Pengaruh customer value terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction (studi pada pelanggan nomaden coffee malang)

Authors

  • Rizkie Ramadhan Ariyanto Universitas Negeri Malang
  • Ita Prihatining Wilujeng Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p40-48

Keywords:

customer value, customer loyalty, customer satisfaction

Abstract

Abstrak

Mengkonsumsi kopi sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu, seiring dengan itu kebiasaan minum kopi semakin meluas sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan kedai kopi, dan pertumbuhan tersebut tumbuh subur di kota Malang beberapa tahun ini. Setiap cafe memiliki identitas tersendiri yang berpengaruh terhadap penilaian dan persepsi pelanggan yang mengunjungi cafe tersebut, ketika harapan dari pelanggan dapat tercapai maka pelanggan akan merasakan puas dengan apa yang telah mereka dapatkan dan akan memunculkan penilaian tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer value terhadap customer loyalty melalu icustomer satisfaction pada Nomaden Coffee. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan Customer Value (X), dan variable Customer Loyalty (Y), sedangkan untuk variable perantarany aadalah Customer Satisfaction (Z). populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Nomaden Coffee. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 146 responden. Kemudian uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis jalur (Path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer value memiliki skor baik dengan rata-rata 3,82, loyalitas pelanggan memiliki skor baik dengan rata-rata 3,92, kepuasan pelanggan memiliki skor baik dengan rata-rata 4,16.

References

Rahardjo, P. (2012). Kopi. Penebar Swadaya Grup.

Ulung, G dan Gamal H. 2011. Ngopi Yuk! 50 Tempat Ngopi Paling Asyik se-Jabodetabek. Jakarta: PT. Gramedia

Perwira, B. T., Yulianto, E., &Kumadji, S. (2016). Pengaruh E-service Quality Dan Perceived Value Terhadap Kepuasaan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Transaksi Pembelian Online Dengan Mobile Application Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 46-54.

Baetie, D., &Yusrizal, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara (Doctoral dissertation, Riau University).

Andaleeb, S. S., & Conway, C. (2006). Customer satisfaction in the restaurant industry: an examination of the transaction‐specific model. Journal of services marketing.

Hurriyati, R. (2005). Bauran pemasaran & loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-06-23

Issue

Section

Articles