesia dan Panduan Lengkap. Dari https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/investasi/reksadana-syariah-terbaik-di-indonesia/.

Kusmawati. 2011. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius), Volume 1 No. 2, Mei 2011.

Kustodian Sentral Efek Indonesia. 2020. Peran Strategis KSEI dalam Meningkatkan Stabilitas Pasar Modal. KSEI News: Edisi 3. Dari https://.www.ksei.co.id./files/uploads/ pdf.

Manshor F. & Bhatti M. Ishaq. 2010. Risk and Return Analysis on Performance of the Islamic mutual funds: Evidence from Malaysia. Conference: 13th International Business Research Conference at Melbourne, on 22-24 November 2010At: MelbourneVolume: Vol 4. Dari https://www.researchgate.net/publication/280939746_Risk_and_Return_Analysis_on_Performance_of_the_Islamic_mutual_funds_Evidence_from_Malaysia.

Nandar, Haris., dkk. 2018. Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasidi Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Investasi IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Jurnal KITABAH, 2, Juli-Desember.

Nurfauziah, dkk. 1999. Analisis Risiko dan Tingkat Keuntungan Saham Aktif BEJ. Jurnal Siasat Bisnis vol 7 (IV) hal. 78.

Pasha, Aufi Ramadhania. 2020. Jenis Reksa Dana dengan Tingkat Risiko Rendah ini Cocok untuk Investasi di Tengah Pandemi. Dari https://www.cermati.com/artikel/jenis-reksa-dana-dengan-tingkat-risiko-rendah-ini-cocok-untuk-investasi-di-tengah-pandemi.

Rachman, Fabian., Riskon Ginting dan Hafnizar Amir. 2015. Pengaruh Stimulus Produk, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Baru Jenis Fashion yang dipasarkan di Forum Jual Beli Kaskus. Jurnal Epigram, No. 1, April, 2015. Dari https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/download/693/415.

Rutoto, Sabar. 2007. Pengantar Metedologi Penelitian. Kudus: FKIP Universitas Muria Kudus.

Saleh, Abdul Rahman dan Muhbib, Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Prespektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Salsabila, Yumna Salma. 2018. The Influence of risk and return perceptions on student’s interest to invest in capital market with moderation of investmen knowledge. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol 8 No. 1. Dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6371.

Santoso, S. 2009. Kesehatan dan Gizi. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti, Rahma Hasibuan. 2018. Minat Investasi Mahasiswa untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Skripsi (online). Dari http://repository.uinsu.ac.id/4025/1/skripsi%20Siti%20Rahma%20Hasibuan.pdf.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarsono, Heri. 2004. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (Deskripsi dan Ilustrasi). Cet: kedua. Yogyakarta: Ekonosia.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi dan Purwanto. 2011. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Suhir, M. 2014. Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website Www.Kaskus.Co.Id). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol, 8 No, 1. (Online). Dari http://administrasibisnis.studentjournal. ub.ac.id /index.php/ jab/article/view/ 355.

Sulistyorini, Agustin. 2009. Tesis Analisis Kinerja Portofolio Saham Dengan Metode Sharpe, Treynor dan Jensen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sumarwan, Ujang. dkk,. 2013. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.

Sutrisno Hadi. 2004. Analsis Regresi.Yogyakarta: Andi Offset.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi (Edisi Pertama). Kanisius: Yogyakarta.

Trisnatio, Yonar Again. 2017. Pengaruh Ekspektasi Return, Persepsi Terhadap Risiko, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Investasi Saham Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi (online). Yogyakarta: UNY.

Ubaidillah, Nugraha Pratomo, dan Eko Priyo. 2009. Reksa Dana: Solusi Perencanaan Investasi di Era Modern. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Utami, Dhiany Nadya. 2020. Reksa Dana Syariah, Alhamdulillah Kinerja Return dan Nilai Aktiva Bersih (NAB) bertambah. Dari https://market.bisnis.com/read/20200427/92/1232953/reksa-dana-syariah-alhamdulillah-kinerja-return-dan-nab-bertambah.

Wafirotin, Khusnatul Zulfa. 2015. Persepsi Keuntungan Pedagang Kaki Lima di Jalan Baru Ponorogo, Jurnal Ekuilibrium, No. 2. Dari https://www.researchgate.net/publication/323519285_PERSEPSI_KEUNTUNGAN_MENURUT_PEDAGANG_KAKILIMA_DI_JALAN_BARU_PONOROGO.

Wahyudi, dkk. 2021. Pengaruh Return, Risiko dan Harga Saham terhadap Minat Berinvestasi Anggota Galeri Investasi Syariah (GIS) UIN Mataram pada PT. Phintraco Securities. Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, Vol. 10 No. 1, Juni 2021, pp. 91-106.

Widayat. 2004. Metode Penelitian Pemasaran (Aplikasi SoftwareSPSS). Malang: UMM Press.

Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Yuliana, Indah. 2010. Investasi Produk Keuangan Syariah. Malang: Uin-Maliki Press.

Yuwono, Supriya Raharja. 2011. Pengaruh Karakteristik Investor terhadap Besaran Minat Investasi Saham di Pasar Modal. Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2022-04-26

Issue

Section

Articles