Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva : Efektif dalam meningkatkan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik

Authors

  • Miranda Lukita Sari Universitas Negeri Malang
  • Heri Pratikto Universitas Negeri Malang

Keywords:

ILC media, canva, think critically, learning outcomes, media ILC, berfikir kritis, hasil belajar

Abstract

Research on the development of Canva-based interactive learning media to improve critical thinking and student learning outcomes in class X MPLB at SMK Muhammadiyah 3 Singosari. The purpose of this research and development is to produce Canva-based interactive learning media on the Office Technology Equipment and Applications element called “ILC” (Canva Interactive Learning). The research model (R&D) of the Borg & Gall theory was used in this research and development and was modified into 9 stages. The results and findings of this study stated that the ILC media was valid and suitable for use in the teaching and learning process. During the trial process, researchers received assessments related to interesting and varied designs. The results of the percentage calculation show that there is a difference in the average results in the control class and the experimental class, where the average value of critical thinking and learning outcomes of the experimental class is higher than the control class. The display design and presentation of material on ILC media can be used as learning resources for students in the teaching and learning process

Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis canva untuk meningkatkan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada kelas X MPLB di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada elemen Peralatan dan Aplikasi Teknologi Perkantoran yang bernama “ILC” (Interaktif Learning Canva). Model penelitian (R&D) teori Borg & Gall digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini serta dimodifikasi menjadi 9 tahapan. Hasil dan temuan penelitian ini media ILC dinyatakan valid dan layak digunakan pada proses belajar mengajar. Selama proses uji coba, peneliti mendapatkan penilaian terkait dengan desain yang menarik dan bervariasi. Hasil perhitungan persentase menunjukkan ada perbedaan hasil rata-rata pada kelas control dan kelas eksperimen, dimana nilai rata-rata berfikir kritis dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Tampilan desain serta sajian materi pada media ILC bisa dijadikan sumber belajar untuk peserta didik pada proses belajar mengajar.

References

Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106–115. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/10392/9331

Astuti, S. P. (2021). Pengembangan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Listrik Statis. Navigation Physics, 3(1), 8–15. http://www.journal.unindra.ac.id/index.php/jpeu/article/view/563

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417

Firosalia, K. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2), 90–98. https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 597–602. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-86.pdf

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 PEMANFAATAN, 8(2), 79–96. file:///C:/Users/User/Downloads/8354-18145-1-SM.pdf

Hadi, M. S., Izzah, L., & Paulia, Q. (2021). Teaching writing through Canva appication to enchance students’ writing performance. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 228–235. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jollt/article/view/3533/2565

Irawan, C., & Rww, ery tri djatmika. (2018). Developing Instructional Media Mobile Learning Based Android To Improve Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 117–124. https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p117

Irianti Putri, D., Pratikto, H., & Wishnu Wardana, L. (2016). Pengembangan Media Autoplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 133–138. file:///C:/Users/User/Downloads/1699-4026-1-PB.pdf

Junaedi Sony. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Infromation Communication and Technology. 07, 80–89. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000/107647

Kala, A., Widayanti, L., & Rahayu, W. A. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–102. file:///C:/Users/User/Downloads/813-Article Text-2597-1-10-20211102.pdf

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalori di SD. Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 96–101. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika/article/view/1532

Mila, N., Naila, A., Azisah, Q., & Arisah, N. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19", 181–188. file:///C:/Users/User/Downloads/132-Article Text-149-1-10-20210504.pdf

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di Smk. Jurnal Informatika, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532

Nur indahsari, P., & Budiyanto, mohammad. (2019). Theoretical Feasibility of Interactive Multimedia Based on Articulate Storyline in Liquid Pressure. Pendidikan Sains, 7(2), 14–18. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27469/25131

Nurhayati. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. 4(10), 1–11. file:///C:/Users/User/Downloads/119039-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan.pdf

Rahayu, D., Pratikto, H., & Rahayu, W. P. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Karakter Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(3), 225–232. file:///C:/Users/User/Downloads/1713-4040-1-PB.pdf

Rahayu, W. P., Zutiasari, I., & Munadhiroh, S. (2021). Learning Media of Canva Based on Flipbook in the Subjects of Creative Products and Entrepreneurship to Improve Students’ Digital Technopreneurship Competence. Proceedings of the Sixth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2020), 179(Piceeba 2020), 220–229. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210616.033

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Rezeki, S., & Ishafit, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 29. https://doi.org/10.21009/1.03104

Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Economic & Education Journal, 2, 169–182. file:///C:/Users/User/Downloads/892-Article Text-4198-2-10-20200924.pdf

Saefi, M., Lukiati, B., & Suarsini, E. (2017). Developing Android-Based Mobile Learning On Cell Structure And Functions Lesson Subject Topic To Optimize Grade XI Students’ Cognitive Comprehension. Jurnal Pendidikan Sains, 19(2), 57–63. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501

Satria Mukti, T., & Istiyono, E. (2018). Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi BIOEDUKASI, 11(2), 107–112. http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i2.21624

Shalikhah dewi norma, P. ardhin, & Sad Imam muis. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Supradaka. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. 6(74), 62–68. file:///C:/Users/User/Downloads/1665-Article Text-2712-1-10-20211031.pdf

Suprihatin Siti. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 3(1), 73–82. file:///C:/Users/User/Downloads/119039-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan.pdf

Syahdiani, S., Kardi, S., & Sanjaya, I. G. M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 727. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741

Syahputra, P., Arwansyah, & Hasyim. (2021). Pengembanagan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 158–164. file:///C:/dokumen mira/Bismillah SKRIPSI/jurnal/18026-47503-1-PB.pdf

Syahroni & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1), 10–21. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika/article/view/1532/1506

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261/101751

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Teni, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187. file:///C:/Users/User/Downloads/52-132-1-PB.pdf

Wahyono, H. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Interaktif Berbasis Android Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(2), 74. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5522

Wayudi, S., Suwanto, & Santoso, B. (2019). Kajian Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Zubaidah, S. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. January. file:///C:/Users/User/Downloads/ZubaidahCorebimaMistianah-2015.pdf

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72–80. file:///C:/Users/User/Downloads/8414-19014-1-SM.pdf

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles