Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas X IPS SMAN 1 Lawang angkatan 2020/2021

Authors

  • Djibril Dhiawara Universitas Negeri Malang
  • Lisa Rokhmani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v2i42022p370-380

Keywords:

Entrepreneurship Education, Family Environment, Interest in Entrepreneurship, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga

Abstract

Abstract

Indonesia is a country that has many natural resources and human resources. But in Indonesia there are still many people who do not have a job. Besides that, many fresh graduates choose to look for work instead of doing a job. Creating a job or entrepreneurship can be a solution to reduce the unemployment rate in Indonesia. So, by providing entrepreneurship education from an early age, it is hoped that it can foster one's entrepreneurial spirit so that it can reduce the unemployment rate. The purpose of this study was to determine the effect of entrepreneurship education and the environment on the interest in entrepreneurship in class X IPS students of SMAN 1 Lawang. This study uses a quantitative approach with a type of explanation with a sample of class X IPS students at SMAN 1 Lawang class of 2020/2021. The results of this study are that entrepreneurship education and family environment have a significant influence on students' interest in entrepreneurship. This means that the higher the entrepreneurship education and the more supportive the family environment will increase students' interest in entrepreneurship.

Abstrak

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak sumber sumber daya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Namun di Indonesia masih banyak masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan. Selain itu banyak fresh graduate yang memilih untuk mencari pekerjaan bukan membuat sebuah pekerjaan. Membuat sebuah pekerjaan atau berwirausaha dapat menjadi salah satu solusi untuk menekan tingkat pengangguran di Indonesia. Maka dengan memberikan pendidikan kewirausahaan sejak dini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan seseorang agar dapat menekan tingkat pengangguran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan kewirausahaan dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X IPS SMAN 1 Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanasi dengan sampel siswa kelas X IPS SMAN 1 Lawang angkatan 2020/2021. Hasil dari penelitian ini yaitu pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Artinya semakin tinggi pendidikan kewirausahaan dan semakin mendukungnya lingkungan keluarga akan meningkatkan minat berwirausaha siswa.

References

BPS, 2019. “Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019”. Diambil dari bps.go.id/pressrelease/2019/11/05/1565/agustus-2019—tingkat-pengangguran-terbuka--sebesar-5-28-persen.html pada tanggal 18 Desember 2020.

BPS. 2020. “Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020”. Diambil dari bps.go.id/pressrelease/2020/11/05/1673/agustus-2020—tingkat-pengangguran-terbuka-tpt—sebesar-7-07-persen.html pada tanggal 4 Januari 2021.

Buchori, Alma. 2011. Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Conny, Semiawan. 2010. Pendidikan Keluarga Dalam Era Global. Jakarta: PT. Preenalindo.

Redja, Mudyaarjo. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Suryana. 2006. Kewirausaaan. Jakarta: Salemba Empat.

Wasty, Soemanto. 2008. Pendidikan Wirausaa. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles