Website desain WIX sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran kearsipan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Authors

  • Brenda Yuoni Andreansyah Universitas Negeri Malang
  • Buyung Adi Dharma Universitas Negeri Malang

Keywords:

Learning Media Website, Record Management, Learning Outcomes, Media pembelajaran website, Kearsipan, Hasil Belajar

Abstract

This study aims to create a website-assisted learning media on archival subjects in order to improve student learning outcomes. The learning outcomes of students of class X OTP SMK PGRI Sooko Mojokerto are still low, so this study uses the Research and Development method with the Borg & Gall design modified by the researcher. The data used in the form of quantitative and qualitative data obtained through a questionnaire of material experts, media experts, small groups, and cognitive test questions. In this study using a trial class X SMK PGRI Sooko Mojokerto to determine the differences in student learning outcomes before and after using the media. The learning outcomes of students are then described through the normality test and paired sample t-test. Based on the validation of media experts and material experts, it can be concluded that the website media is very feasible to use and the results obtained that the website media is successful in improving student learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbantuan website pada mata pelajaran  kearsipan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik kelas X OTP SMK PGRI Sooko Mojokerto masih rendah sehingga penelitian ini memakai metode Research and Development dengan desain Borg & Gall yang dimodifikasi oleh peneliti. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui angket ahli materi, ahli media, kelompok kecil, dan soal tes kognitif. Dalam penelitian ini menggunakan uji coba kelas X SMK PGRI Sooko Mojokerto untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media. Hasil belajar peserta didik kemudian diuraikan melewati uji normalitas dan paired sample t-test. Berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi dapat disimpulkan bahwa media website sangat layak untuk digunakan dan diperoleh hasil bahwa media website berhasil untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Abdullah, M. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Aswaja pressindo.

Amri, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Untuk Mata Kuliah Pendahuluan Fisika Inti. 1, 25–35.

Basuki, A., Churiyah, M., Dharma, B. A., & Sakdiyyah, D. A. (2021). Pelatihan Virtual Office di Era 4 . 0 Bagi Guru SMK Administrasi. 10(02), 256–265.

Desy, R., & Setyoko, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Website Di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Samudra. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 346–350. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i3.7902

Iswanto, E., Sumiharsono, R., & Hidayat, S. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis powerpoint dan buku teks terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) materi tata surya siswa kelas VI semester ganjil.

Nofyat. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 3(1). https://doi.org/10.36549/ijis.v3i1.37

Rahman, K. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk mata pelajaran programmable logic controller (plc) pada SMK darussalam makassar. Jurnal Inspiration, 06(02), 13.

Rahmawati, R., Achdiani, Y., & Handayani, M. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Wix Pada Mata Pelajaran Produksi Pengolahan Hasil Nabati Di Smkn 2 Cilaku Cianjur. Edufortech, 6(2). https://doi.org/10.17509/edufortech.v6i2.39293

Rohdiani, F., & Rakhmawati, L. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1), 105–110.

Rozi, F., Listiawan, T., & Hasyim, Y. (2019). Pengembangan Website Dan Sistem Informasi Desa Di Kabupaten Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 2(2), 107–112. https://doi.org/10.29100/jipi.v2i2.366

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Suanah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Desain Wix Materi Bangun Ruang Matematika SD Kelas V. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 243–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2412

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian pendidikan.

Syaiful, R., Wahid, M., & Ega, T. B. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis website pada proses pembelajaran produktif di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137–145.

Widiyaningtyas, T., & Widiatmoko, A. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Teknologi, 21, 47–51.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles