Pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu

Authors

  • Ainun Diesta Fidinnia Universitas Negeri Malang
  • Ni’matul Istiqomah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i42022p394-406

Keywords:

Ecolearn, Learning Media, Learning Resources, Media Pembelajaran, Sumber Pembelajaran

Abstract

Abstract

This lack of knowledge will have an impact on making decisions in everyday life, they will find it difficult to make decisions which will then have an impact on excessive debt. High school is an educational institution that provides knowledge for education to the next higher level for students. It is hoped that students after attending senior high school will have more knowledge about financial literacy and be able to apply it in real life. A good level of financial literacy is expected to enable students to understand how to manage finances properly and correctly. This study aims to analyze the effect of financial literacy on the financial management of class XI IPS students at SMA Negeri 1 Batu. In this research carried out by distributing tests and questionnaires to respondents then data analysis was carried out by researchers, to determine the effect of variable x on variable y. The design in this study uses quantitative research methods with the approach used in this study, namely the deductive approach. The type of research in this study is explanation where the type of research is explanation. The results of this study indicate that each independent variable, namely financial knowledge, financial planning and self-control, has a positive and significant partial effect on financial management. As for simultaneously financial knowledge, financial planning and self-control have a positive and significant impact on financial management. Where high financial knowledge makes good student financial planning and good student self-control makes good student financial management

Abstrak

Kurangnya pengetahuan ini akan berdampak pada pembuatan keputusan dalam kehidupan sehari-hari, mereka akan sulit untuk membuat keputusan yang kemudian akan berdampak pada hutang yang berlebihan. Sekolah menengah atas adalah lembaga pendidikan yang memberikan pengetahuan untuk pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi selanjutnya bagi peserta didik. Peserta didik diharapkan setelah menempuh sekolah menengah atas diharapkan mempunyai pengetahuan yang lebih mengenai literasi keuang dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Tingkat literasi keuangan yang bagus diharapkan membuat siswa mampu mengerti mengenai cara mengelola keuangan dengan baik dan benar.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan tes dan kuisioner kepada responden kemudian dilakukan analisis data oleh peneliti, untuk mengetahui pengaruh variabel x terhadap variabel y. Rancangan dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deduktif. Adapun Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu eksplanasi dimana jenis penelitian ekplanasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas yaitu pengetahuan keuangan, perencanaan keuangan dan kontrol diri berpengaruh secara parsia psoitif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Adapun secara simultan pengetahuan keuangan, perencanaan keuangan dan kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Dimana pengetahuan keuangan yang tinggi yang menjadikan perencanaan keuangan siswa baik serta kontrol diri siswa yang baik menjadikan pengelolan keuangan siswa baik.

References

Aryana, I. M. P. (2020). Pentingnya Mendesain Pembelajaran Menuju Pendidikan Berkualitas. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–318.

Aryana, I. M. P. (2020). Pentingnya Mendesain Pembelajaran Menuju Pendidikan Berkualitas. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–318.

Arywiantari, D., Agung, A. . G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 3.

Autoridad Nacional del Servicio Civil. (2021). Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara untuk Pendidikan Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 9(2), 2013–2015.

Cann, O. (2016). Five Million Jobs By 2020: The Real Challenge of The Fourth Industrial Revolution.

Efendi, S. (2021). Inovasi Pendidikan untuk Strategi Pembelajaran Berkualitas di Kelas X SMAN 1 Keruak Tahun Pembelajaran 2020/2021. NUSANTARA, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.36088/NUSANTARA.V3I1.1163

Hasanah, S. N., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 7. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1401

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Lubis, M. (2019). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 68–73.

Marbun, S. M. (2018). Psikologi Pendidikan (Fungky (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.

Mardiyana, I. I., & Setyowati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Madura Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 65–78.

Mulyanti, B., Purnama, W., & Pawinanto, R. E. (2020). Indonesian Journal of Science & Technology Distance Learning in Vocational High Schools during the COVID-19 Pandemic in West Java Province , Indonesia. 5(2), 271–282.

Nurin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Erudio Journal of Educational Innovation, 4(1), 46–54. https://doi.org/10.18551/erudio.4-1.5

Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan multimedia interaktif powtoon pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas xi ips di sma negeri 1 singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 71–79. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/3129/1982

Purba, R. A., Tamrin, A. F., Makbul, E. B. R., Rofiki, I., Metanfanuan, T., Simarmata, M. J., Juliana, Irawan, E., & Ardiana, D. P. Y. (2020). Teknologi Pendidikan (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Putri, D. T. N., & Isnani, G. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 118–124.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Lisania: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16.

Ri, Q., Wklv, L. Q., Qrzdgd, O., Jlyhq, V. K. D. V, Fkdqjhv, P. D. Q., Lq, L., Hgxfdwlrq, W. K. H., Kxpdq, L., Frqwhqw, U., Dv, O., Dv, Z., & Dqg, S. (2015). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255

Rikani, Istiqomah, & Taufiq, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (6th SENATIK), 54–61.

Sandra, M., Wahyudi, H. D., Hari, M., & ... (2021). Pengembangan E-Learning Berbasis Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Di Smk Islam …. … Seminar Nasional KBK, April, 68–74. http://conference.um.ac.id/index.php/mnj/article/view/1902

Saputra, M. E. Y., & Effendi, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI TITL di SMK N 2 Payakumbuh. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 3(4), 47–53. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/410

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Subandi, S., & Zulkarnain, M. R. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi perkalian bentuk aljabar SMPN 1 Angsana. Poros Teknik, 11(2), 84–93. https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/porosteknik/article/view/873

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/ R&D). 38.

Thomas, O. (2022). The Effect of Using Google Sites as Learning Sources on Learning Outcomes of Students at SMK Negeri 4 Palangka Raya Academic Year 2021 / 2022. 91–102.

Wati, U. A. (2015). Hakikat, Fungsi, Manfaat Media dan Sumber Belajar. Media Dan Sumber Belajar SD.

Vikagustanti, D. A., Sudarmin, & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli IPA Tema Organisasi Kehidupan sebagai Sumber Belajar untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 3(468–475).

Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma’mur, T. (2018). Penerapan Media Film sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 7(1), 123–132.

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles